Waspadai Gejala Knalpot 'Ngebul'!

Motor yang sehat senantiasa membuat kita aman dan nyaman dalam berkendara. Beda halnya dengan sepeda motor yang kerap rewel dan mengganggu selama di perjalanan.

Rabu, 19 Desember 2012 11:55
Ilustrasi: Knalpot Berasap
Editor : Albert

Otosia.com -

 

Motor yang sehat senantiasa membuat kita aman dan nyaman dalam berkendara. Beda halnya dengan sepeda motor yang kerap rewel dan mengganggu selama di perjalanan.

Kerusakan pada sepeda motor dapat diketahui sedini mungkin. Contohnya pada sepeda motor 4-tak, yang bisa kita ketahui dari asap yang keluar dari knalpot motor. Asap hasil pembakaran ini ada yang berwarna putih atau hitam.

"Ada beberapa kemungkinan jika kita melihat gejala seperti yang ditimbulkan dari kepulan asap motor 4-tak. Jika warna asap hitam, bisa disebabkan dari pembakaran yang tidak sempurna pada karburator.

Sedangkan jika warna asap putih, bisa dimungkinkan terjadi keausan pada ring piston atau dinding blok," terang Iwan Ableh, punggawa Intan Motor di bilangan Gading Raya, Rawamangun.

Piston Ring Set

Gambar 1. Piston dan Ring Set

Lebih rinci Iwan menjelaskan, jika disebabkan oleh tidak sempurnanya pembakaran atau setelan karburator yang tidak pas, maka asap hitam akan keluar dari lubang knalpot ketika grip gas (throttle) dimainkan.

Berarti kita mesti menyetel ulang karburator pada motor agar pembakaran yang dihasilkan lebih sempurna dan konsumsi bahan bakar pun lebih efisien.

Boss Head

Gambar 2. Dinding Blok Mesin

Jika asap yang keluar berwarna putih ketika kondisi gas pada motor stabil (langsam), diperkirakan kerusakan terjadi pada ring piston yang sudah tidak presisi lagi.

Untuk itu disarankan untuk membawa motor ke bengkel guna mengganti part yang rusak. Sekaligus mendeteksi kembali jika ada kerusakan lainnya.

 



(kpl/tr/abe)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami