Tips Ketika Mobil Akan Ditinggalkan Lama

Memarkir mobil untuk jangka waktu yang lama, ternyata memiliki risiko yang terkadang tidak terpikirkan. Ternyata komponen mesin penunjang seperti rem tangan bisa saja rusak karena rem ini. 

Sabtu, 29 November 2014 14:15
Mobil ditinggal (kompas)
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com -

Memarkir mobil untuk jangka waktu yang lama, ternyata memiliki risiko yang terkadang tidak terpikirkan. Komponen mesin penunjang seperti rem tangan bisa saja rusak karena rem ini selalu membutuhkan pelumas sebagai pelicin gerak. Untuk itu, sangat perlu diperhatikan dengan seksama akan kemungkinan yang terjadi.

Tips pertama, jangan tarik rem tangan dan biarkan mobil dalam keadaan bebas. Karena ternyata, ada kemungkinan akan ada kelengketan antara minyak rem dan disk brake bila dibiarkan. Terutama akan sangat berimbas besar pada mobil-mobil yang menggunakan sistem rem tromol.

Rem Tangan

Untuk mengakalinya, Anda bisa mengakalinya dengan memberikan ganjalan pada setiap roda. Selain itu, disarankan juga untuk mengganjal wiper. Anda bisa mengganjalnya dengan apa pun asalkan tidak membuat kerusakan pada kaca dan wipernya sendiri. Karena, jika wiper dibiarkan tetap menempel pada kaca mobil, karet wiper bisa saja mengeras dan malah membuat baret bila digunakan.

Aki Mobil

Lepaskan batrei atau aki. Ini berfungsi untuk membuat aki lebih awet. Jika mobil ditinggal misalkan 2 mingguan atau lebih, memang ada kemungkinan bisa saja aki akan tekor karena mesin tidak dipanasi. Maka akan lebih baik jika kabel-kabelnya dilepaskan dari kutup.



(kpl/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami