Teliti Sebelum Membeli Wiper, Ini Triknya

Wiper, komponen berukuran kecil ini tentunya memiliki peran yang sangat penting khususnya ketika berkendara di kondisi hujan.

Kamis, 07 September 2017 22:30
Foto: Autoweek
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com -

Wiper, komponen berukuran kecil ini tentunya memiliki peran yang sangat penting khususnya ketika berkendara di kondisi hujan. Tanpa wiper, pengendara akan sulit melaju dengan pandangan aman. Karena itu, pastikan wiper berfungsi dan mampu membersihkan kaca dengan baik.

Ketika ingin mengganti wiper, Anda akan dihadapkan dengan beragam merek dan jenis. Memilih wiper pun tak bisa sembarangan, di mana Anda harus teliti. Salah memilih, kemungkinan kerusakan komponen lain dapat saja terjadi.

Misalnya masalah ukuran wiper, pastikan Anda mencari yang sesuai spesifikasi mobil dengan membaca buku petunjuk kendaraan. Jika Anda membeli wiper yang lebih panjang dari seharusnya, dinamo wiper berpotensi mengalami kerusakan. Sebaliknya jika terlalu pendek, wiper tidak bisa menjangkau area yang seharusnya.

Selain teliti terhadap hal itu, Anda juga harus memperhatikan keaslian dan kondisi wiper. Cobalah periksa kerangka wiper apakah terdapat bengkok. Tanyakan apakah memang seperti itu atau tidak. Karet wiper haruslah dalam keadaan mulus, cukup lentur, namun tetap kesat. Jika tidak memenuhi kondisi tersebut ada kemungkinan wiper tersebut bekas atau pun palsu.

Terakhir adalah uji coba langsung di mobil. Memang Anda akan mengeluarkan uang ekstra ketika mengetahui wiper yang dibeli ternyata tidak berkualitas baik. Namun, lebih baik merugi sekarang ketimbang nanti di jalan bukan?

TIPS MENARIK LAINNYA



(kpl/fid/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami