Simpel, Berikut Cara Mudah Baca Indikator Suhu Panas Mesin Motor

Berikut cara membaca indikator suhu panas mesin motor yang hanya berupa nyala lampu kecil. Silakan disimak?

Jum'at, 15 Desember 2017 14:45
Foto: 5Sosial.com
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com -

Sistem pendingin pada mesin sepeda motor merupakan perangkat yang penting untuk menjaga kinerjanya agar tidak sampai overhead. Karena jika sampai mesin mengalami panas yang berlebih bisa menyebabkan kerusakan yang cukup parah.

Selain itu, jika sepeda motor mengalami kerusakan karena overhead untuk biaya perbaikannya akan sangat besar. Untuk itu cegah jangan sampai motor kesayangan mengalami hal tersebut, dengan membaca indikator pendeteksi panas mesin yang ada pada bagian panel instrumen kendaraan.

Lalu bagaimana cara membaca indikator yang hanya berupa nyala lampu kecil tersebut?

Cara membaca panas pada mesin sepeda motor yakni dengan melihat nyala lampu indikatornya. Ketika indikator tersebut sudah menyala dan nyalanya berkedip, berarti sudah menunjukkan suhu panas yang berlebih pada mesin sepeda motor. Dalam kondisi ini coba matikan motor dan istirahatkan beberapa menit terlebih dahulu agar mesin dingin.

Kemudian jika indikator pendeteksi panas mesin tersebut menyala terus, tanpa berkedip. Dalam hal ini otolovers harus lebih waspada lagi, karena indikator tersebut menunjukkan adanya kerusakan pada sistem pendinginan mesin sepeda motor.

Perlu diingat, dalam kondisi tersebut jangan nyalakan mesin sepeda motor sebelum sistem pendinginannya dicek dan perbaiki.

Ulasan Menarik Tips Motor Lainnya

 (kpl/rd)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami