Siasati Kondisi Jalan Saat Banjir

Intesitas musim hujan akan semakin tinggi hingga awal tahun 2013 nanti. Selama musim penghujan, ruas jalan di Ibukota selalu tergenang air. Ada yang harus dipahami jika kendaraan yang dikemudikan melewati genangan banjir

Rabu, 19 Desember 2012 11:30
Ilustrasi saat hadapi banjir
Editor : Alvin

Otosia.com -

Musim penghujan sudah mulai terasa sejak awal November lalu. Intesitas akan semakin tinggi hingga awal tahun 2013 nanti. Selama musim penghujan ini, ruas jalan di Ibukota selalu tergenang air. Bahkan dari batas air rendah hingga setinggi betis.

Dengan adanya genangan air, otomatis perjalanan jadi terganggu. Kemacetan pun terjadi di seputar yang ada genangan air atau banjir tersebut. Ada yang harus dipahami jika kendaraan yang dikemudikan melewati genangan air bahkan banjir sekalipun. Tak perlu panik!

Karena sedang musim hujan, alangkah baiknya jika memeriksa semua kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Bagi pemilik sepeda motor, jika memang motor sudah mengalami perubahan atau modifikasi, usahakan dikembalikan seperti semula atau standar.

Baik pengendara mobil ataupun sepeda motor, jika hendak melewati banjir atau genangan air, disarankan untuk mengambil jalan yang genangan airnya lebih rendah. Jangan memaksakan atau menerobos melewati genangan air yang tinggi. Usahakan cari jalan alternatif untuk mencapai tujuan.

Bagi pemotor, pertahankan gas atau RPM agar bisa melaju melewati genangan air. Hindari genangan air yang tinggi agar air tidak masuk ke saringan udara atau sampai merendam mesin dan busi. Jika hal ini terjadi, maka motor akan mati dan mogok.

 Baca Juga: 

10 Pelajaran Penting Saat Pertama Memiliki Kendaraan



(kpl/tr/vin)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami