Tips Menjaga Kualitas Cat Airbrush Pada Mobil dan Motor

Oleh Nazarudin Ray pada 05 Des 2022, 14:01 WIB
Diperbarui 05 Des 2022, 14:01 WIB
Tips Menjaga Kualitas Cat Airbrush Pada Mobil dan Motor
Modifikasi airbrush pada sedan Toyota (Tomi Airbrush)

Otosia.com, Jakarta Airbrush adalah sebuah karya yang berasal dari teknik seni rupa menggunakan udara untuk menyemprotkan cat atau pewarna yang dikehendaki pada sebuah benda. Teknik airbrush ini lebih condong pada penekanan udara pada pen air gas atau alat penyemprot.

Soal modifikasi airbrush, Tomy Gunawan sang pemilik Tomi Airbrush memberikan “wejangan” kepada pemilik mobil atau motor yang ingin mendandani cat kendaraannya.

Tomy memiliki beberapa tips andalan menjaga kualitas cat airbrush agar dapat bertahan lama bahkan tetap memukau meski sudah menginjak usai puluhan tahun. Tips ini sering ia bagikan kepada para pelanggannya secara detail. 

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Poles Bodi

Tips Menjaga Kualitas Cat Airbrush Pada Mobil dan Motor
Modifikasi airbrush pada Yamaha XMAX (Tomi Airbrush)

Guna menjaga kualitas airbrush pada mobil atau motor, Tomy menyatakan, perawatan mobil atau motor dengan cat airbrush sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kendaraan cat biasa pada umumnya.

Hanya saja soal waktu pemolesan, proses mencuci dan pemilihan produk pemoles atau wax juga wajib diperhatikan. Pastikan menggunakan produk-produk yang berkualitas dan tidak mengandung bahan kimia tajam yang berlebihan,” buka Tomy.

Soal poles bodi, pada dasarnya kendaraan baik itu mobil atau motor yang sudah dicat airbrush juga perlu dilakukan pemolesan bodi, agar warna catnya tidak kusam. Tetapi waktu yang ideal biasanya 1 hingga 3 bulan sekali dan gunakan wax karena bermanfaat untuk melindungi cat dan pernis agar tetap awet.

Airbrush Sesuai Karakter Kendaraan

Tips Menjaga Kualitas Cat Airbrush Pada Mobil dan Motor
Memodifikasi airbrush wajib disesuaikan dengan karakter kendaraan (Tomi Airbrush)

Menurut Tomy, airbrush tetap menarik dituangkan pada bodi kendaraan baik motor atau mobil, jika semuanya direncanakan atau dikonsep dengan baik, ditinjau dari karakter kendaraannya.

Misalnya mobil dengan tampilan racing maka akan sangat baik jika desain airbrush-nya juga bertema sporti dengan warna-warna yang senada konsepnya tersebut, seperti misalnya merah berpadu hitam, atau biru muda, dan lain sebagainya.”

Setelah dicat airbrush, lanjut Tomy, pastikan saat mencuci kendaraan berlapis cat airbrush, gunakan bahan busa atau spoon yang halus, jangan yang kasar. Dan proses pengeringan juga wajib menggunakan lap atau kain microfiber.

Parkir

Agar cat airbrush awet, biasakan memarkir kendaraan di tempat yang aman, dalam artian mobil atau motor tidak wajib diparkir di area yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Perhatikan juga dalam area parkir tidak ada tetesan air AC (air conditioner) dan getah pohon misalnya, karena bisa menimbulkan noda membekas yang sulit dihilangkan.

Disinggung soal tren modifikasi airbrush 2023 mendatang. Melihat dari event-event otomotif besar sudah mulai ramai tahun ini.

Sebagai pemanasan, untuk prediksi tren modifikasi airbrush 2023 akan mengarah pada konsep yang simpel, misalnya warna-warna dan grafis yang sporty dan warna yang  terang diyakini Tomy akan mendominasi.

Sejarah Perjalanan Tomi Airbrush

Nama Tomi Airbrush sudah tidak asing lagi di kalangan pehobi modifikasi motor maupun mobil. Karya-karya bengkel airbrush ini kerap mengundang kepuasan para pemilik kendaraan, produsen aftermarket hingga mendapatkan trofi pada kontes-kontes modifikasi.

Menilik perjalanan Tomi Airbrush, sang pemilik Tomy Gunawan sudah malang-melintang di dunia modifikasi khususnya modifikasi airbrush kendaraan bermotor dan lainnya sejak 1995 silam.

Kisah singkat Tomy diawali dari hobi menggambar dibarengi dengan pengecatan helm di awal 1990-an. Semakin terasah, Tomy merambah pengecatan airbrush untuk kendaraan roda dua. Mendapat sambutan baik, ia memberanikan diri mendirikan bengkel modifikasi Tomi Airbrush sebagai wadah tempatnya berkreasi sekaligus mencoba peruntungan bisnis di dunia modifikasi Tanah Air tepatnya pada era 1995.

Masuk Dunia Modifikasi

Memantapkan Langkah meniti karir di dunia otomotif Indonesia, pada 2003, bengkel Tomi Airbrush mencoba peruntungan dengan masuk ke dunia modifikasi roda empat termasuk juga airbrush mobil. Sejak itulah apresiasi terus berdatangan, di ajang kontes modifikasi berskala nasional maupun internasional,

Tomy kerap menyabet juara umum, termasuk karya modifikasi airbrush-nya. Karirnya yang cemerlang di dunia otomotif Indonesia juga membuat pihak Agen Pemegang Merk (APM) turut melirik dengan memberinya kepercayaan untuk membuat desain-desain spesial bagi mobil-mobil pabrikan yang digunakan untuk keperluan-keperluan tertentu.

Dibalik karya airbrush-nya yang banyak digemari oleh penghobi otomotif di Indonesia dan di mancanegara, Tomy sering membagikan tips kepad para pelanggannya mengenai perawatan dan menjaga kualitas cat airbrush secara detail.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya