Cara Membuka Mur Ban Menggunakan Kunci Roda

Oleh Redaksi Otosia pada 13 Sep 2022, 15:03 WIB
Diperbarui 13 Sep 2022, 15:03 WIB
Buka dulu baut ban sebelum membersihkan rem cakram mobil
Buka dulu baut ban sebelum membersihkan rem cakram mobil

Otosia.com, Jakarta Mur pada roda ban mobil berfungsi untuk mengencangkan roda kendaraan. Mur roda perlu dilonggarkan untuk mengganti ban agar ban dapat lepas lalu menggantinya. Belajar melonggarkan dan memasang mur roda merupakan keahlian yang sangat penting bagi setiap orang yang memiliki mobil.

Kamu mungkin harus mengganti ban yang kempis atau bocor pada waktu yang tak terduga. Maka dari itu Kamu perlu melonggarkan bagian mur pada roda untuk mengganti ban.

Sebelumnya melonggarkan mur ban, parkirkan dulu mobil pada area yang rata untuk memudahkan akses roda kendaraan.

1. Lepas dop (jika ada) dan cari mur roda

Dop biasanya dipasang pada beberapa mobil, tergantung tipe kendaraan. Dop mungkin perlu dilepas sebelum mengakses mur roda dan melonggarkannya. Dop biasanya terpasang dengan klip logam, ditahan oleh mur roda atau menggunakan mur plastik.

Biasanya juga dipasang pada beberapa ban mobil. Jika dop diklip, bongkar dengan ujung yang rata pada kunci roda atau obeng pipih. Congkel pada bagian yang tebal atau padat pada dop. Jika dop Anda tertahan oleh mur roda, lepas setelah mur roda seluruhnya dilucuti.

 

2. Periksa mur roda

Pada mobil, truk, dan kendaraan lainnya dipasang sumbu antara empat dan delapan mur roda yang menempel pada ban. Gunanya untuk memusatkan roda dan mengencangkannya pada kendaraan.

3. Gunakan kunci roda untuk melepaskan mur

Kunci roda yang terkadang disebut kunci roda palang harus tersedia di dalam perlengkapan kendaraan. Biasanya jadi satu dengan dongkrak dan ban serep serta tesimpan dalam bagasi atau di bawah karpet bagasi. Kunci roda harus pas dengan mur roda yang digunakan.

 

4. Putaran Kunci Roda

Tempatkan kunci roda pada mur roda dan putar kunci roda berlawanan arah jarum jam. Putar kunci roda setelah Kamu menempatkannya pada salah satu mur roda dan tarik dengan keras sampai mur roda terasa mulai longgar. Tidak perlu melepaskan mur roda seluruhnya. Gunakan kunci roda untuk melonggarkannya hingga memungkinkan untuk dilepas dengan jari-jari tangan. Akan tetapi jangan terlalu dipaksa karena berpotensi merusak mur.

5. Melonggarkan baut

Pilih satu mur yang akan dilongkarkan. Lanjut ke baut berikutnya, satu-satu bergantian. Pola ini membantu roda tetap terpusat dan penting saat Kamu memasang roda. Pola ini juga merupakan kebiasaan yang baik saat Kamu melonggarkan baut.

 

_

6. Jika baut pada ban terasa macet, maka gunakan cairan perontok karat. Semprotkan secukupnya saja. Kamu bisa menggunakan 4WD untuk mempermudah membuka mur. Pastikan cakram dan tromol rem bebas dari minyak sebelum mengendarai mobil kembali karena takutnya rem blong hingga dapat menimbulkan kecelakaan.

Penulis: Rayhan Rizki Sonjaya Putra

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya