Jangan Beli Motor Listrik Jika Belum Paham Hal-hal Ini

Oleh Nazarudin Ray pada 27 Agu 2022, 18:14 WIB
Diperbarui 27 Agu 2022, 18:14 WIB
Motor Listrik
Motor listrik Alva diperkenalkan pada GIIAS 2022 kemarin (Otosia.com/Nazar Ray)

Otosia.com, Jakarta Saat ini beragam motor listrik dari berbagai merek ditawarkan di pasaran. Mulai bergaya motor matic Jepang hingga yang punya desain mirip-mirip Vespa. Terlepas dari kekurangannya, motor listrik memiliki beberapa kelebihan.

Misalnya efisiensi tinggi, akselerasi yang spontan, suara mesin lebih halus, serta perawatan yang mudah dan terjangkau. Tak hanya itu, motor listrik juga dikenal lebih ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi gas yang menyebabkan pencemaran udara di jalanan.

Berbagai alasan di atas membuat penggunaan motor listrik menjadi kian masif di Indonesia. Lalu bagaimana dengan perawatannya?

Meskipun diklaim mempunyai kemudahan dalam perawatannya, motor listrik tetap saja membutuhkan perawatan seperti motor pada umumnya. Berikut adalah beberapa cara merawat motor listrik:

Video Terpopuler saat Ini

Mencabut Baterai dan Rutin Ganti Van Belt

Motor Listrik
Suzuki Satria 2-tak diubah menjadi motor listrik oleh l\komunitas Kosmik (Otosia.com/Nazar Ray)

Hal ini sebaiknya dilakukan, terlebih jika motor tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama karena baterai akan mengalami self discharge ketika motor dalam keadaan mati.

Namun pastikan bahwa baterai dalam keadaan penuh terlebih dahulu. Selain itu, dicharge selama sekitar 10 menit setidaknya satu minggu sekali, agar baterai tidak mudah drop.

Van belt adalah komponen penting bagi motor listrik karena bertugas untuk menyalurkan tenaga menuju roda belakang sehingga kendaraan dapat melaju. Ketahanan umur dari van belt ini sendiri adalah 3000 km dan harus selalu diganti jika sudah melewatinya.

Perhatikan Sistem Rem Hindari Kompresor Saat Mencuci

Seperti pada motor konvensional, sistem pengereman juga menjadi perhatian khusus. Pastikan pengecekan  setiap 2 atau 3 bulan sekali pada bagian kampas rem.

Motor listrik memiliki semacam kisi-kisi udara yang bisa membuat celah air menyusup ke sistem kelistrikan di bagian kolongnya dan memungkinkan merusak sistem kelistrikan tersebut.

Serupa dengan kendaraan lainnya, bodi motor listrik juga dapat kusam jika terpapar sinar matahari terus-menerus. Maka dari itu, untuk melindungi bodii motor listrik kesayangan, gunakan cover motor yang terbukti kualitasnya.

Memilih Cover Motor

Pemilik motor listrik dapat memilih cover motor dengan bahan polyester WP yang tahan lama meskipun terkena ancaman dari cuaca jahat, knalpot, maupun besi plat.

Tipe cover motor custom maupun reguler banyak tersedia di pasaran, salah satunya dari CoverSuper Indonesia dapat menjadi pilihan bagi para pecinta motor listrik.

Dengan UV protector dan coating bening dapat menahan terpaan sinar matahari dan air sehingga tetap menjaga kualitas cat bodi motor dari kusam dan lecet.  Selain itu, cover motor juga dapat membuat motor listrik Anda tetap aman dari tangan-tangan jahat.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya