Periksa Busi Rutin Cegah Kerusakan Mesin

Busi adalah perangkat wajib yang harus diperiksa karena keberadaannya yang krusial. Dan tentu tak cuma diperiksa saja, namun diperiksa secara rutin!

Rabu, 16 November 2016 09:15
Busi (foto: Istimewa)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com -

Busi menjadi salah satu kompknen yang kirang diperhatikan pengendara. Posisinya yang berada di dalam mesin, seringkali terlupakan. Dan baru akan ditengok ketika mesin mengalami masalah atau mogok.

Komponen ini sendiri memang didesain agar dapat digunakan dalam jangka panjang. Namun, seiring pemakaian busi akan menurun kinerjanya dan akan mempengaruhi performa mesin. Bahkan berisiko pecah di dalam mesin hingga rusaknya konverter katalis karena pembakaran yang tak sempurna.

Oleh karena itu, ada baiknya melakukan pemeriksaan kompknen tersebut. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan rentang waktu setiap 30 ribu kilometer. Pemeriksaan pun dapat dilakukan sendiri menggunakan perkakas yang tepat.

Namun, apabila tak ingkn repot bisa melakukannya di bengkel. Apabila melakukannya sendiri, lihatlah buku petunjuk yang disediakan produsen mobil sebagai referensi mengenai kondisi busi.

Apabila ditemukan permasalahan dan memerlukan penggantian, disarankan untuk mengganti dengan tipe busi yang sama dengan sebelumnya. Hal ini mencegah proses pembakaran tak sempurna, lantaran sistem yang sebelumnya telah diatur mengikuti busi lama.

TIPS BERGUNA LAINNYA NIH, OTOLOVERS!



(kpl/nz/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami