Motor Matik Getarannya Berlebih, Ini Penyebabnya

Masalah tarikan motor matik yang bergetar lebih dari biasanya terjadi pada saat motor sedang berada pada RPM rendah yang merambat sampai ke stang kemudi.

Selasa, 19 September 2017 11:45
Foto: Honda Cengkareng
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com -

Sepeda motor matik sudah menjadi kendaraan mayoritas masyarakat tanah air. Pemilihan kendaraan roda dua jenis ini tidak lepas dari sisi kepraktisan yang ditawarkan, khususnya untuk melibas jalanan yang sering macet.

Namun seiring pemakain, motor matic juga memiliki kendala tersendiri, salah satunya yakni motor akan terasa bergetar lebih dari biasanya ketika awal dikendarai dan melaju dalam keadaan mesin di putaran rendah.

Seperti yang dipaparkan Honda Cengkareng, dikutip 19/09, masalah tarikan motor matik yang bergetar lebih dari biasanya terjadi pada saat motor sedang berada pada RPM rendah yang merambat sampai ke setang kemudi.

Untuk mendeteksi masalah tersebut, hal yang perlu diperhatikan yakni pada sektor transmisi.

"Perhatikan pada bagian rumah CVT, pada bagian ini ada beberapa komponen seperti fan belt, weight set, clutch housing, CVT spring dan roller CVT. Pastikan dahulu semua komponen tersebut masih mampu bekerja dengan baik, akan tetapi penyebab yang biasa terjadi yaitu karena pada bagian kampas kopling ganda/ weight set serta mangkok/ clutch housing yang sudah tipis atau aus," lanjut keterangan pada laman tersebut.

Setelah identifikasi masalah tersebut hal yang perlu diperhatikan yakni pada weight set dan clutch housing. Biasanya part ini sudah tidak lagi berbentuk sempurna layaknya bawaan pabrikan. Hal tersebut yang membuat terasa getaran pada saat tarikan awal.

Kemudian agar motor matic normal kembali, caranya bisa dengan membersihkan weight set dan clutch housing tersebut, namun alangkah baiknya jika dilakukan penggantian pada part tersebut.

Ulasan Penting Tips Motor Lainnya



(kpl/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami