Lebih Mudah Bongkar Baut Motor Tua

Ketika membongkar baut pada motor tua dan menemukan yang berkarat atau membandel untuk dilepas, jangan langsung dipaksa karena kepala ulir bisa patah. Sebaiknya simak tipsnya dahulu.

Rabu, 14 September 2016 14:15
Ilustrasi Baut Motor Tua (Foto: Rudi)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com -

Dalam membongkar baut di motor tua harus ekstra hati-hati, bahkan ada baut yang membandel dan berkarat. Hal ini berbeda dengan motor baru yang bautnya masih fresh dan bersih.

Ketika membongkar baut pada motor tua dan menemukan yang berkarat atau membandel untuk dilepas, jangan langsung dipaksa karena kepala ulir bisa patah.

Untuk itu lakukan beberapa tips ini sebelum melakukan pembongkaran baut pada motor tua.

Pertama yang harus dilakukan, melumasi baut dengan cairan perontok karat, jika tidak ada bisa menggunakan bensin atau solar. Proses pelumasan bisa menggunakan kuas kecil untuk memudahkan pelumasan yang merata.

Jika pakai cairan perontok karat yang semprot juga lebih baik. Setalah itu biarkan beberapa saat sampai cairan benar-benar meresap pada sela-sela ulir baut.

Setelah kelihatan merata, berikan pukulan kecil atau istilah lainnya 'digetok' pada kepala ulir baut. Setelah digetok coba diputar dengan kunci yang sesuai. Jika masih sulit bisa diulangi pelumasan dan getok lagi sambil diputar perlahan.

Simak Tips Menarik Lainnya



(kpl/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami