Ketahui Spesifikasi Batas Kecepatan Maksimum Ban Agar Selamat

Masing-masing ban memiliki kecepatan maksimum yang berbeda

Selasa, 05 September 2017 22:00
Foto: Arsip Otosia.com
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com -

Pernahkah Anda memperhatikan logo informasi pada ban? Mungkin Anda akan menemukan sebuah huruf besar yang tercetak setelah deretan angka di dinding ban. Huruf tersebut merupakan penanda batas kecepatan yang dapat diakomodasi oleh ban tersebut.

Ya, penanda peringkat kecepatan dimulai dengan huruf A sebagai yang paling rendah hingga Y sebagai yang tertinggi. Ini artinya, masing-masing ban memiliki kecepatan maksimum yang berbeda. Batas tersebut digunakan agar pengendara tidak berkendara melebihi kecepatan yang ditentukan. Apabila batas tersebut dilampau, kemungkinan terjadinya insiden yang tak diinginkan dapat saja terjadi.

Adapun batas kecepatannya sendiri beragam dengan jarak per 10 kilometer per jam. Sebagai contoh ban dengan spesifikasi L memiliki batas kecepatan 120 kilometer per jam, sedangkan M berarti kecepatan maksimumnya 130 kilometer per jam. Tanda batas kecepatan ini sendiri biasanya menentukan jenis kendaraan yang cocok untuk menggunakannya. Sebagai contoh spesifikasi L cocok digunakan untuk mobil off-road atau truk ringan, sedangkan Y digunakan untuk mobil Sport eksotik.

Meskipun memiliki batas kecepatan, tidak disarakan bagi Anda berkendara hingga titik tersebut. Anda tentu mengetahui terdapat aturan lalu lintas di negara kita ini yang membatasi kecepatan berkendara di jalan.



(kpl/fid/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami