Cek Sekarang! Jika Asli, BPKB Anda Wajib Memiliki Tanda ini

Maling dan penipu sedang rawan terjadi di negeri ini sehingga mobil atau motor bodong banyak berkeliaran. Cek segera keaslian surat-suratnya.

Selasa, 07 April 2015 11:30
Ilustrasi BPKB Kendaraan Bermotor
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com -

Sudah pernah memastikan bahwa BPKB Anda asli atau palsu? Jika Anda adalah pembeli mobil bekas, sudah saatnya bagi Anda untuk memastikan segala persuratan asli dan bisa dipertanggungjawabkan seutuhnya.

Salah satu surat berharga kendaraan bermotor yang wajib Anda periksa saat membeli mobil seken adalah Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)
karena menjadi syarat mutlak dan tanda kepemilikan kendaraan bermotor. Jika mobil yang akan Anda beli tidak memilikinya atau penjual terkesan
banyak alasan, maka Anda patut mencurigainya.

Tapi jika memang Anda sudah mendapatkan BPKB yang dimaksud, sudah saatnya Anda memastikan keabsahannya. Dikutip dari sosialisasi yang sempat disebarkan oleh NTMC Korlantas Polri, ada beberapa syarat mutlak berupa sistem keamanan yang menjaga surat tersebut terjaga keasliannya. Secara spesifik BPKB asli harus memiliki ciri-ciri khas sebagai berikut:

1. Nomor BPKB hanya diketahui pihak kepolisian. Bila ingin membeli mobil bekas silahkan cek keaslian BPKB-nya ke Samsat setempat.

2. Hologram di dalam BPKB akan menampilkan gambar Tri Brata Polri, kalau diputar-putar tampak berwarna. Sedangkan yang palsu tidak ada dan tampak
mulus dan hologramnya tidak tampak menampilkan seperti yang asli.

3. Dengan menggunakan sinar ultra violet, akan tampak benang di dalam BPKB dan di dalam tampilan buku BPKB ada bacaan BPKB nya dan bentuknya
terlihat kasar.

Jika memang dirasa Anda melihat kejanggalan, silakan lakukan pengecekan nomor kendaraan bermotor ke samsat terdekat, lewat aplikasi samsat mobile atau via internet sesuai daerah Anda.



(kpl/sdi)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami