Cara Belajar Mengemudi Saat Menghadapi Tikungan Sempit

Salah satunya adalah menghindari tekor atau kebablasan. Kalau tekor ini bisa 'maju kena mundur kena'.

Jum'at, 13 Oktober 2017 09:15
Ilustrasi mengemudi (Pixabay)
Editor : Rohimat Nurbaya
Reporter : Rohimat

Otosia.com -

Di beberapa kota besar, termasuk Jakarta sekitarnya sangat jarang yang memiliki halaman luas. Biasanya kawasan perumahan di kota besar, jalannya hanya cukup untuk dua mobil saja, itu pun sangat pas. Lebih parah lagi hanya ada yang cukup satu mobil saja.

Untuk melalui jalan sempit dan tikungan ini ada trik khusus. Selain menguasai keterampilan mengatur pedal gas dan kopling, serta bisa mengendalikan mobil secara pelan-pelan, ada tiga keterampilan lagi yang harus dipelajari.

Trik pertama adalah, timing memutar stir mobil. Tentunya memutar stir ini harus menyesuaikan dengan kondisi jalan dan lebar jalan. Kemudian langkah kedua adalah tahan dan koreksi.

Kemudian ketiga, setelah masuk tikungan adalah belajar bagaimana cara meluruskan mobil. Nah, cara meluruskan ini yang butuh melatih feeling karena kalau terlambat meluruskan bisa membuat mobil tekor atau kebablasan.

Apabila sudah tekor atau kebablasan ini, biasanya harus mundur lagi. Masih mending kalau di belakang mobil kita tidak ada mobil lain, kalau ada mobil lain bisa repot yang akhirnya 'maju kena mundur kena'.


Lihat video selengkapnya di bawah ini:

 

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!



(kpl/aya)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami