Setelah Dipakai Mudik, Ini Bagian Motor yang Harus Dicek

Setelah menempuh perjalanan jauh sebaiknya sepeda motor kembali dicek ulang.

Rabu, 05 Juli 2017 20:00
Foto: Istimewa
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com -

Sepeda motor masih menjadi kendaraan favorit pemudik saat berlebaran di kampung halaman. Setelah menempuh perjalanan jauh sebaiknya sepeda motor kembali dicek ulang. Mengapa? Hal ini penting, mengingat kondisi jalur mudik yang cukup padat memaksa kendaraan roda dua untuk bekerja ekstra keras.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan usai mudik dengan motor dua menurut Andika dari bengkel Trio Motor di Rawamangun, Jakarta Timur:

1. Ganti pelumas
Penggantian pelumas diperlukan setelah melakukan perjalanan yang jauh, meskipun batas waktu penggantian pelumas belum tercapai.

2. Rantai atau V-Belt
Kedua komponen ini seiring waktu akan mengalami keausan. Rute mudik yang cukup panjang mampu mempercepat keausan kedua komponen tersebut.

3. Periksa rem
Akibat mudik biasanya rem akan cepat habis. Sebaiknya segera periksa kondisi kampas rem. Jika memerlukan penggantian sebaiknya dilakukan secepatnya untuk menghindari bahaya yang tak diinginkan.

4. Velg dan ban
Periksa kedua komponen tersebut. Lihat apakah velg mengalami kerusakan akibat benturan saat menempuh perjalanan mudik. Begitu pula ban, tentunya jalur yang Anda lewati tak melulu mulus bukan?

5. Suspensi
Ada baiknya setelah melakukan perjalanan mudik Anda segera mencuci kendaraan. Pasalnya, kotoran yang menempel pada suspensi dapat menyebabkan kerusakan. Belum lagi beban yang dibawa selama perjalanan mudik. Periksalah apakah terdapat kecacatan.

BERITA MENARIK LAINNYA



(kpl/fid/fdk)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami