ADVERTORIAL

Pertolongan Pertama Kala Mata Mendadak Kabur Saat Berkendara

Lantas, pertolongan pertama seperti apa yang perlu diterapkan bila mata kabur terjadi tiba-tiba saat sedang berkendara?

Kamis, 15 Desember 2016 07:32
© shuttestock
Editor : Iwan Tantomi

Otosia.com -

Fokus saat berkendara adalah kewajiban bagi setiap pengendara. Namun, apa jadinya jika di tengah-tengah berkendara tiba-tiba mata mendadak kabur. Hal tersebut mungkin pernah dialami oleh hampir setiap orang.

Menurut dr. Nurwany, Sp.M., spesialis mata di RS Meilia Cibubur, ada beberapa penyebab pandangan mendadak kabur. Paling umum hal tersebut terjadi karena adanya kelainan pada saraf atau retina mata akibar pendarahan, ablasio retina, atau edema macula.

Biasanya hal tersebut diakibatkan fokus berlebihan pada mata, hingga lupa jika mata punya batasan dan butuh istirahat. Lantas, pertolongan pertama seperti apa yang perlu diterapkan bila mata kabur terjadi tiba-tiba saat sedang berkendara?


Mengistirahatkan Mata Sejenak

Cobalah menepikan kendaraan. Tentunya di tempat yang memang sudah disediakan tanpa melanggar rambu-rambu lalu lintas. Setelah itu, renggangkan kaki, seperti dengan menyelonjorkannya, kemudian pejamkan mata sejenak. Sesekali coba juga untuk melihat benda-benda yang jaraknya jauh untuk menyeimbangkan kontraksi dan relaksasi otot mata.


Mengedipkan Mata

Sekalipun terdengar remeh, mengedipkan mata adalah upaya terbaik yang perlu dilakukan secara berkala agar mata tetap sehat. Cairan bola mata akan terlumasi dengan teratur bilamana sering mengedipkan kelopak mata. Idealnya kedipan mata akan refleks terjadi setiap 5 detik sekali. Namun, apabila terlalu fokus, kadang hal ini perlu dipaksa agar mata tetap berkedip secara teratur.


Menghangatkan Mata

Coba juga menghangatkan mata dengan menggosok-gosokkan kedua telapak tangan sampai hangat. Lalu, tempelkan pada kelopak mata yang terpejam. Biarkan kehangatan tersebut meresap. Lakukan beberapa kali hingga mata terasa lebih rileks.


Memberikan Pijatan Pada Mata

Supaya mata tidak mudah kabur, cobalah untuk memberikan pijatan pada mata. Lakukan secara perlahan di bagian kelopak mata selama dua menit. Pijatan mata ini dapat membantu melancarkan sirkulasi darah ke mata agar terasa lebih rileks.


Meneteskan Obat Tetes Mata

Perlunya membawa obat tetes mata ke mana-mana memang baru terasa berguna, saat terjadi gangguan mata tiba-tiba seperti pandangan kabur saat berkendara. Teteskan 1-2 tetes Braito Original pada mata yang mendadak kabur sebagai bagian dari gejala iritasi mata. Lakukan 2-3 kali sehari. Namun, apabila sampai tiga hari masih belum membuahkan hasil, segera periksakan ke dokter.

Pertolongan pertama tersebut dapat diterapkan manakala pandangan kabur menerpa tiba-tiba saat berkendara. Jangan lupa untuk memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.



(adv/tmi)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami