Apa Bedanya Oli Mesin Full Synthetic, Semi Syntethic dan Mineral Lubricant?

Apa sih bedanya dengan jenis oli lainnya? Cari tahu di sini!

Kamis, 09 November 2017 00:01
(c) Shutterstock
Editor : shoifudin

Otosia.com -

Punya mobil yang biasa menemani aktivitas sehari-hari yang super padat, jangan hanya digunakan saja tanpa melakukan perawatan apapun. Menjaga performa mobil tetap prima sangat penting, biar kendaraan kesayangan ini tetap awet dan siap digunakan buat menghadapi tantangan aktivitas sehari-hari. Salah satu perawatan mendasar yang harus rutin dilakukan adalah ganti oli secara rutin. Tapi, sudahkah kamu memilih jenis oli yang tepat?

Pelumas mesin sangat dibutuhkan buat menjaga gesekan yang terjadi antar komponen di dalam mesin mobil. Jadi, performanya tetap terjaga, awet, dan tetap ngacir saat digeber di jalan. Saat ini di pasaran ada 3 jenis oli yang umumnya dipakai, yaitu Full Synthetic, Semi Synthetic, dan Mineral Lubricants. Jenis oli Full Synthetic seperti yang diusung oleh Federal Mobil Lubricants kerap menjadi pilihan. Apa sih bedanya dengan jenis oli lainnya?

Oli Full Synthetic, Dinilai yang Terbaik

Pelumas berjenis full synthetic sebenarnya memiliki bahan dasar yang sama dengan pelumas jenis lainnya, yaitu hasil olahan minyak bumi. Tapi, proses pembuatannya dilakukan lebih sempurna karena bahan dasarnya masih melalui pengolahan kembali lagi dan diseleksi yang terbaik lewat tahapan yang panjang.

Oli ini dinilai lebih baik daripada jenis Semi Synthetic dan Mineral karena bebas dari karbon reaktif yang biasanya masih ditemui dari kedua jenis oli tersebut. Karbon reaktif bisa menghasilkan asam, oksigen, dan logam berat lainnya yang pastinya bakal mempengaruhi kinerja mesin mobil kesayangan.

Secara umum, oli Full Synthetic memiliki berbagai keunggulan lainnya mulai dari tidak mudah menguap, lebih tahan oksidasi, pelumasan lebih merata, dan bisa bekerja paling maksimal meskipun temperaturnya tinggi. Banyak produsen yang mulai mengeluarkan produk Full Synthetic Oil yang menjadi andalan mereka, termasuk salah satunya Federal Mobil Lubricants.

(c) Federal Mobil Lubricants

Federal Mobil Lubricants memang menjadi pemain baru dalam pasar oli mobil, tapi semua produknya sudah berjenis Full Synthetic. Terlebih oli Federal Mobil Lubricants dirancang menggunakan formula terbaru yaitu Anti Heat Technology with Active Polymer. Kedua bahan ini mampu membuat suhu mesin lebih stabil meskipun berada di jalan macet dan perjalanan jauh sekaligus memberikan pengalaman berbeda saat menjawab tantangan di jalanan metropolitan.

Teknologi pemrosesan oli Federal Mobil Lubricants juga mampu meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar, memperpanjang umur mesin mobil, serta memiliki teknologi inovatif dan kualitas yang baik. Ada tiga varian oli Full Synthetics dari Federal Mobil Lubricants yang bisa dipilih sendiri sesuai dengan jenis mesin mobil yang kamu miliki.

(c) Federal Mobil Lubricants

Mulai dari Rextron 10W-40 yang dirancang untuk menjawab tantangan medan berkendara di kota besar yang macet, berpolusi, dan panas yang bisa mempengaruhi temperatur mesin. Kandungannya secara aktif bekerja mengikat deposit sisa pembakaran supaya suhu mesin tetap stabil dan penggunaan bahan bakar juga lebih efisien. Pelumas ini pas digunakan untuk mesin mobil keluaran tahun 2005 hingga 2012.

Varian selanjutnya adalah Rextron 5W-30 yang didesain untuk menghadapi medan berkendara yang macet, padat, dan berdebu. Tipe yang satu ini bisa menjadi rekomendasi utama bagi kamu yang memiliki mobil keluaran tahun 2012 sampai 2015. Pastikan pilih varian Federal Mobil Lubricants yang tepat untuk menjaga performa mobil tetap gahar di jalanan.

Terakhir adalah Rextron 0W-20 dengan Antiheat Technology yang mengandung Active Polymer cocok untuk kamu yang menghadapi tantangan jalanan perkotaan. Oli ini menjadi rekomendasi untuk mesin kendaraan keluaran terbaru yang dapat menjaga kestabilan temperatur mesin, efisiensi bahan bakar makin optimal, dan memperpanjang usia kendaraan. Jenis mobil Hybrid Cars, City Cars, MPV, SUV, hingga LCGC keluaran terbaru cocok dirawat secara rutin dengan oli tersebut.

Oli Semi Synthetic Punya Harga Lebih Terjangkau, Tapi Gimana Kualitasnya?

Jenis oli yang satu ini memiliki bahan komposisi campuran antara oli Mineral dan Full Synthetic. Presentasenya sendiri berbeda-beda yang ditawarkan tiap produsen, tapi kebanyakan adalah 70% Mineral dan 30% Full Synthetic.

Oli Semi Synthetic ini memang lebih baik dalam merawat mesin kalau dibandingkan dengan Mineral Oil. Harganya pun lebih terjangkau kalau dari jenis Full Synthetic. Tapi, perawatan mesin yang diberikan nggak sebaik oli Full Synthetic. Kandungan karbon aktif yang masih cukup tinggi dalam jenis oli ini bisa berisiko negatif pada kondisi mesin mobil kamu.

Oli Mineral Hanya Memiliki Bahan Standar Oli

Oli Mineral sering juga disebut oli konvensional yang bahan dasarnya merupakan olahan minyak bumi. Komposisinya sendiri menjadi standar pelumas atau oli yang masih memiliki kandungan beberapa karbon reaktif dan sulfur oksigen.

Tipe oli ini sendiri masih punya banyak kekurangan jika dibandingkan dengan kedua jenis oli lainnya. Terlebih jika dibandingkan dengan Full Synthetic seperti yang ditawarkan oleh Federal Mobil Lubricants. Kekurangan oli mineral antara lain cepat panas, mudah teroksidasi, cepat menguap, serta memiliki struktur molekul yang nggak rata yang mempengaruhi kinerja mesin.

Sekarang sudah tahu kan bagaimana perbandingan ketiga jenis oli di atas dan mana yang sebaiknya kamu pilih untuk menjaga performa mesin tetap awet? Federal Mobil Lubricants selalu jadi pilihan yang tepat karena memiliki berbagai kecanggihan teknologi oli masa kini.

Siap menaklukkan medan ibu kota yang padat dengan performa mobil prima berkat Federal Mobil Lubricants? Temukan varian Federal Mobil Lubricants yang paling sesuai jenis mobilmu denganĀ  klik di sini.



(adv/wr)
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami