ADVERTORIAL

7 Trik Sewa Mobil Pantang Tekor Buat Jalan-Jalan

Menyewa mobil juga kadang bisa jadi butuh lebih banyak dana, bilamana kurang cermat melakukannya.

Rabu, 14 September 2016 07:00
┬ęshutterstock
Editor : Iwan Tantomi

Otosia.com -

Salah satu alternatif jalan-jalan saat tidak punya kendaraan sendiri adalah menyewa. Cara ini biasanya dipilih bila transportasi umum dirasa sulit, dan lebih efektif untuk berwisata. Terlebih saat pelesiran ramai-ramai dengan banyak kawan. Namun begitu, menyewa mobil juga kadang bisa jadi butuh lebih banyak dana, bilamana kurang cermat melakukannya.

Nah, agar sewa mobil untuk jalan-jalan berikutnya tak lagi bikin tekor, beberapa trik berikut ini ada baiknya mulai diterapkan.


Buat Rencana Matang

Jangan langsung ujuk-ujuk membayar biaya sewa mobil tanpa mempertimbangkannya terlebih dulu. Jika tidak, kemungkinan menyesal di belakang tentu akan lebih besar. Sebaliknya, cobalah untuk merencanakan secara matang. Mulai memikirkan berapa orang yang akan ikut, berapa lama mau menyewa mobil dan yang paling penting jenis mobil yang akan disewa.


Jangan Terpaku Pada Satu Rental Saja

Sebelum bikin kesepakatan, cari tahu lebih banyak beberapa penyewaan mobil. Pilah mana yang baik berdasarkan kualitas mobil, kepuasan pelanggan, tarif sewa harian, hingga yang jarang dipertimbangkan berapa kilometer jarak yang mampu ditempuh sebuah mobil per liter bahan bakarnya. Semakin irit mobil tersebut, maka semakin pula biaya sewa atau kebutuhan transportasi secara umum.


Memilih Jenis Mobil

Jika berencana melakukan perjalanan yang cukup jauh dan butuh waktu berhari-hari, pilihlah mobil sewa yang punya kapasitas mesin di atas 1500cc. Sebaliknya, jika hanya ingin berkeliling kota saja dengan jarak yang relatif dekat mobil dengan kapasitas 1000cc bisa dipertimbangkan.


Perhatikan Kondisi Mobil

Selain kapasitas mesin, kondisi mobil yang akan disewa juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Pastikan kondisi mobil sepenuhnya prima. Termasuk mobil tersebut memiliki asuransi kerusakan atau kecelakaan atau tidak. Jangan sampai gara-gara gegabah menyewa mobil, bukannya untung justru buntung karena harus membayar ganti rugi kerusakan mobil sewa.


Bikin Perjanjian Tak Tertulis

Selain mengamati kondisi mobil secara langsung, ada baiknya untuk bertanya langsung kepada si pemiliknya seputar beragam syarat dan ketentuan penyewaan mobil tersebut. Dengan tanya-tanya ini, calon penyewa juga bisa bikin perjanjian tak tertulis. Semisal bila sewaktu-waktu terjadi apa-apa, biaya penggantian mobil akan ditanggung separuh-separuh.


Pilih Penyewaan Lepas Kunci

Kadang ada jasa penyewaan mobil yang mengharuskan satu paket dengan supirnya. Sebenarnya, tak ada masalah. Malah penyewa diuntungkan karena tak perlu sampai kecapaian menyetir sendiri dengan jarak tempuh berpuluh-puluh kilometer misalnya.

Namun, yang jadi masalah, kehadiran supir ini mau tidak mau mengurangi jatah kursi. Apalagi jika bepergiannya ramai-ramai. Maka dari itu, sewalah mobil yang memang menerapkan kebijakan lepas kunci atau bisa disewa tanpa supir.


Sewa di Teman

Apabila ada teman yang punya kendaraan dan boleh disewa, lebih baik dimanfaatkan saja. Selain lebih enak dari segi kebijakan, biasanya penyewa juga akan mendapatkan 'harga teman' yang bisa jadi lebih terjangkau dari harga persewaan di rental mobil pada umumnya. Meski begitu, jangan sampai menggadaikan kepercayaan. Mentang-mentang mobil teman, terus dipakai serampangan. Sebisa mungkin jangan lakukan hal tersebut.

Itu dia beberapa trik menyewa mobil untuk jalan-jalan yang tak bikin tekor. Jangan lupa selalu menjaga keselamatan berkendara dan membawa obat-obatan, termasuk obat tetes mata terbaik Braito. Tujuannya agar pandangan selalu jernih dan lebih waspada saat berkendara dengan mobil sewa.



(adv/tmi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami