4 Salah Penggunaan Lampu Hazard yang 'Membudaya'

Lampu hazard alias lampu darurat yang ada pada mobil sebenarnya memiliki waktu dan fungsi sendiri. Tapi ada 4 salah kaprah tentang fitur ini yang telah membudaya bro!

Rabu, 06 Agustus 2014 13:15
4 Salah Penggunaan Lampu Hazard yang 'Membudaya' Ilustrasi: Lampu Hazard (source by: Facebook/@DivHumasPolri)

Editor : Sony

Otosia.com -

Dari sekian banyak fitur keamanan yang tersedia di kendaraan roda empat, ada satu fitur yang bisa dibilang sederhana namun tak bisa diremehkan fungsinya, yaitu lampu darurat atau yang juga disebut dengan Hazard Lamp.

Seperti namanya, lampu ini khusus diperuntukkan sebagai penanda bahwa kendaraan tersebut tengah mengalami keadaan darurat, baik itu mogok, kecelakaan atau keadaan darurat lainnya.

Hal tersebut juga diatur dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1 mengenai kewajiban pengemudi kendaraan bermotor untuk memasang segitiga pengaman, lampu penanda bahaya, atau memberikan isyarat lain saat berhenti dalam kondisi darurat di jalan.

Tapi anehnya, tak sedikit pengendara yang salah kaprah tentang waktu penggunaan serta fungsi utama dari Hazard Lamp. Saking banyaknya orang yang salah kaprah tersebut malah seakan telah 'membudaya' dan sangat sulit untuk diubah.

Berikut diantaranya seperti yang dilansir oleh akun FB Divisi Humas Mabes Polri,



(kpl/sno)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami