Lulus dari SMA, Tretan Muslim Sempat Ingin Jadi Tukang Bakso dan Sopir Truk

Berikut ini cerita Tretan Muslim yang sempat ingin menjadi tukang bakso dan sopir truk

Selasa, 14 September 2021 20:15
Lulus dari SMA, Tretan Muslim Sempat Ingin Jadi Tukang Bakso dan Sopir Truk Tretan Muslim. You Tube - Daniel Mananta Network

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Nama Tretan Muslim semakin dikenal berkat bakatnya menjadi komika. Ketika membawa materi stand up comedy, ia sering menceritakan kampung halamannya, Madura.

Selama di Madura, Tretan Muslim tumbuh sebagai pemuda yang taat pada agama. Karena ketaatannya itu, ia seringkali membuat keputusan dalam hidupnya hanya dari sudut pandang agama.

Salah satunya adalah keinginannya menjadi tukang bakso dan sopir truk. Lalu, bagaimana kisah Tretan Muslim saat masih remaja? Berikut ulasannya.

1 dari 4 Halaman

Tak Mau Kuliah

Kisah itu diungkapkan oleh Tretan Muslim dalam video perbincangannya bersama Daniel Mananta yang diunggah di kanal Youtube Daniel Mananta Network pada Senin (13/9). Dalam obrolan itu, Tretan Muslim bercerita tentang keputusannya tidak mengejar kepentingan lagi di dunia.

Keputusan itu dibuat oleh Tretan Muslim setelah ia lulus dari SMA. Tidak ingin melanjutkan ke jenjang kuliah, ia hanya ingin menjadi tukang bakso atau sopir truk.

2 dari 4 Halaman

"Sampai di tahap aku ke orang tuaku ngomong, 'saya nggak mau kuliah saya mau jadi tukang bakso. Karena kehidupan dunia hanya sementara'," ungkap Tretan Muslim.

"Kalau nggak jadi tukang bakso ya jadi sopir truk. Untuk apa kita mencari harta," imbuhnya.

3 dari 4 Halaman

Salah Pemahaman

Sekarang Tretan Muslim mengaku bahwa pemikirannya ketika itu tidak benar. Ia juga mengaku bahwa ketika itu ia hanya beribadah untuk diri sendiri.

"Itu salah, salah pemahamannya. Maksudnya konsep hidup sementara di dunia iya bener tapi apakah kita langsung menyerah pasrah aja, itu aku nggak setuju. Tapi di zaman itu kan aku nggak ngerti," kata Tretan Muslim.

"Jadi ibadahku itu waktu itu memikirkan aku sendiri. Yang penting aku cari duit seadanya, tapi pulang itu aku mengaji, sholat, berdakwah," tambahnya.

4 dari 4 Halaman

Kerja juga Ibadah

Seiring berjalannya waktu, Tretan Muslim berhasil mencari lebih banyak referensi dan teman diskusi. Hingga akhirnya ia tahu bahwa melakukan pekerjaan halal adalah bentuk lain dari beribadah.

"Padahal dalam perjalanan waktu aku tahu bahwa kalau kerja itu juga ibadah," ucap Tretan Muslim

"Itu yang aku baru tahu bahwa menghibur orang itu juga ibadah," pungkasnya.

Penulis: Denny Marhendri

Sumber: Merdeka.com

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami