Dunia Otomotif Berduka, Sang Penemu Rotary Engine Mazda 'Berpulang'

Para pengguna Mazda akan sangat merindukan Kenichi, sang penemu Rotary Engine Mazda dan pencetus Skyactiv.

Kamis, 28 Desember 2017 18:30
Kenichi Yamamoto (Foto: Mazda)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Lebih dikenal sebagai produk otomotif yang ciamik, Mazda selalu bisa memberikan persaingan ketat dengan Toyota, Honda dan Suzuki. Bahkan di antara produk lainnya seperti Mitsubishi maupun Subaru, Mazda dikenal sebagai mobil yang punya trobosan hebat. Salah satunya adalah teknologi mesin rotari.

Dan berita duka datang dari sang pencipta Mesin Rotari, yakni Kenichi Yamamoto. Di usia 95 tahun, Kenichi yang memrakarsai mesin rotari pada beberapa tipe mobil Mazda, tutup usia. Beliau sangatlah berjasa dengan eksistensi mesin Wenkel yang mulai eksis pada tahun 1960-an bahkan hingga detik ini, termasuk teknologi teranyar Rotary Engine pada Mazda.

Sejatinya Kenichi telah berpulang semenjak tanggal 20 Desember 2017, namun oleh Autoevolution baru dipublish 2 hari ke belakang, sehingga beritanya terkesan lambat viral di dunia otomotif. Kenichi pada masa lalu juga merupakan seorang pencetus cerita dari 47 Ronin, dan merupakan tersangka utama teknologi yang disematkan pada RX series, mulai dari RX-7 hingga RX-9.

Kenichi Yamamoto tak hanya berjasa dalam mengembangkan teknologi Rotary Engine, tapi juga ikut mengucurkan dana bagi mobil sport Mazda pada tahun 1981 dalam rangka balap Le Mans. Sosok Kenichi merupakan tonggak berdirinya teknologi yang disebut SkyActiv-X dan Skyactiv-R pada Powertrain. Sayonara Kenichi!

JANGAN KELEWATAN BERITA LAINNYA, OTOLOVERS!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami