5 Alasan Supersport Paul Walker Disebut 'Paling Beda'

Banyak yang menyimpulkan bahwa mobil supersport ini merupakan tiga kalinya dari mobil rata-rata, terutama dalam hal besaran tenaga yang mampu dihasilkannya. Sehingga membuatnya sangat sulit untuk ditangani atau dikendalikan bahkan oleh pengemudi profesional sekalipun.

Rabu, 04 Desember 2013 16:15
5 Alasan Supersport Paul Walker Disebut 'Paling Beda' Porsche Carrera GT (Source: Istimewa)

Editor : Albert

Otosia.com - Porsche Carrera GT yang dikendarai Paul Walker memaksanya tidak berkutik dalam jebakan api yang menghanguskan semuanya (termasuk jasadnya) setelah terjadi benturan yang hebat.

Banyak yang menyimpulkan bahwa mobil supersport ini merupakan tiga kalinya dari mobil rata-rata, terutama dalam hal besaran tenaga yang mampu dihasilkannya. Sehingga membuatnya sangat sulit untuk ditangani atau dikendalikan bahkan oleh pengemudi profesional sekalipun.

Porsche Carrera GT lansiran 2005 yang mengantarkan sang bintang - Paul Walker dan rekannya beranjak ke surga setelah kudabesi ini menabrak tiang yang berakhir dengan terbakar. Pihak berwenang Los Angeles mengatakan bahwa kecepatan adalah faktor utama dalam kecelakaan itu, sementara sambil terus mengambang dugaan-dugaan yang paling mendekati penyebabnya.

Supersport ini, seperti yang kita singgung di atas memang sangat terlihat beda dari mobil jalanan kebanyakan. Mulai dari sektor mesinnya yang super beringas hingga harganya yang selangit alias super mahal.

Berikut lima alasan mengapa Porsche Carrera GT 2005 sangat berbeda jika dibandingkan dengan mobil 'jalanan' lainnya: ? Berikut adalah lima alasan:

1 dari 5 Halaman

Mampu 'Terbang'

Mampu 'Terbang'

Mobil supersport ini seperti yang kita ketahui sebelumnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 612 hp dengan berbekal mesin V-10 yang berkapasitas 5,7 liter ini. Secara logika mobil dengan dimensi panjang 4,61 meter, lebar 1,92 meter, dan tinggi 1,16 meter serta wheelbase sepanjang 2,73 meter ini akan kehilangan daya tekan ke bawah (downforce) jika dipacu dengan bukaan gas yang besar.

Jika daya downforce ini kurang atau tidak bekerja maka hal yang akan terjadi adalah mobil akan kehilangan massa dan pijakan terhadap lintasan, seakan-akan terangkat dan memungkinkan sekali tidak menginjak trek atau 'terbang'.

Beberapa kalangan otomotif dunia sebenarnya 'mengingatkan' bagi para pemilik atau pengendaranya untuk lebih berhati-hati dengan performa beringasnya. Pasalnya, beberapa ahli mengatakan sebenarnya, mobil supersport jalanan ini dikhususkan untuk program para pembalap sesungguhnya. Perlu keahlian tinggi untuk mengendalikan keliaran kudabesi berbobot 1380 kg (tanpa penumpang) ini.

2 dari 5 Halaman

Harga Fantastis

Harga Fantastis

Porsche Carrera GT tahun 2005 dengan kondisi barunya saja dibanderol dengan harga 'selangit' alias mahal yakni sekitar US$ 450,000 yang setara dengan Rp 5,3 miliar.

Bahkan beberapa pemilik kudabesi ini mengatakan bahwa untuk urusan mengganti oli mesin saja harus merogoh kocek US$ 900 atau setara dengan Rp 10 jutaan.

3 dari 5 Halaman

Letak Mesin di Tengah

Letak Mesin di Tengah

Porsche supersport ini seperti yang kita juga ketahui bersama bahwa mesin bongsor V-10-nya diletakkan pada bagian tengah dari rangka atau sasis mobil super ringannya. Bukan berada pada bagian depan atau belakang dari body mobil.

Hal ini berimbas pada tingkat responsibilitas traksi roda pada permukaan aspal, sehingga mobil ini mampu 'terlontar' dengan waktu yang relatif sangat cepat jika dibandingkan mobil-mobil jalanan yang bermesin depan atau pada bagian belakang.

4 dari 5 Halaman

Minim Kontrol Stabilitas

Minim Kontrol Stabilitas

Salah satu fitur yang membuat sangat 'kejam' pada sedikit kesalahan saja dari gaya mengemudi drivernya yakni Porsche ini tidak dilengkapi dengan sistem kontrol stabilitas elektronik. Sehingga sedikit kesalahan dalam mengendarai akan membahayakan keselamatan jiwa si driver.

Kontrol stabilitas benar-benar sangat dibutuhkan atau sangat berfungsi meminimalisir tergelincirnya sektor roda (slide) sehingga mampu mempertahankan mobil pada jalurnya.

Oleh karenanya, benar yang dikatakan oleh beberapa pembalap mobil dunia jika memang Carrera GT ini sangat menuntut keahlian yang tinggi dari pengemudinya. Bukan hanya ahli namun juga pandai melihat kondisi jalanan jika hasrat 'ngebut' itu muncul.

5 dari 5 Halaman

Mobil Langka

Mobil Langka

Fakta selanjutnya yang mungkin banyak orang di dunia ketahui adalah kelangkaan unit produksi supersport ini. Beberapa kalangan otomotif dunia sepakat memasukkan Carrera GT ini sebagai salah satu mobil paling langka di dunia.

Porsche Carrera GT yang diproduksi pada periode tahun 2003-2006 atau periode pemasarannya pada 2004-2007 ini hanya dibuat sekitar 1.300 unit saja. Dalam sekejap pun supersport harga selangit ini ludes menjadi 'peliharaan' para konglomerat dunia.

Fakta mencengangkan selanjutnya tentang mobil bekasnya, yang ternyata menurut beberapa survey yang dilakukan di luar negeri menyebutkan bahwa kondisi bekasnya sebagian besar didapati sudah rusak parah bahkan tidak sedikit juga yang tidak berbentuk lagi.

(kpl/abe)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami