Suzuki Sebut Ada Motor Baru Setelah V-Strom, Skutik Retro Saluto 125?

Oleh Nazarudin Ray pada 24 Jan 2023, 15:21 WIB
Diperbarui 24 Jan 2023, 19:55 WIB
Suzuki Saluto dalam program Desas-Desus Otosia.com
Suzuki Saluto dalam program Desas-Desus Otosia.com

Otosia.com, Jakarta Selain Burgman 125, Suzuki Saluto 125 pernah dirumorkan akan hadir meramaikan pasar motor matic bergaya retro di Indonesia. Namun ditunggu-tunggu hingga kini keduanya tidak pernah mendarat di tanah air. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam beberapa kesempatan pernah menyinggung kedua motor tersebut kepada awal media, meski pada akhirnya memberi bantahan.

Jika Burgman 125 berasal dari India, maka Saluto 125 merupakan produk Suzuki Taiwan. Khusus Saluto 125, motor ini memiliki desain yang sangat berbeda dengan matic Suzuki umumnya yang dijual secara global. Saluto punya desain berciri khas Eropa, lebih tepatnya Italia.

Yang menarik, Suzuki Saluto hanya beredar di Taiwan. Bahkan di negara prinsipalnya sendiri, Jepang atau Asia Tenggara, motor ini tidak masuk.

Proses kelahiran Suzuki Saluto 125 tidak melibatkan prinsipalnya. Matic ini merupakan proyek khusus yang melibatkan desainer Italia dan Suzuki Taiwan. Tidak heran jika desain Saluto 125 mengadopsi skuter bergaya Italia, khususnya Vespa atau Lambretta.

Video Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

 

Masuk Indonesia?

Suzuki Sebut Ada Motor Baru Setelah V-Strom, Skutik Retro Saluto 125?
Desain depan bergaya klasik mirip Vespa (Suzuki Taiwan)

Sejak awal kehadirannya, Suzuki Saluto 125 mencuri perhatian netizen Indonesia. Namun timbul pertanyaan, apakah SIS benar-benar berniat mendatangkan Saluto 125 ke tanah air? Berkaca dari pernyataan-pernyataan petinggi SIS 2W sebelumnya, nampaknya Suzuki masih cenderung meraba-raba pasar paling gemuk di Indonesia.

Sebagai contoh adalah Suzuki tak kunjung luncurkan pesaing dari Yamaha NMax dan Honda PCX. Padahal mereka sendiri sudah miliki Suzuki Burgman Street yang didesain gambot.

Padahal jika masuk ke tanah air, Saluto 125 dapat menjadi lawan berat Yamaha Grand Filano yang beluncur belum lama ini, dan juga Honda Scoopy. Dilihat dari desain dan fitur, Suzuki Saluto 125 punya modal kuat untuk merecoki pasar kedua motor rivalnya.

Melihat line up matic Suzuki yang selalu kalah pamor dengan skutik Yamaha maupun Honda, benarkah Suzuki berniat memboyong Saluto 125 sebagai kejutan motor baru di 2023?

“Suzuki memiliki rencana dan mengusahakan untuk bisa memasarkan produk sepeda motor Suzuki yang masuk dalam model global agar menambah kelengkapan line-up produk global di Indonesia,” kata Teuku Agha, 2W Sales & Marketing Department Head SIS kepada Otosia,com belum lama ini.

“Momennya setelah V-Strom SX250 dipasarkan atau dijual tahun ini,” lanjutnya. Dengan demikian, motor baru Suzuki yang belum diketahui modelnya akan diperkenalkan setelah V-Strom SX250 resemi diluncurkan dan dipasarkan di tanah air.

Desain

Suzuki Sebut Ada Motor Baru Setelah V-Strom, Skutik Retro Saluto 125?
Suzuki Saluto 125 sudah mengadopsi remote keyless (Suzuki Taiwan)

Kemiripan dengan desain Vespa tampak pada setiap sisi bodi Suzuki Saluto 125. Hal ini tak lepas dari desain bodi yang terkesan klasik dan modern.

Tengok saja bagian depan Suzuki Saluto 125 yang telah dibekali dengan LED headlight dengan frame krom, LED DRL, dan lampu sein yang kesemuanya didesain klasik modern. Makin terlihat manis dengan adanya tulisan Suzuki di tengah lampu utama di Suzuki Saluto 125.

Tak hanya di sektor depan, bagian belakang pun juga demikian. Kental dengan nuansa motor Eropa karena bodi rectangular Suzuki Saluto 125 yang dipadu dengan LED taillight U-space. Menariknya behel belakang tampak sederhana dengan balutan krom.

Berbobot 114 kg, kapasitas tangki bahan bakarnya mampu menampung 5,5 liter bensin.

Kaki-Kaki Suzuki Saluto 125

Suzuki Sebut Ada Motor Baru Setelah V-Strom, Skutik Retro Saluto 125?
Suzuki Saluto 125 khusus dipasarkan di Taiwan (Suzuki Taiwan)

Beralih ke sektor kaki-kaki, Suzuki Saluto 125 memakai ban gambot dikedua sisinya. Untuk peredam kejut memakai suspensi teleskopik di bagian depan, dan di belakang pakai dual-suspension. 

Untuk menunjang keselamatan, Suzuki membekali pengereman Saluto dengan rem cakram pada area depan, sedangkan pada area belakang motor ini menggunakan rem tromol.

Tidak hanya itu, sistem pengereman telah menggunakan Anti-Lock Braking System (ABS). Penyematan fitur ABS ini agar pengendara merasa nyaman dan aman ketika berkendara.

Tak lupa sistem CBS juga ada dalam Saluto. Fungsi CBS sendiri untuk menyeimbangkan antara rem depan dan Belakang. Saluto 125 memakai ban depan-belakang berukuran 100/90-10 56J.

Fitur

Suzuki Saluto dibekali sejumlah fitur modern. Misalnya, motor ini sudah memiliki remote keyless yang dapat digunakan untuk menyalakan motor, membuka tutup tangki, dan juga membuka jok. Remote keyless ini dapat diaktifkan dalam jarak dengan motor 1,5 meter.

Dasbor Suzuki Saluto juga tampil dengan berbagai fitur yang dapat dinikmati, seperti kenop yang berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan mesin, colokan USB 5V2A untuk fast charging juga ada dalam motor ini.

Selain itu, masih ada gantungan barang, hingga tutup bahan bakar yang terletak di sebelah kiri hadir menemani fitur unggulan Saluto.

Pada panel instrumen terdapat logo S ala Suzuki di bagian tengah. Panel ini berisi beberapa informasi terkait berkendara, seperti jam, jarak tempuh (odometer), volume bahan bakar, lampu sein, hingga kecepatan kendaraan (speedometer).

Untuk mengatur panel tersebut, terdapat tombol di bagian kanan setang.

Mesin dan Harga

Suzuki Saluto 125 dipersenjatai mesin satu silinder berkubikasi 124cc. Dengan bekal mekanis Suzuki Saluto sanggup memuntahkan tenaga sebesar 9.4 Ps dan torsi 10 Nm.

Lantaran didesain orang desainer asal Negeri Pizza, Suzuki Saluto punya warna dengan nama-nama kota-kota besar di Italia, seperti Luca Green/Genoa Red, Bologna Rose Gold/Naples Dark Blue, dan Classic.

Suzuki Saluto 125 memiliki dimensi 1.805 mm (panjang), 690 mm (lebar), 1.090 mm (tinggi), 1.250 mm (jarak sumbu roda), dan 760 mm (tinggi tempat duduk), Di Taiwan motor ini dijual dengan harga Rp 40 jutaan.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya