Ini Alasan Mengapa Motor Sport Perlu Memakai Oli Mesin Encer

Oleh Nazarudin Ray pada 26 Okt 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 26 Okt 2022, 21:00 WIB
Ini Alasan Mengapa Motor Sport Perlu Memakai Oli Mesin Encer
Ilustrasi mengganti oli pada motor sport touring (Istimewa)

Otosia.com, Jakarta Teknologi otomotif mengalami perkembangan yang cukup pesat. Bukan cuma kendaraan roda empat, teknologi sepeda motor kini lebih maju. Tidak sebatas dimensinya lebih ringkas dan ringan, namun clearance atau jarak antar komponen di dalamnya pun dirancang lebih rapat.

Pada sepeda motor terbaru, bagian piston dan dinding silinder dibuat lebih rapat. Tujuannya adalah mengoptimalkan kompresi pada ruang bakar. Selain itu, kerapatan juga dibuat untuk mencegah bahan bakar menyusup atau blow by ke sistem pelumasan.

"Karena jarak yang lebih rapat tadi, mesin-mesin motor sekarang membutuhkan viscosity pelumas yang encer. Dengan begitu, setiap komponen di dalam mesin dapat terlumasi dengan baik. Terlebih lagi untuk motor sport yang menuntut mesin bekerja lebih keras dan cepat," buka Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL). 

Video Paling Dicari saat Ini

Viskositas Encer

Ini Alasan Mengapa Motor Sport Perlu Memakai Oli Mesin Encer
Mesin-mesin motor sekarang membutuhkan viscosity pelumas yang encer (Istimewa)

Kemudian timbul pertanyaan, pelumas seperti apa yang punya kategori viskositas atau tingkat kekentalan rendah alias encer? Ambil contoh, kadar oli SAE 10W-40 tentu saja berbeda dengan oli berspesifikasi SAE 5W-30. Melihat perbandingannya, pelumas kedua yaitu 5W-30 jelas punya viskositas lebih encer.

Tidak heran jika kebutuhan oli demikan dibutuhkan oleh motor-motor terbaru seperti untuk sepeda motor jenis sport bermesin 250 cc ke atas. Oli semacam ini turut ditawarkan oleh PT Pertamina Lubricants melalui Pertamina Enduro 4T Sport.

Selain SAE 5W-30, pelumas dalam negeri ini juga diramu bagi pemburu akselerasi dan tenaga maksimal. Sekadar informasi, produk ini menggunakan base oil full synthetic dan sudah memenuhi standardisasi JASO MA2 dan API SL.

Untuk Beragam Merek

Menurut Brahma, penggunaan oli Pertamina Enduro 4T Sport dapat meningkatkan akselerasi dan power motor secara maksimal. Selain itu, oli ini memberikan perlindungan terhadap mesin yang baik.  

Oli Enduro 4T Sport direkomendasikan dan cocok untuk semua jenis motor sport baik itu Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Ducati hingga KTM.

Oli dengan kemasan isi 1 liter ini dijual dengan harga Rp 185.000 (HET). Banderol tersebut masih sangat kompetitif dibanding rival sekelasnya.

 

Motor Matic

Sementara itu, berbeda dengan motor kopling, motor matic memiliki oli tambahan selain pelumas mesin. Terdapat oli tambahan pada bagian transmisi yang biasa disebut oli transmisi matic atau oli garden matic.

Sama halnya dengan oli mesin, oli transmisi pun bertugas memberikan pelumasan. Bedanya, oli ini hanya diperuntukkan pada bagian transmisinya saja. Artinya pelumas tersebut ditujukan untuk melindungi serta mengoptimalkan kinerja pada area CVT (Continously Variable Transmission) seperti gear dan bearing-bearing di dalamnya.

“Pada penggunaan normal, oli transmisi sebaiknya diganti setiap 12.000 km atau 12 bulan sekali. Apabila pemakaian berat atau (motor) selalu dipakai jarak jauh, lebih bagus jika durasinya dipercepat. Coba ganti dengan perbandingan 2:1. Penggantian oli transmisi dilakukan setelah dua kali ganti oli mesin," jelas Brahma.

Cara Mengganti Oli Transmisi

Sebenarnya pekerjaan mengganti oli transmisi cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri oleh pemilik motor matic. Hal pertama yang harus dilakukan ada memarkirkan motor dengan standar tengah di tempat rata.

Setelah itu, buka baut paling belakang di bagian bawah CVT. Kemudian, lepaskan baut dan siapkan wadah untuk menampung oli gardan lama.

Cobalah memiringkan motor ke kiri untuk memastikan oli sudah terbuang semua. Selanjutnya, pasang kembali baut tersebut dan buka penutup oli transmisi di atas lalu tuang oli transmisi yang baru.

"PTPL pun menyediakan oli transmisi motor matic, Enduro Gear Matic. Oli dengan base oil synthetic ini juga diformulasi bersama zat aditif untuk mendukung performa pada motor matic. Untuk harga Enduro Gear Matic kemasan 120 ml dijual dengan harga Rp 14.000," tutup Brahma.

 
Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya