Deretan Motor Custom Builder Jepang yang Unjuk Gigi di Kustomfest 2022

Oleh Nazarudin Ray pada 02 Okt 2022, 12:56 WIB
Diperbarui 02 Okt 2022, 16:25 WIB
5 Motor Custom Builder Jepang Tebar Pesona di Kustomfest
Motor-motor custom Jepang ditempatkan di area khusus di Kustomfest 2022 (Otosia.com/Nazar Ray)

Otosia.com, Jakarta Indonesia custom culture festival kembali akan berlangsung pada tahun ini setelah tidak diadakan secara offline selama hampir 3 tahun. Ajang yang kerap dijadikan barometer bagi para builder di Indonesia ini akan kembali menggebrak Jogja Expo Center, Yogyakarta pada 1 dan 2 Oktober 2022.

Pada tahun ini Kustomfest hadir dengan “We’ll Be Back”. Jargon ini mencerminkan bentuk eksistensi menghadapi situasi pandemi yang berlangsung dari awal 2020 lalu. Tema ini menjadi penanda kebangkitan dan juga nada optimis bahwa semua akan kembali normal kembali terlepas dari masa pandemi yang melanda sekitar tiga tahun belakangan ini.

“Kustomfest selalu membawa semangat pergerakan dunia custom culture Indonesia dengan menjadi sebuah wadah bagi builder builder tanah air,” ujar Lulut Wahyudi, Direktur Kustomfest.

Lulut menambahkan di tahun ini kualitas dari peserta meningkat karena proses seleksi yang dilakukan oleh tim tahun ini lebih ketat dari sebelumnya sehingga bisa dipastikan karya yang akan dipajang nantinya adalah karya baru dan belum pernah ditampilkan di acara lainnya.

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

 

 

 

Display Motor Custom Asal Jepang

Selain motor custom karya anak bangsa, ada beberapa motor display yang berasal dari dari para builder kawakan Jepang.

Tercatat Luck MC builder kenamaan Jepang membawa motor “Shirley Junior” berbasis H-D FLH 1969 milik bassis eksentrik band Red Hot Chili Pepper - Mr. Flea, Custom Works Zon dengan “Huracan” yang dibangun dari H-D Twincam 2021, Kaichiroh Kurosu dari Cherry’s Company meghadirkan “Highway Fighter” dari BMW RNineT 2014, dan Cheetah Custom Cycles salah satu penggerak flat track di Jepang mengirimkan “The Comet 45” H-D WL 45ci.

Lalu Sure Shot salah satu builder ternama dari Jepang juga mengirimkan motor “DST”, sebuah motor H-D Dyna 1997 yang menjadi motor The Best of Show Mooneyes Hotrod Custom Show. Tidak ketinggalan Mooneyes Company juga akan mengirimkan mobil legendaris “Moon Bug” sebuah VW Type 1 Dragrace 2300 cc.

Berikut narasi deretan motor custom Jepang di Kustomfest 2022:

 

Shirley Junior

5 Motor Custom Builder Jepang Tebar Pesona di Kustomfest
Shirley Junior karya Mr. Masa dari workshop Luck MC (Otosia.com/Nazar Ray)

Builder Masa dari workshop Luck MC membawa motor yang diberi julukan Shirley Junior. Pemiliknya adalah Flea, personil band terkenal Red Hot Chilli Peppers.

Mr. Masa dari Luck MC dikenal sebagai builder bertangan dingin dengan karya-karya khas simple berkarakter. Beberapa penghargaan juga banyak direngkuhnya di berbagai custom show dunia atas apresiasi terhadap karyanya.

Berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya yang datang ke Kustomfest sekadar menjadi juri, kali ini dia membawa salah satu motor custom karya terbaiknya. 

Motor “Shirley Junior” ini merupakan motor milik Flea - Bassist dari Red Hot Chili Peppers yang dibangun dengan basis motor Harley Davidson FLH 1969 yang diterbangkan khusus dari Amerika Serikat untuk dibawa ke Yogyakarta.

 

Huracan

5 Motor Custom Builder Jepang Tebar Pesona di Kustomfest
Huracan berbasis Harley-Davidson FLS 2016 karya Yuichi Yoshizawa dari Custom Works Zon (Otosia.com/Nazar Ray)

Dikerjakan dengan mengambll konsep dari abad pertengahan paduan budaya Jepang dan Barat, custom bike bernama Huracan yang berarti Dewa Pencipta tampil memesona menjadi Best Dteail Works di ajang Yokohama Hot Rod Custom Show 2021.

Motor garapan Yuichi Yoshizawa, builder dari Custom Works Zon (CW Zon) menggunakan Harley-Davidson FLS 2016. Motor berbasis Harley-Davidson FLS 2016 ini menjadi representasi kemampuan Custom Works Zon dalam meramu sebuah custom bike berkarakter membawa identitas sesuai ciri khasnya.

Dari pembuatan stuktur bodi memperlihatkan kelebihan sisi craftsmanship workshop yang bermarkas di Shiga dalam membalut konstruksi frame rancangannya.

 

The Comet 45

5 Motor Custom Builder Jepang Tebar Pesona di Kustomfest
The Comet 45 karya Tashiyuki ‘Cheetah’ Osawa dari Cheetah Custom Cycles (Otosia.com/Nazar Ray)

Adalah Tashiyuki ‘Cheetah’ Osawa  dari Cheetah Custom Cycles yang datang untuk kedua kalinya ke Kustomfest. Tahun ini karyanya berupa Harley-Davidson WL 45ci 1968  yang dirancang khusus untuk  balapan Flat Track dengan nama “The Comet 45”. 

Motor ini pernah meraih penghargaan di event Born Free Show 2017, Wheels and Waves 2017, Yokohama Hot Rod Custom Show 2017 serta Wheels and Waves 2018.

Cheetah dikenal sebagai seorang seniman custom yang tidak sekadar pintar membangun motor, namun piawai dalam metal artwork terutama karya engravingnya. Dan satu hal lagi, Cheetah juga motor bergeliatnya balap flat track yang menghidupkan mesin berkubikasi kecil model horizontal dengan nama Have Fun Flat Track di Jepang.

 

Highway Fighter No. 8

5 Motor Custom Builder Jepang Tebar Pesona di Kustomfest
Highway Fighter No.8 garapan Kaichiroh Kurosu dari Cherry’s Company (Otosia.com/Nazar Ray)

Nama Kaichiroh Kurosu dari Cherry’s Company sudah akrab di kalangan custom culture Indonesia karena sejak 2014 datang ke Kustomfest.

Tahun ini, dia membawa  motor karyanya “The Highway Fighter” dengan basis BMW RnineT 2014  yang ikut  membawanya ke jajaran builder dunia. Motor bergaya cafe racer menjadi salah satu care racer terbaik di dunia dan dibuat versi limited hingga dipesan oleh kalangan pesohor dunia  termasuk Brad Pitt. 

Soal prestasi, Kaichiroh Kurosu sudah banyak mendapat penghargaan di antaranya adalah sebagai The Best of Show Motorcycle di event Yokohama “Hotrod Custom Show” tahun 2012, 2013, dan 2014.

 

DST

5 Motor Custom Builder Jepang Tebar Pesona di Kustomfest
DST berbasis HD Dyna tahun 1997 karya Takuya Aikawa, builder customshop Sure Shot (Otosia.com/Nazar Ray)

akuya Aikawa builder customshop Sure Shot dari daerah Perfecture Chiba Jepang  untuk pertama kali datang ke Kustomfest 2022. 

Motor custom garapan Sure Shot telah memenangkan banyak award, di antaranya The Best of Show Motorcycle di event Yokohama “Hotrod Custom Bike Show” 2019 dan 2021, di mana pada acara  HRCS 2019, motor Sure Shot juga mendapat Retro Classic Cycles’s Pick. 

Kali ini Takuya Aikawa membawa “DST” motor custom dengan basis H-D Dyna tahun 1997 bergaya lowrider. Ia banyak melakukan perubahan di bagian rangka motor dengan mengganti suspensi bagian belakang menjadi monoshock dan memasang swing arm.

 
Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya