Enea Bastianini dan Diggia Raih Poin di MotoGP Jepang, Kerja Keras Pertahankan Posisi

Oleh Nazarudin Ray pada 26 Sep 2022, 18:12 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 18:12 WIB
Pembalap Gresini Racing Tampil Konsisten di MotoGP Jepang
Enea Bastianini finish di posisi 9 pada MotoGP Jepang (Istimewa)

Otosia.com, Jakarta Pembalap Gresini Racing MotoGP yang didukung Federal Oil Federal Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio mendulang poin penting usai finish di posisi 9 dan 17 pada seri Jepang di sirkuit Motegi, Minggu (25/9/2022).

Hasil ini tidak terlalu mengecewakan mengingat keduanya terkendala hujan deras saat sesi kualifikasi sehingga memulai balapan dari rombongan tengah.

Video Terpopuler saat Ini

 

Catatan Waktu

Sirkuit Motegi memang menjadi pengalaman baru bagi Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio di atas motor Ducati Desemosedici GP21. Sebagai informasi, Twin Ring Motegi merupakan fasilitas tes yang didirkan tahun 1997, kemudian tahun 2000 resmi menggelar MotoGP. Memiliki panjang 4.801 meter dengan total 14 tikungan (6 kiri dan 8 kanan).

Enea Bastianini mengatakan bahwa cuaca dua hari terakhir yang selalu terguyur hujan pada akhirnya bisa melakukan balapan dengan baik. “Saya tidak melakukan dengan semestinya saat memakai ban kompon lunak di awal balapan, yang seharusnya memberikan keuntungan dari performa,” ujar Bastianini.

Selama balapan untuk bisa memperbaiki posisi Bastianini berusaha meraih catatan waktu secara konsisten. “Catatan waktunya 1:46 detik kecil dan bisa mendapat banyak data. Tak mudah menyalip Francesco Bagnaia karena dia berani mengerem sangat dekat. Hingga akhir sisa balapan dengan kondisi ban tak banyak yang bisa saya perbuat,” tambahnya.

Mempertahankan Posisi

Sementara rekan setimnya Fabio Di Giannantonio mengungkapkan bahwa balapan di Twin Ring Motegi ini sangat positif.

“Hanya sedikit waktu latihan di kondisi kering, namun berhasil mempertahankan posisi. Kami bisa meningkatkan kemampuan berkat pengereman dan saat menikung, dan saya bisa menyalip beberapa pembalap,” ungkap pembalap yang biasa dipanggil Diggia ini.

Namun Di Giannantonio menyatakan ada beberapa kendala teknis kecil yang membuatnya tertahan menunjukkan potensi dari Ducati Desmodesedici GP21. “Seharusnya bisa mendapat tambahan poin. Secara keseluruhan, kita telah melakukan pekerjaan yang bagus,” yakinnya.

Di klasemen persaingan juara dunia MotoGP 2022, Enea Bastianini kini masih berada di posisi 4 dengan 170 poin. Sedangkan Fabio Di Giannantonio berada di posisi 20 dengan total 23 poin.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya