Perjuangan Driver Ojol Penyandang Disabilitas, Sering Ditolak Penumpang Gara-gara Model Motor

Oleh Ahmad Muzaki pada 12 Agu 2022, 15:18 WIB
Diperbarui 12 Agu 2022, 15:18 WIB
Driver ojol penyandang disabilitas (TikTok/@kangsokab)
Driver ojol penyandang disabilitas (TikTok/@kangsokab)

Otosia.com, Jakarta Meski memiliki keterbatasan, banyak penyandang disabilitas yang mau berjuang demi kehidupannya sendiri. Mereka tetap bekerja seperti biasa tanpa mau dikasihani.

Begitulah yang dilakukan driver ojek online (ojol) penyandang disabilitas satu ini. Meski sering ditolak penumpang gara-gara model motor, ia tetap semangat mengais rezeki.

Perjuangan driver ojol ini dibagikan oleh pemilik akun TikTok @kangsokab melalui video yang diunggah sehari lalu. Berikut ini ulasan selengkapnya!

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Model Sespan

Awalnya pemilik akun bernama ahjussi memesan ojol untuk berpergian. Tiba-tiba driver ojol mengirim pesan konfirmasi, sebab motornya memiliki model tak biasa, penumpang harus duduk di samping atau di sespan.

Ia pun tak mempermasalahkan hal itu. Ketika driver ojol menjemputnya, ahjussi sadar bahwa sang driver merupakan penyandang disabilitas.

"setelah nyampe aku baru tau kalo abangnya penyandang disabilitas," tulisnya.

Karena itulah motornya diberi sespan, agar memudahkannya berkendara mengantar para penumpang.

Sering Ditolak

Dalam perjalanan driver ojol bercerita bahwa dirinya sering ditolak penumpang. "Dia pun bercerita tentang pengalamannya yang sering dapat cancel dari calon penumpang," tulisnya.

Meski begitu driver ojol mengaku tetap semangat menjalani profesi ini. Diketahui juga bahwa ia baru seminggu bekerja sebagai driver ojol.

"Respect Bossku... Sehat selalu dan tetap semangat," tulisnya.

"Salut untuk GRAB yang sudah merangkul penyandang disabilitas untuk menjadi mitra pengemudi," tulisnya lagi.

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 110 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang menganggap bahwa model motor seperti itu seru.

"Pls lebih pengen kaya gini. Lebih lega😭😭 d jakarta takde kah," tuis Chaeromdans

"padahal keliatan seru dan nyaman naik itu," jelas Mental Health App/Riliv

"Akusih ga masalah kalo abangnya bilang duduk dibelakang atau disamping. Yg penting bisa sampe ditempat tujuan dan safety, why not," komentar Meii

"kenapa pada di cancel ya? padahal seru tau berasa naik beca jugaaa," ungkap xaaire

"kok banyak yg cancel? Kan seruuuuu," tulis Santi Sugiono

"kenapa ada yg cancel? padahal asik banget naik motor gt, semoga rejeki abangnya mengalir terus, banyak orderan amin," jelas Atikah Psu

Video

@kangsokab Pelajaran hari ini 🥺 #fypシ #foryoupage #grab #breakthesilence ♬ TAK INGIN USAI SADVIBES VERSION - Sadvibes🥀

 

Salut Banget, Pria Penyandang Difabel Tambal Jalan Berlubang Secara Sukarela

Pria penyandang difabel tambal jalan berlubang (Instagram/@hariankopas)
Pria penyandang difabel tambal jalan berlubang (Instagram/@hariankopas)

Masih banyak ditemui jalan rusak atau berlubang di beberapa daerah. Terkadang warga sekitar akan bergotong-royong untuk memerbaikinya, demi kenyamanan dan keamanan para pengendara.

Namun hal berbeda justru terjadi di Bengkulu Utara. Sebab ada pria penyandang disabel yang begitu baik hati mau menambal jalan-jalan yang berlubang.

Cerita ini sendiri diungkap melalui video yang diunggah akun Instagram @hariankopas pada Jumat (29/7/2022). Berikut ini ulasan selengkapnya!

Penyandang Difabel

Bermula saat seorang pengendara motor menghampiri seorang pria penyandang difabel. Rupanya pria paruh baya tersebut sering menambal jalan berlubang dengan sukarela.

"Meski hanya dengan satu tangan bapak ini selalu menutup jalan berlubang secara sukarela," tulisnya.

Dalam video pun terlihat pria penyandang disabel itu menambal jalan berlubang. Karena kebaikannya itulah para pengendara kerap memberinya uang atau bantuan lainnya.

Kala itu seorang wanita yang dibonceng pengendara motor datang menghampiri pria tersebut. Ia menyerahkan bingkisan dan langsung diterima olehnya, serta kemudian pria penyandang difabel tersebut langsung melanjutkan pekerjaannya lagi.

"Semangatnya sangat luar biasa meskipun beliau memiliki kekurangan," keterangan video.

Komentar Netizen

Aksi baik hati ini pun membuat netizen salut. Video yang telah disukai lebih dari 600 kali ini pun langsung dibanjiri pujian untuk si pria baik hati tersebut.

"Tu pemerintah setempat gmna sih? Kasihan bapaknya," tulis tistamawa_

"real super hero," jelas ibnuabdillahh_

"Panjang umur orang baik," komentar aga_prasetyo08

"semoga bapaknya selalu dikelilingi org² baik dermawan & murah hati. aamiin. sehat selalu buat bapaknya," ungkap ellanivaa

"Beliin sumbang semen, biar bpknya yg ngerjain," tulis norhanihasdi

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya