Suzuki Grand Vitara Terbaru Bakal Mengaspal di IIMS 2023, Rival Baru HR-V dan Creta

Oleh Arendra Pranayaditya pada 25 Jan 2023, 15:00 WIB
Diperbarui 26 Jan 2023, 12:54 WIB
Desas desus Suzuki Grand Vitara
Desas-desus Suzuki Grand Vitara debut di Indonesia

Otosia.com, Jakarta PT Suzuki Indomobil Salex (SIS) akan meluncurkan mobil baru dalam waktu dekat. Merek asal Jepang ini terakhir menghadirkan S-Presso dan Baleno facelift di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Kini mobil terbarunya akan mengisi segmen compact SUV, satu kelas dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta. Mobil ini juga berpotensi menggantikan posisi Suzuki S-Cross di Indonesia, mengingat mobil tersebut sudah lama tidak menerima perubahan.

Teaser mobil terbaru Suzuki dapat dilihat pada akun Instagram resminya @suzuki_id. Postingan terbarunya menunjukkan sebuah siluet mobil SUV misterius, dengan tagline “Guess Who’s Back? The Excellent Revival”.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Suzuki Grand Vitara

Teaser peluncuran SUV baru Suzuki
Teaser peluncuran SUV baru Suzuki (Instagram/@suzuki_id)

Meski sebatas penampilan siluet serba gelap, mobil tersebut diduga kuat sebagai All New Suzuki Grand Vitara. SUV ini diperkenalkan tahun lalu, sebagai pengganti posisi Suzuki S-Cross.

Prediksi mobil tersebut sebagai Grand Vitara juga terlihat pada tagline yang digunakan. Akun Instagram Suzuki Indonesia menggunakan kata-kata “Guess Who’s Back” atau “Siapa yang akan hadir kembali?”, menjadi penanda kuat kembalinya nama Grand Vitara di tanah air.

Peluncuran SUV terbaru Suzuki akan diluncurkan pada tanggal 16 Februari 2023, di gelaran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Nasib S-Cross

Interior Suzuki Grand Vitara
Interior Suzuki Grand Vitara (carwale.com)

Dengan kehadiran Grand Vitara, boleh jadi S-Cross di Indonesia akan disuntik mati. Hal yang sama juga terjadi di India, bahkan produksi S-Cross sudah resmi berhenti diproduksi sejak bulan Oktober 2022 kemarin.

Namun kala itu, Suzuki Indonesia masih pelit berbicara terkait nasib S-Cross di Indonesia, maupun Grand Vitara sebagai penggatinya. Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS hanya menjelaskan bahwa S-Cross untuk saat ini masih akan dijual di tanah air.

“So far kami belum bisa komen lebih banyak. Tapi bisa dipastikan saat ini S-Cross masih dijual di Indonesia,” tukas Harold kepada Otosia.com, Kamis (13/10/2022).

Spesifikasi

Suzuki Grand Vitara merupakan hasil kolaborasi antara Maruti Suzuki dan Toyota India, di mana kembarannya mengusung nama Toyota Hyryder.

Mobil ini dirancang sebagai SUV untuk segmen menengah, dengan kapasitas penumpang sebanyak 5 orang. Grand Vitara terbaru mempunyai bodi serba kompak dan tampilan yang gagah.

Beberapa keunggulan fitur mobil ini termasuk panoramic sunroof, kamera 360, 6 airbags, head unit baru serba canggih, lampu depan dan belakang LED, bisa terkoneksi dengan handphone, dan masih banyak lagi.

Performa

Ubahan utama pada mobil ini adalah hadirnya deretan mesin hybrid yang lebih ramah lingkungan dan efisien.

Tersedia dua pilihan mesin. Pertama adalah jeroan 1.500cc K15C mild hybrid andalan Suzuki yang menyemburkan tenaga sebesar 103 hp dan torsi puncak sekitar 138 Nm. Mesin ini kurang lebih mirip seperti kepunyaan Ertiga hybrid di Indonesia.

Seluruh tenaga mesin disalurkan ke aspal melalui girboks manual 5 percepatan atau otomatis 6 percepatan. Ada pula opsi penggerak roda empat (4WD) yang hanya dipinang dengan girboks manual.

Opsi lainnya adalah mesin 1.500cc tiga silinder Atkinson cycle buatan Toyota dengan semburan tenaga 79 hp dan torsi 141 Nm. Mesin ini kemudian dikawinkan dengan motor listrik yang menghasilkan output 115 hp dan menyalurkan tenaga lewat girboks e-CVT.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya