Mengenal MPV Praktis Honda Spike, Ternyata Satu Keluarga dengan Mobilio dan Freed

Oleh Arendra Pranayaditya pada 23 Jan 2023, 18:21 WIB
Diperbarui 23 Jan 2023, 18:21 WIB
Honda Freed Spike
Honda Freed Spike (favcars.com)

Otosia.com, Jakarta Honda cukup dikenal sebagai salah satu merek yang meluncurkan mobil MPV. Sebagai contoh ada Honda Stream yang populer di awal tahun 2000-an, lalu ada Honda Odyssey sebagai MPV premium, kemudian Honda Mobilio dan Honda Freed.

Kedua mobil yang terakhir merupakan model yang berbeda di Indonesia. Mobilio mengambil basis dari Honda Brio, namun dengan bodi yang lebih panjang dan mempunyai mesin 1.500cc.

Sedangkan Honda Freed mempunyai bodi lebih tinggi, dengan konfigurasi tempat duduk yang berbeda. Mobil ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2009 dan terakhir disuntuk mati pada tahun 2016. 

 

 

 

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Pasar Jepang

Honda Mobilio Spike
Honda Mobilio Spike (favcars.com)

Berbeda untuk pasar Jepang, ternyata Mobilio dan Freed berada di pohon keluarga yang sama. Pasalnya Freed merupakan model pengganti Mobilio di negeri matahari terbit.

Perlu diketahui bahwa Honda Mobilio di Jepang tidak mempunyai kesamaan dengan Mobilio yang dijual di Indonesia. Tampilan Mobilio versi JDM cenderung lebih mengotak, menggunakan basis dari Honda Fit/Jazz dan tersedia dengan penggerak roda empat (4WD).

Sementara Honda Freed di Indonesia menggunakan basis model yang sama dengan Jepang, dibedakan dengan deretan fitur yang disediakan. Salah satunya adalah adanya varian “Spike” di negeri Sakura.

Honda Spike

Honda Freed Spike
Honda Freed Spike (favcars.com)

Varian Spike pertama kali diterapkan pada Honda Mobilio generasi pertama tahun 2002 di Jepang. Model ini mendapatkan fascia depan, belakang dan grill berbeda. Lalu pilar C-nya menjadi lebih panjang dan kaca samping digantikan panel bodi.

Tipe Spike juga berlanjut pada Honda Freed, di mana pada tahun 2010 Honda memperkenalkan Freed Spike. Sama seperti Mobilio, MPV ini mempunyai fascia depan, pelek dan kaca belakang menjadi panel bodi. Namun sektor buritan minim perubahan.

Secara spesifikasi, keduanya masih mengandalkan konfigurasi mesin dan transmisi yang sama dengan model dasarnya.

Sementara Freed generasi ketiga mempunyai opsi Freed+ dengan konfigurasi tempat duduk lima penumpang. Varian ini menjadi pengganti Freed Spike dari model sebelumnya.

Honda Freed terbaru di Singapura

Honda Freed Singapore
Honda Freed generasi kedua dengan tampilan facelift yang akan dijual di Singapura (carbuyer.com.sg)

Tahun lalu, sempat heboh Honda Freed terbaru mulai dijual kembali di Singapura. Melansir carbuyer.com.sg, Selasa (23/8/2022), Freed kelak dipasarkan melalui distributor resmi Honda Singapura, yakni Kah Motors.

Honda Freed yang diperkenalkan merupakan generasi kedua yang debut pada tahun 2016 dan menerima facelift di tahun 2019. Mobil yang dijual sudah mengusung tampilan facelift.

Mobil yang diimpor langsung dari Jepang sudah mendarat serta bisa dipesan di berbagai diler-diler Honda di Singapura sejak tanggal 17 Agustus 2022 kemarin.

Spesifikasi

Honda menawarkan dua varian Freed di “Negeri Merlion”, yakni Honda Freed S7 dan tipe termahal Honda Freed E7.

Varian termahal mempunyai spek lebih lengkap, seperti lampu depan LED dengan active cornering lights dan kedua pintu geser samping bisa dibuka secara elektrik. Pada pintu geser Freed E7 juga terdapat kerai privasi manual.

Tipe tertinggi disematkan sistem audio dengan 6 speaker, cruise control, serta jok dengan balutan bahan kulit dan kain. Namun kedua model Freed ini belum mendapatkan peranti keselamatan Honda Sensing.

Setiap model dibekali mesin 1.500cc naturally aspirated dengan semburan tenaga 128 hp dan torsi 155 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui girboks CVT.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya