Prediksi Mobil Baru yang Meluncur di IIMS 2023, Ada Apa Saja?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 19 Jan 2023, 16:17 WIB
Diperbarui 19 Jan 2023, 16:17 WIB
Chery Omoda 5 IIMS 2022
Chery Omoda 5 di IIMS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta Gelaran otomotif Indonesia International Motor Show 2023 akan dihelat dalam waktu dekat. Acara ini berlangsung di JIExpo Kemayoran mulai tanggal 16 Februari hingga 26 Februari 2023 mendatang.

Acara otomotif bertaraf internasional ini menjadi wadah bagi berbagai Agen Pemegang Merek (APM) dalam menghadirkan produk terbarunya. Tahun lalu IIMS diramaikan oleh peluncuran Hyundai Ioniq 5, kembalinya merek Chery dan sempat hadirnya Toyota Kijang innova EV.

Untuk tahun 2023, acara tersebut diprediksi akan lebih meriah lagi. Berbagai model baru terendus akan dihadirkan pada IIMS 2023, terlihat dari beberapa mobil yang tertangkap kamera sedang tes jalan.

Berikut prediksi mobil baru yang akan debut di IIMS 2023:

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

1. Chery Omoda 5

Chery Omoda 5
Chery Omoda 5 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Pertama adalah Chery Omoda 5. SUV stylish ini sempat dipamerkaan di pada IIMS 2022, saat merek asal Tiogkok itu resmi kembali ke Indonesia. Kala itu, Omoda 5 sebatas ditampilkan ke publik sebagai showcase saja.

Kemungkinan Omoda 5 meluncur di IIMS 2023 terlihat pada akun Instagram resmi mereka @cherymotorindonesia, di mana beberapa postingan terakhirnya memberi indikasi kehadiran Omoda 5 dalam waktu dekat.

2. Dua mobil Hybrid Honda

Honda Brio
Honda CR-V Hybrid dan Accord Hybrid (Otosia.com/Nazar Ray)

Berikutnya adalah dua mobil hybrid dari Honda. Merek asal Jepang itu berjanji akan menghadirkan dua mobil ramah lingkungan berbasis hybrid tahun ini. Meski belum dikonfirmasi, diduga kuat kedua mobil ini adalah Honda CR-V e:HEV dan Accord e:HEV.

“Tahun depan dua varian hybrid dan produk e (elektrik) lainnya di tahun-tahun berikutnya, termasuk produksi lokal,” tukas usak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

3. Wuling Alvez

Wuling Xing Chi
Wuling Xing Chi di Tiongkok menjadi basis dari Wuling Alvez di Indonesia (gmauthority.com)

Wuling Alvez boleh jadi debut di Indonesia di IIMS 2023. SUV ini terbilang siap mengaspal, lantaran beberapa kali ditemukan sedang tes jalan tertutupi kamuflase dan nama “Alvez” sudah terdaftar di Indonesia.

SUV ini mempunyai dimensi panjang 4.365 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.750 mm. Dengan demikian Wuling Alvez boleh jadi diposisikan sebagai rival Hyundai Creta, Honda HR-V, serta KIA Seltos.

4. Subaru WRX

Subaru WRX
Subaru WRX generasi kedua (netcarshow.com)

Subaru Indonesia belum lama ini mengunggah sebuah video teaser mobil terbarunya pada akun Instagram @subaru.indonesia. Postingan tersebut bertuliskan “Coming Soon #WorldRallyXperimental”.

Dari deskripsi tersebut, boleh jadi mobil yang dihadirkan di IIMS 2023 adalah sedan sporti Subaru WRX terbaru yang debut di tahun 2021 silam. Mobil ini terbilang istimewa karena menggunakan sasis dari Subaru Global Platform dan mesin boxer baru berkapasitas 2.400cc.

5. Nissan Terra facelift

Nissan Terra facelift GIIAS 2022
Nissan Terra facelift diperkenalkan di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Lalu Nissan Terra facelift juga boleh jadi debut di Indonesia melalui IIMS 2023. SUV sekelas Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport ini sempat tampil publik di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Kehadiran mobil ini bisa meramaikan segmen SUV ladder frame di Indonesia, mengingat hanya Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang sengit bersaing. Sedangkan Isuzu mu-X kini lebih berfokus sebagai mobil niaga.

6. DFSK Mini EV

DFSK Mini EV tampil di PEVS 2022
DFSK Mini EV tampil perdana di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Prediksi yang terakhir adalah DFSK Mini EV. Mobil listrik mungil ini sempat diboyong ke berbagai acara otomotif tahun lalu, mulai dari pengenalan awalnya di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) hingga GIIAS 2022 tahun lalu.

Meski belum dikonfirmasi kapan akan meluncur, bisa jadi Mini EV debut di IIMS 2023 mendatang. Dengan demikian segmen mobil listrik mungil bisa semakin berkembang dan ramai, lantaran saat ini masih dikuasai oleh Wuling Air ev.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya