Harga Toyota Voxy 2022, Patut Dipertimbangkan Buat Mobil Keluarga Tahun Ini

Oleh Arendra Pranayaditya pada 23 Jan 2023, 12:16 WIB
Diperbarui 23 Jan 2023, 12:16 WIB
Toyota Voxy
Toyota Voxy (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta Toyota Voxy identik sebagai mobil keluarga mewah yang nyaman. Mobil ini pertama kali debut pada tahun 2017 di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Model yang diboyong ke Indonesia merupakan generasi ketiga dan diposisikan sebagai pengganti Toyota Nav1. Lawan rival Toyota Voxy adalah Nissan Serena, sebagai satu-satunya MPV boxy lainnya yang dijual di tanah air.

Lalu di awal tahun 2022 PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota Voxy generasi keempat dengan beragam perubahan, baik dari segi tampilan, interior hingga spesifikasi keselamatan dan performanya.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Eksterior

Toyota Voxy
Toyota Voxy (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

All New Toyota Voxy mengusung tampilan khas. Fascia depan didominasi oleh grill besar dengan motif garis-garis dan berlian di sampingnya. Soal pencahayaan, mobil ini menggunakan lampu depan LED multireflector dan DRL di atasnya.

Sisi samping dan belakang menunjukkan desain mengotak mobil ini, terlihat pada bagian bagasi yang tegak lurus. Kaca-kaca samping yang besar memberikan nuansa kabin yang lapang dan meningkatkan visibilitas.

Mobil ini hadir dengan berbagai fitur-fitur menarik. Sebagai contoh pemilik mobil bisa membuka pintu geser di baris kedua menggunakan ayunan kaki. Sementara seberapa terbukanya pintu bagasi mobil ini bisa diatur melalui tombol kecil yang tersembunyi di dekat lampu belakang sebelah kiri.

Interior

Interior Toyota Voxy
Interior Toyota Voxy (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Interior Toyota Voxy generasi ketiga menyandang desain minimalis serba modern. Paling mencolok adalah perubahan dasbornya, di mana speedometerna sudah menggunakan layar dan ada head unit baru yang lebih besar.

Kenyamanan optimal diberikan untuk penumpang baris kedua, di mana tersedia captain seat individual dengan kerai privasi yang membantu mengurangi pantulan sinar matahari. Berbeda dengan model sebelumnya, Voxy terbaru tidak tersedia dengan panoramic sunroof.

Jika diperhatikan, mobil ini mempunyai beberapa kesamaan dengan Innova Zenix, lantaran keduanya mengandalkan basis sasis yang sama. Sebagai contoh adalah panel AC, speedometer, setir dan tuas transmisi.

Keselamatan

Toyota Voxy baris kedua
Baris kedua Toyota Voxy terbaru (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Fitur keselamatan Toyota Voxy tergolong lengkap. Secara standar mobil ini sudah disematkan peranti keselamatan canggih Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 terbaru. Fitur TSS tidak tersedia di Voxy sebelumnya.

Artinya MPV keluarga ini sudah mendapatkan fitur-fitur modern, di antaranya Lane Keep Assist, Lane Departure Warning, Collision Mitigation Braking System, Adaptive Cruise Control dan Blind Spot Monitoring.

Deretan fitur keselamatan lainnya termasuk hal-hal standar seperti 6 airbags, Traction Control, Hill Start Assist, pengereman ABS dan EBD, serta fitur keselamatan lainnya.

Performa

Berbeda dengan Jepang, Voxy yang dijual dalam negeri hanya tersedia dalam satu model dengan satu pilihan mesin saja.

Setiap Voxy di Indonesia mengusung mesin M20A-FKS Dynamic Force yang menyemburkan tenaga 170 PS pada 6.600 rpm dan torsi puncak 202 Nm di 4.900 rpm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan (FWD) melalui girboks otomatis CVT.

Sementara di negeri Matahari Terbit mobil yang sama bisa dipinang dengan mesin hybrid yang lebih efisien. Berkode 2ZR-FXE, jeroan ini menghasilkan output 98 hp dan torsi 142 Nm, serta motor listriknya menyemburkan tenaga 134 hp dan torsi 207 Nm.

Harga

Berikut rincian harga Toyota Voxy terbaru, disitat dari situs resmi PT Toyota Astra Motor, Rabu (18/1/2023):

· Toyota Voxy Rp 592.700.000

· Toyota Voxy Premium Color Rp 595.700.000

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya