Harga Jeep Rubicon Bekas Masih Tinggi, Segini Banderolnya

Oleh Arendra Pranayaditya pada 18 Jan 2023, 15:20 WIB
Diperbarui 18 Jan 2023, 15:20 WIB
Jeep Wrangler JK
Jeep Wrangler JK (favcars.com)

Otosia.com, Jakarta Jeep Wrangler terbilang menjadi salah satu SUV idaman banyak orang. Tampilan yang tangguh serba ikonik itu membuat desain Jeep Wrangler menjadi timeless, tidak terlalu termakan waktu dan bergaya retro.

Selain tampilan idaman, Jeep Wrangler juga terkenal tangguh dan bisa “diajak main kotor”. Mobil asal Amerika Serikat ini dirancang untuk melintasi jalanan offroad ekstrem, bahkan banyak yang memodifikasinya dengan lift kit dan ban offroad.

Dengan terus tingginya peminat terhadap Wrangler, harga bekasnyapun terbilang stabil. Bahkan beberapa mobil model lamapun banyak dijual di atas Rp 500 juta.

 

 

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Bukan Rubicon

Jeep Wrangler di modifikasi ekstrem
Jeep Wrangler dimodifikasi ekstrem dengan lift kit, pelek offroad dan shock breaker dari Bilstein (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Pembahasan Jeep Wrangler terbilang menarik di Indonesia. Banyak orang menyebut SUV asal negeri Paman Sam ini sebagai “Jeep Rubicon”. Tulisan Rubicon sendiri kerap ditemukan pada fender depan mobil.

Padahal istilah yang benar adalah “Jeep Wrangler”. Nama Rubicon merupakan salah satu varian dari Wrangler. Lebih tepatnya tipe tertinggi dan terlengkap, berada di atas tipe Sahara dan Sport menjadi tipe terendah.

Model Rubicon pada umumnya mendapatkan beragam fitur tambahan. Sebagai contoh trim termahal Jeep Wrangler generasi ketiga (JK) disematkan sway bar dan axle lock. Lalu tersedia juga fitur locking differential dan Trailer Sway Control.

Jeep klasik

Jeep Wrangler YJ
Jeep Wrangler YJ (favcars.com)

Jeep Wrangler secara global dikategorikan menjadi empat model. Namun untuk mempermudah, generasi pertama dan kedua bisa disatukan sebagai Jeep Wrangler klasik.

Jeep Wrangler generasi pertama mempunyai kode YJ. Model ini mudah dibedakan dengan tampilan lebih mengotak, terutama untuk lampu depannya. Desain boxy ini terbilang berbeda dengan Jeep CJ sebelumnya.

Sementara generasi keduanya mengembalikan fascia depan familiar dengan penggunaan lampu membulat. Wrangler berkode TJ ini banyak mengusung mesin 4.000cc 6 silinder segaris milk American Motors Corporation (AMC) dan mempunyai suspensi coil springs.

Jeep modern

Jeep Wrangler JL di IIMS 2019
Jeep Wrangler JL di IIMS 2019 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Sedangkan Jeep modern mencakup dari Wrangler generasi ketiga JK dan generasi keempat JL. Perbedaan utama Jeep modern adalah tersedianya versi empat pintu, berbeda dengan Jeep Wrangler klasik yang hanya tersedia dengan varian 2 pintu saja.

Jeep Wrangler JK dibangun dengan sasis dan mesin baru. Model ini juga dibuat lebih modern dengan adanya fitur-fitur seperti power windows dan layar nagivgasi. Tampilan Jeep JK juga cenderung lebih membulat dan soft.

Setelah JK, Jeep meluncurkan versi penyempurnaannya dengan Wrangler JL. Model ini menerima banyak ubahan, mulai dari tersedianya fitur keselamatan Blind Spot Monitoring hingga bisa dipinang dengan atap kain yang dibuka-tutup menggunakan ritsleting.

Harga

Berikut rincian harga Jeep Wrangler bekas, berdasarkan informasi dari berbagai situs jual beli mobil bekas di Indonesia:

· Jeep Wrangler YJ Rp 400-500 jutaan

· Jeep Wrangler JK Rp 700-1 miliar

· Jeep Wrangler JL Rp 1.7-2 miliaran

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya