Naksir Hyundai Creta, Segini Selisih Harga Baru dan Bekasnya

Oleh Arendra Pranayaditya pada 18 Jan 2023, 19:19 WIB
Diperbarui 18 Jan 2023, 19:19 WIB
Hyundai Creta
Hyundai Creta tes perdana di area pabrik Hyundai (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menawarkan banyak mobil menarik di Indonesia. Brand asal Korea Selatan itu mempunyai mobil seperti LMPV Hyundai Stargazer, hingga mobil listrik Hyundai Ioniq 5.

Salah satu model yang sulit ditolak adalah Hyundai Creta. Compact SUV yang debut di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 ini menjadi mobil pertama Hyundai yang dirakit secara Completely Knocked Down (CKD) di Indonesia.

Tidak sebatas dirakit oleh tangan anak bangsa, Creta juga hadir dengan beragam fitur canggih dan terkini, membuatnya lebih kompetitif untuk bersaing dengan rival-rivalnya.

Video Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

 

Eksterior

Hyundai Creta
Hyundai Creta Prime (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Hyundai Creta di Indonesia pada dasarnya adalah versi facelift dari Creta di India. Model teranyar mendapatkan fascia depan baru dengan parametric jewel grill dengan DRL dan desain lampu depan baru.

Sisi samping tampil khas dengan beragam tarikan garis menonjol dengan pelek 16 inci single tone untuk varian entry level, atau naik ke 17 inci two tone di model menengah ke atas. Creta juga bisa dipinang dengan atap berwarna hitam di tipe Prime.

Sektor buritan masih sama dengan Creta di India, terlihat khas dengan lampu LED dengan pola unik bergaya boomerang.

Interior

Interior Hyundai Creta
Interior Hyundai Creta (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Kenyamanan dan kemewahan dipaparkan pada interior Hyundai Creta, di mana mobil ini menawarkan beragam fitur unggulannya.

Tipe termahal Creta Prime mempunyai beragam fitur lengkap, mulai dari speedometer digital, air purifier, panoramic sunroof, AC digital otomatis, wireless charging, head unit dengan Android Auto dan Apple CarPlay, ambient lighting dan pendingin kursi depan.

Selain deretan fitur tersebut, SUV perkotaan ini juga mempunyai beberapa attention to detail yang baik, seperti tersedianya pengaturan setir tilt dan teleskopik, pendingin minuman di glove box, serta bisa dipinang dengan sistem audio buatan BOSE.

Fitur keselamatan

Hyundai Creta
Hyundai Creta (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Fitur keselamatan mobil ini juga terbilang mumpuni, Compact SUV ini disematkan paket keselamatan lengkap, terutama untuk tipe tertinggi Prime.

Secara standar tersedia Vehicle Stability Control, pengereman ABS dan EBD, airbags, Hill Start Assist, kursi ISOFIX dan kamera mundur. Sedangkan mulai tipe Style tersedia dengan 6 buah airbags.

Khusus varian termahal Prime, disematkan peranti keselamatan canggih Hyundai SmartSense. Peranti ini mencakup berbagai safety features seperti Lane Keep Assist, Collision Mitigation Braking System dan sebagainya.

Performa

Hyundai Creta mengusung mesin 1.500cc MPI naturally aspirated dengan semburan tenaga 115 PS dan torsi 14.7 kgm. Mesin ini juga digunakan pada Hyundai Stargazer, dengan minim perubahan performa.

Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan (FWD) melalui pilihan transmisi otomatis IVT atau manual 6 percepatan. Girboks manual hanya tersedia pada model termurah Active dan trim menengah Trend.

Harga

Berikut komparasi harga baru dan bekas Hyundai Creta di Indonesia:

Baru

· Hyundai Creta Active MT Rp 291,3 juta

· Hyundai Creta Trend MT Rp 313 juta

· Hyundai Creta Trend IVT Rp 333,5 juta

· Hyundai Creta Style IVT Rp 376 juta

· Hyundai Creta Prime Single Tone Rp 408,3 juta

· Hyundai Creta Prime Two Tone Rp 411,3 juta

Bekas

· Hyundai Creta Style IVT Rp 330-350 jutaan

· Hyundai Creta Prime IVT Rp 370-390 jutaan

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya