Bisa Buat Keluarga dan Usaha, Segini Harga Daihatsu Sigra Bekas

Oleh Arendra Pranayaditya pada 16 Jan 2023, 09:13 WIB
Diperbarui 16 Jan 2023, 09:13 WIB
Setelah resmi meluncur September lalu, Daihatsu mengundang jurnalis otomotif nasional untuk menjajal performa Sigra terbaru
Setelah resmi meluncur September lalu, Daihatsu mengundang jurnalis otomotif nasional untuk menjajal performa Sigra terbaru

Otosia.com, Jakarta Mencari mobil keluarga di Indonesia banyak pilihannya. Tersedia beragam model, baik dari segmen Low Cost Green Car (LCGC) layaknya Toyota Calya hingga kategori MPV premium seperti Toyota Alphard.

Bagi konsumen yang mencari mobil keluarga dengan harga terjangkau, Daihatsu Sigra bekas bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain mudah dicari, harga Sigra cenderung lebih terjangkau dibanding kembarannya Toyota Calya.

Pilihan Daihatsu Sigra bisa dibagi menjadi tiga model, yakni varian awal pre-facelift, lalu facelift pertama dan facelift kedua.

Video Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

 

Eksterior

Daihatsu Sigra di GIIAS 2019
Daihatsu Sigra di GIIAS 2019

Tampilan Daihatsu Sigra terbilang sangat familiar di tahun 2023. Bentuk mobil ini minim mengalami perubahan signifikan sejak debutnya pada tahun 2016 silam.

Desain mobil ini mirip sebagai Daihatsu Ayla yang dipanjangkan, membuat bodi station wagon. Adanya tambahan “buntut” di belakang berfungsi untuk meningkatkan kepraktisan dan kursi baris ketiga.

Perbedaan antara tiap model bisa dibedakan melalaui beberapa hal. Sebagai contoh versi pre-facelift mempunyai lampu depan halogen. Lalu facelift pertama mendapatkan lampu depan LED dan bumper baru. Kemudian versi facelift kedua mempunyai pelek lebih sporti.

Interior

Penjualan Daihatsu Melonjak 33 Persen, Sigra Jadi yang Terlaris
Daihatsu Sigra penopang utama penjualan Daihatsu (ADM)

Sama seperti eksteriornya, interior Daihatsu Sigra minim mengalami banyak perubahan. Mobil ini masih mengandalkan bentuk dasbor dan konfigurasi kursi yang sama. Bahkan hingga saat ini belum tersedia dengan AC double blower.

Deretan fitur mobil ini cenderung simpel, dengan fasilitas utama termasuk beragam tempat penyimpanan, cup holder, AC depan masih putar kenob, armsrest untuk baris pertama, head unit, serta spion lipat elektrik.

Membedakan antara Sigra awal dan model facelift lainnya cukup mudah. Mobil keluaran awal pada umumnya belum menadpatkan head unit layar sentuh. Lalu Sigra facelift dan facelift kedua berbeda dari warna atap interiornya, di mana model facelift kedua berwarna hitam.

Keselamatan

Paket keselamatan Daihatsu Sigra terbilang standar. LCGC 7 penumpang ini dilengkapi sepasang airbags di dasbor depan, sensor parkir depan, kamera mundur dan pengereman yang sudah ABS dan EBD.

Perlu diketahui bahwa deretan fitur keselamatan tersebut lebih umum ditemukan pada tipe tertinggi. Trim-trim menengah ke bawah cenderung kurang lengkap, seperti absennya pengereman ABS dan EBD, serta kamera mundur.

Performa

Daihatsu Sigra tersedia dengan dua pilihan mesin, berbeda dengan kembarannya Toyota Calya. Mobil ini disematkan mesin 1.200cc 3NR-VE empat silinder dengan semburan tenaga 88 PS dan torsi 11 kgm.

Sementara beberapa tipe entry level mendapatkan jantung pacu 1.000cc 1KR-VE tiga silinder yang menghasilkan output 67 PS dan torsi puncak 9.1 kgm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui girboks manual 5 percepatan atau matic 4 percepatan.

Harga bekas

Berikut rincian harga bekas Daihatsu Sigra, disitat dari berbagai situs jual beli mobil bekas di Indonesia:

·     Daihatsu Sigra tahun 2016-2018 Rp 100-120 jutaan

·     Daihatsu Sigra facelift tahun 2019-sekarang Rp 110-130 jutaan

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya