Simak! Ini Rekomendasi Jenis Mobil Toyota Lama Beserta Harganya

Oleh Ahmad Muzaki pada 10 Jan 2023, 11:17 WIB
Diperbarui 10 Jan 2023, 11:17 WIB
Mobil Toyota Lama. global.toyota
Mobil Toyota Lama. global.toyota

Otosia.com, Jakarta Sering kali konsumen akan memalingkan pandangannya ke mobil bekas, sebab ada saja hal yang membuat mereka mengurungkan niat membeli mobil baru. Salah satunya tentu faktor harga yang lebih murah.

Namun, meski harganya lebih murah jauh dibanding mobil baru, mobil lama juga tak kalah bagus. Asal Anda dapat memilih mobil lama dengan kondisi yang masih bagus, membeli mobil lama akan lebih memuaskan dari pada membeli mobil baru.

Salah satu mobil lama yang layak untuk dipertimbangkan adalah mobil produksi Toyota. Siapa yang tak kenal dengan merek Toyota? Dengan variasi mobilnya yang beragam, membuat jenis mobil Toyota lama menjadi pilihan yang bagus.

Jika Anda ingin mencari mobil lama, kami telah mengumpulkan beberapa rekomendasi jenis mobil Toyota lama yang dikutip dari cintamobil.com dan hargatoyota.com.

Video Paling Dicari saat Ini

Toyota Soluna

Jenis mobil Toyota lama yang pertama adalah Toyota Soluna. Ini adalah salah satu jenis mobil sedan yang diproduksi oleh Toyota, dan nantinya menjadi cikal bakal Toyota Vios. Mobil ini diluncurkan pada tahun 1997 dan dihentikan pada tahun 2002. Meski usianya hanya 5 tahun, Soluna dinilai telah berhasil menarik hati konsumen.

Soluna masuk kategori sedan kompak dilihat dari dimensi panjangnya yang hanya 4.175 mm, lebar 1.661 mm, dan tinggi 1.380 mm. Mobil ini dibekali mesin 1.5L 5A-FE dengan kapasitas 1.500 cc serta tenaga maksimum 120 Hp dan torsi 138 Nm.

Jika Anda tertarik dengan mobil ini mungkin akan kesulitan jika mencarinya di bursa mobil bekas. Jadi, akan lebih baik untuk mencarinya secara online di situs jual beli mobil. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan secara matang karena mobil ini adalah jenis mobil Toyota lama.

Jika dilihat dari kualitas, mobil ini kemungkinan sudah banyak menurun karena usianya yang sudah sangat lama, jadi Anda harus cermat saat membeli untuk meminimalisir biaya perbaikan di kemudian hari. Untuk harganya sendiri, jenis mobil Toyota lama ini dijual di kisaran harga Rp 40-50 jutaan, tergantung kondisi kendaraan.

Toyota Altis

Jenis mobil Toyota lama yang kedua yaitu Toyota Altis. Hingga saat ini, mobil Toyota Altis masih tetap diproduksi, namun itu adalah generasi terbarunya. Menilik ke belakang, Anda akan menemukan mobil Altis keluaran tahun 2000 namun tetap layak untuk dikendarai. Bahkan beberapa orang masih ada yang mencarinya.

Mobil sedan ini mempunyai legroom dan headroom yang mumpuni sehingga akan terasa nyaman saat digunakan dalam perjalanan jauh. Usia yang sudah lama tidak mempengaruhi tampilannya yang memesona.

Toyota Corolla Altis mengalami banyak perubahan dari generasi ke generasi. Pada tahun 2001 – 2003 mesin mobil ini belum di dukung dengan teknologi VVT-i namun pada versi facelift tahun 2004 – 2007 sudah menggunakan teknologi VVT-i.

Harga Toyota Corolla Altis tahun 2003-2007 dibanderol dengan harga sekitar Rp 60-80 jutaan.

Toyota Kijang

Jenis mobil Toyota lama yang ketiga ada Toyota Kijang. Di antara banyaknya mobil produksi Toyota, Toyota Kijang mungkin yang paling banyak dikenal masyarakat. Versi pertama mobil legendaris ini adalah Kijang Buaya, yang diluncurkan tahun 1977 dan hanya tersedia model pick up. Sedangkan versi terakhir yaitu Kijang Kapsul diluncurkan mulai 1997 hingga 2004.

Kemudian Kijang mulai bertransformasi pada tahun 2004 menjadi mobil yang lebih modern dengan nama Innova. Kijang yang awalnya adalah mobil keluarga low MPV pun, berubah menjadi medium MPV. Sedangkan kelas yang lebih murah ditempati Avanza yang juga diluncurkan tahun 2004.

Untuk harga Kijang Super dan Grand ditaksir 20 juta sampai Rp 50 juta. Harga tergantung tahun dan kondisi. Sedangkan harga Kijang Kapsul berbeda-beda pada setiap varian. Dilansir dari berbagai sumber harga Kijang Kapsul berkisar 32 juta-54 juta rupiah.

Toyota Camry

Jenis mobil Toyota lama yang keempat yakni Toyota Camry. Untuk saat ini, mobil terbaru dari jenis ini diberi nama Toyota All New Camry. Meski begitu, mobil Toyota Camry produksi lama tetap memiliki kesan positif bagi masyarakat. Hal ini tidak lepas dari tampilannya yang mewah dan elegan.

Hadir pertama kali di Indonesia pada tahun 1998, Toyota Camry kerap disebut sebagai "mobil pejabat" karena dinas aparatur negara dan Menteri menggunakan mobil ini. Harga mobil Toyota Camry keluaran tahun 2000-2004 terbilang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 30-80 jutaan.

Toyota Corolla

Jenis mobil Toyota lama yang terakhir dalam daftar ini adalah Toyota Corolla. Mobil Toyota Corolla pertama kali dipasarkan di Indonesia pada tahun 1971. Corolla pun menjadi salah satu jenis mobil Toyota lama, sekaligus menjadi salah satu mobil tertua yang masih dijual di Indonesia. Untuk versi yang sekarang, tentu sudah lebih modern, baik dari desain dan penampilan, atau pun jika dilihat dari teknologi dan kecanggihannya.

Untuk versi lamanya, seperti Great Corolla tahun 1993, All New Corolla tahun 1998, atau Corolla Altis 2001 (versi pertama) masih bisa Anda temukan dengan mudah di situs-situs jual beli mobil. Dalam kondisi yang baik dan terawat, mobil-mobil tersebut masih layak untuk Anda miliki.

Sementara itu, terkait harga tentu bervariasi tergantung kondisi fisik mobil, jarak tempuh, riwayat perawatan dan kecelakaan, hingga riwayat pajak.

Penulis: Andre Kurniawan

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya