Tahun Baru Beli Mobil Seken, Harga Bekas Mitsubishi Xpander Paling Menggoda

Oleh Arendra Pranayaditya pada 09 Jan 2023, 19:19 WIB
Diperbarui 09 Jan 2023, 19:19 WIB
Mitsubishi Xpander
Etape 2 Xpander Media Touring 2018 akan menguji Xpander dari Solo ke Yogyakarta. (Yurike/Liputan6.com)

Otosia.com, Jakarta Pasar LMPV merupakan segmen paling gemuk di Indonesia. Daya tarik kategori ini mencakup bodi serba praktis, muat banyak, mesin irit dan perawatan yang mudah.

Salah satu pilihan LMPV yang menarik adalah Mitsubishi Xpander. Mobil ini pertama kali debut di tanah air pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 dan telah menerima facelift sebanyak dua kali.

Setelah debut perdananya, Xpander kerap dikenal sebagai pilihan mobil dengan rasa berkendara serba nyaman dengan tampilan bodi yang menarik.

Mitsubishi Xpander bisa dibagi menjadi tiga model, yakni pre-facelift, facelift dan facelift kedua. Setiap model masih mengandalkan platform dan mesin 1.500cc MIVEC yang sama.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

 

Model pertama

Mitsubishi Xpander Limited Edition
Mitsubishi Xpander Limited Edition (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Mitsubishi Xpander model pertama atau pre-facelift debut di tahun 2017. Kala itu mobil ini menawarkan banyak fitur baru yang minim ditemukan di rival-rival lainnya.

Sebagai contoh setir Xpander sudah bisa diatur secara tilt maupun teleskopik, mempermudah mencari posisi mengemudi yang ideal. Lalu tipe Sport dan Ultimate juga sudah mendapatkan Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist secara standar.

Khusus tipe termahal Ultimate tersedia head unit monitor dengan kamera mundur dan cruise control yang menjadi salah satu fitur andalan Xpander hingga saat ini.

Facelift pertama

Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander hadir dengan fitur lengkap dan jadi pilihan kendaraan tepat untuk keluarga Indonesia. (Foto: Istimewa)

Mitsubishi Xpander menerima facelift pertamanya pada tahun 2020. Bentuk keseleruhan desain tetap terjaga, namun ada beberapa fitur baru yang membuat mobil ini lebih kompetitif di kelasnya.

Paling utama adalah penggunaan lampu depan LED bertingkat yang meningkatkan pencahayaan di malam hari. Desain pelek baru berwarna two tone, rear defogger, antenna sirip hiu, aksen interior berbeda.

Lalu tipe Sport kini mempunyai deretan fitur yang sama seperti Ultimate, kecuali pada beberapa bagian. Bahkan perbedaan di antara keduanya hanya sebatas aksen panel pintu dan varian Ultimate mendapatkan cruise control.

Facelift kedua

Mitsubishi Xpander Ultimate CVT di Jakarta Auto Week 2022
Mitsubishi Xpander tipe tertinggi Ultimate CVT dipajang pada booth Mitsubishi menjelang Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2022. (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Mitsubishi Xpander facelift kedua diperkenalkan pada tahun 2021. Meski tergolong facelift, perubahan pada model ini mengubah banyak bagian mobil, baik dari eksterior hingga interiornya.

Eksterior Xpander menjadi lebih modern dan mewah dengan lampu LED “T-shape” baru untuk sisi depan dan belakang. Versi facelift kedua ini juga mempunyai desain bumper depan dan belakang baru, serta pelek 17 inci two tone untuk melengkapi tampilannya.

Interior mobil ini juga disematkan beragam perubahan. Sebagai contoh dasbor depan mempunyai desain baru dan sekeliling interiornya ada panel-panel soft touch, memberikan kesan premium.

Lalu mobil ini juga disematkan setir baru, head unit yang lebih besar, AC digital, armrest untuk baris pertama dan speedometer dengan desain berbeda. Xpander facelift ini juga menjadi model pertama yang mengandalkan girboks CVT dan rem parkir elektrik.

Membeli bekas

Dengan begitu banyaknya model Xpander yang tersedia di tanah air, meminang dalam kondisi bekas menjadi pilihan yang menarik. Terutama bagi konsumen yang ingin menghemat pengeluaran.

Harga Mitsubishi Xpander bekas bergantung pada model yang dipinang, tahun produksi dan kondisi mobil tersebut. Sebagai contoh Xpander tahun 2017 bisa dipinang sekitar Rp 200 jutaan, sedangkan model facelift 2021 lebih banyak ditemukan dengan harga Rp 250 jutaan.

Harga

Berikut daftar harga bekas mobil Xpander, disitat dari berbagai situs jual beli mobil bekas Indonesia:

· Mitsubishi Xpander tahun 2017-2019 Rp 200-230 jutaan

· Mitsubishi Xpander Facelift tahun 2020-2021 Rp 230-260 jutaan

· Mitsubishi Xpander Facelift tahun 2021-sekarang Rp 250-270 jutaan

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya