Jelang Akhir Tahun Penjualan Suzuki Ertiga Melejit

Oleh Nazarudin Ray pada 22 Des 2022, 20:10 WIB
Diperbarui 22 Des 2022, 20:10 WIB
Jelang Akhir Tahun Penjualan Suzuki Ertiga Melejit
All New Ertiga Hybrid (SIS)

Otosia.com, Jakarta Pasar roda empat Indonesia mencapai hasil positif menjelang tahun 2022 berakhir. Penjualan beberapa jenis kendaraan mengalami tren positif menjelang akhir tahun 2022. Penjualan yang tumbuh tidak terlepas dari produk-prooduk baru yang meluncur dan peningkatan fitur-fitur yang makin memanjakan konsumen.

Peningkatan tersebut turut berdampak pada penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di bulan November 2022 kemarin. Penjualan ritel Suzuki secara keseluruhan meningkat 8% jika dibandingkan Oktober 2022 dengan jumlah total sebanyak 8.218 unit. Peningkatan tersebut dapat terlihat dari pertumbuhan penjualan ritel All New Ertiga dan XL7.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

Ertiga Hybrid

Jelang Akhir Tahun Penjualan Suzuki Ertiga Melejit
Suzuki XL7 (SIS)

Menjadi salah satu kontributor dalam penjualan Suzuki di November, penjualan ritel All New Ertiga secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 23% bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Capaian penjualan tersebut didominasi oleh All New Ertiga Hybrid yang berkontribusi sebesar 65% dari total penjualan seluruh varian All New Ertiga di November 2022. All New Ertiga memberikan kontribusi sebesar 12% bagi total penjualan ritel Suzuki.

“Pertumbuhan penjualan yang semakin baik kami rasakan di bulan November, terutama untuk All New Ertiga. Bahkan November ini menjadi salah satu capaian yang terbaik karena berikan catatan penjualan ritel tertinggi sepanjang tahun 2022 yang didominasi oleh mobil penumpang. Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales SIS.

Suzuki XL7

Selain All New Ertiga, kontributor selanjutnya di November 2022 adalah XL7. Penjualan ritel XL7 mengalami peningkatan 16% bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya. XL7 sendiri berkontribusi sebesar 18% untuk total penjualan ritel Suzuki di bulan November 2022.

Jika dibandingkan dengan Oktober 2022, adanya peningkatan penjualan ritel yang dialami oleh All New Ertiga dan XL7 di November memberikan catatan yang positif berupa peningkatan penjualan sebesar 12% bagi kategori passenger car Suzuki.

“Keunggulan Suzuki yang memiliki mobil di berbagai segmentasi dapat menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, misalnya seperti mobil keluarga yang nyaman dan efisien, mobil SUV tangguh yang memiliki berbagai fitur canggih, mobil dengan desain dan ukuran yang kompak, dan masih banyak lagi,” tukas Randy.

Mesin

Baik Ertiga maupun XL7 mengusung mesin K15 yang didukung teknologi Variable Valve Timing (VVT). Rancangan dan teknologi tersebut membuat daya tahan mesin K15 turut lebih baik. Hal tersebut menjadi nilai tambah bagi pelanggan karena membuat perawatan jadi lebih mudah dan efisien.

Sejak pertengahan tahun 2022, Suzuki memberikan sentuhan lebih baik pada mesin K15 yang digunakan oleh All New Ertiga Hybrid, yaitu dengan penambahan teknologi Suzuki Smart Hybrid.

Perpaduan kedua inovasi ini bertujuan untuk mewujudkan upaya Suzuki dalam mereduksi emisi gas buang. Selain itu, optimalisasi penggunaan teknologi pada All New Ertiga Hybrid juga dapat memberikan keuntungan lain seperti efisiensi konsumsi bahan bakar yang lebih baik pada kondisi lalu lintas yang padat.

Aplikasi MySuzuki

Sementara pada bulan sebelumnya atau Oktober 2022, retail sales yang terekam melalui aplikasi MySuzuki mengalami peningkatan 10% pada bulan Oktober 2022 jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Bahkan jika dibandingkan dengan Oktober 2021, retail sales MySuzuki berhasil naik sebesar 141%. Peningkatan tersebut didominasi oleh penjualan spareparts maupun Ecstar Oil pada kategori sepeda motor, kemudian disusul oleh mobil, dan outboard motor (OBM).

Ppeningkatan penjualan MySuzuki selama periode Januari hingga Oktober 2022 didominasi oleh kategori sepeda motor yang berkontribusi sebesar 70%, kemudian disusul oleh mobil sebesar 29%, dan outboard motor sebesar 1%.

Dari segi daerah cakupannya, Jawa Barat menduduki peringkat pertama dengan jumlah konsumen terbanyak yang menggunakan dan bertransaksi melalui MySuzuki kategori sepeda motor dan mobil.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya