Beda Rp 2 Jutaan, Pilih Citroen C3 atau Daihatsu Rocky 1.2 X MT ADS?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 09 Des 2022, 19:21 WIB
Diperbarui 09 Des 2022, 19:21 WIB
Citroen C3
Citroen C3 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta Citroen baru saja meluncurkan tiga produknya untuk pasar Indonesia. Merek asal Perancis ini memboyong tiga model sekaligus, yakni Citroen C3, Citroen e-C4 dan Citroen C5 Aircross.

Khusus Citroen C3, kendaraan ini menjadi pilihan termurah dari ketiga mobil yang diperkenalkan. Mobil hatchback tersebut menawarkan rasa berkendara layaknya mobil SUV, terutama dari segi desainnya.

Soal harga, C3 dibanderol mulai dari Rp 225 juta untuk pasar Indonesia. Harga tersebut selisih Rp 2 jutaan dengan Daihatsu Rocky 1.2 X MT ADS.

Video Paling Dicari saat Ini

Eksterior

Daihatsu Rocky Update
Daihatsu Rocky dapat penyegaran dari tampilan eksterior (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Secara tampilan dua mobil ini sekilas sama. Citroen C3 dan Daihatsu Rocky sama-sama mempunyai desain gagah, seperti sebuah mobil SUV.

Namun kedua mobil ini berbeda dari kategori segmennya. Citroen C3 dimasukkan sebagai mobil hatchback city car dengan bodi bergaya SUV. Sedangkan Daihatsu Rocky sejak awal kehadirannua diposisikan sebagai small SUV.

Secara kelengkapan fitur, Daihatsu Rocky lebih lengkap dengan adanya lampu depan dan belakang LED, keyless entry dan antenna sirip hiu. Sebaliknya Citroen C3 mempunyai DRL LED, namun setiap lampunya masih bohlam halogen dan belum mendapatkan keyless entry.

Interior

Interior Citroen C3
Interior Citroen C3 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Dari segi interiornya, Citroen C3 dan Daihatsu Rocky mempunyai desain yang berbeda. Interior Rocky cenderung lebih minimalis dengan banyak tarikan garis tegas, banyak lekukan, minim bentuk membulat.

Interior Citroen C3 kebalikan dari Rocky. Banyak bagian, seperti ventilasi AC misalnya, mempunyai desain serba membulat. Sementara di beberapa tempat mempunyai aksen-aksen menarik, seperti motif bintik di dasbor.

Sama seperti eksteriornya, interior Rocky juga lebih lengkap. SUV kecil asal Jepang ini mempunyai speedometer full digital, spion lipat elektrik, panel AC digital, banyak cupholder dan armrest untuk penumpang depan.

Sementara Citroen C3 mempunyai speedometer sederhana, AC putar kenob manual dan bahkan spion sampingnya masih dioperasikan menggunakan tuas manual. Kedua mobil ini mendapatkan head unit serba guna yang bisa dikoneksikan ke handphone.

Keselamatan

Interior Daihatsu Rocky 1.2
Interior Daihatsu Rocky 1.2 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Paket keselamatan di antara kedua mobil ini sama-sama cukup sederhana. Citroen C3 dan Daihatsu Rocky bertransmisi manual sudah dilengkapi sepasang airbags di dasbor, sistem pengereman ABS dan EBD, sensor parkir belakang dan kamera mundur.

Kendati demikian kedua mobil ini sama-sama belum dilengkapi Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, serta tanpa fitur keselamatan lainnya seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Performa

Citroen C3 dan Daihatsu Rocky sama-sama mengandalkan mesin 1.200cc naturally aspirated. Citroen C3 memuntahkan tenaga sebesar 81 hp dengan torsi 115 Nm, sedangkan Rocky menghasilkan output 87 hp dan torsi 112 Nm.

Keduanya sama-sama menggunakan transmisi manual 5 percepatan, dengan seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD). Yang berbeda, Citroen C3 saat ini hanya bisa dipinang dengan girboks manual, sedangkan Rocky tersedia opsi CVT di setiap trimnya.

Untuk harga, Citroen C3 dibanderol mulai dari Rp 225 juta. Sementara Daihatsu Rocky 1.2 X ADS MT dijual Rp 227,4 juta, atau sekitar Rp 2,4 juta lebih mahal dibanding C3.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya