Toyota Luncurkan New GR Supra, Apa Saja yang Berubah dari Model Lama?

Oleh Nazarudin Ray pada 08 Des 2022, 09:05 WIB
Diperbarui 08 Des 2022, 09:05 WIB
Toyota Luncurkan New GR Supra, Apa Saja yang Berubah dari Model Lama?
Toyota New GR Supra (TAM)

Otosia.com, Jakarta Menjelang tutup tahun 2022 Toyota membanjiri pasar otomotif tanah air dengan serangkaian produk baru. Model paling anyar yang diperkenalkan PT Toyota Astra Motor (TAM) adalah New GR Supra, Rabu (9/11/2022).

New GR Supra yang merupakan flagship sportscar Toyota kepada para sports car enthusiast di Indonesia. GR Supra kembali mendapatkan upgrade besar dari sisi handling untuk meningkatkan driving performance dan excitement bagi pemiliknya.

Video Paling Dicari saat Ini

 

 

 

Meningkatkan Roll Balance

Toyota Luncurkan New GR Supra, Apa Saja yang Berubah dari Model Lama?
Desain kokpit New GR Supra dirancang driver oriented (TAM)

Sejak diperkenalkan di Indonesia tahun 2019, Toyota GR Supra langsung memikat para sportscar dan motorsport enthusiast bermodalkan penampilan khas retro sportscar ikonik, serta driving experience yang menghibur siapapun di balik kemudi.

“New GR Supra merupakan wujud komitmen Toyota dalam menjalankan semangat continuous improvement dan menghadirkan ever-better cars sehingga sanggup mendapatkan ruang pengembangan demi menghasilkan excitement yang lebih maksimal bagi para GR fans di Indonesia,” kata Henry Tanoto, Vice President Director TAM.

Toyota Gazoo Racing (TGR) melakukan fine tune AVS terkait karakter redaman shock absorber untuk meningkatkan roll balance dan ride comfort. Dilakukan pula modifikasi pada bushing stabilizer untuk meningkatkan respons awal kemudi yang sangat krusial bagi sebuah sportscar.

Perbaikan Sasis

Pengembangan lanjutan adalah perbaikan chassis control system yang mencakup AVS, Electric Power Steering (EPS), dan Vehicle Stability Control (VSC) untuk meningkatkan feeling dan kendali kemudi ketika pushing to the limit.

Penampilan khas retro sportscar yang legendaris terlihat abadi dan praktis tidak membutuhkan banyak ubahan karena tetap up-to-date. Penyegaran terlihat pada 19-Inch Forged Aluminium Wheel baru yang berbagi desain dengan GR Yaris dan GR86. 

Hal baru lainnya adalah pemakaian pelek canggih yang lebih ringan 1,2 kg per piece ketimbang model lama. Sentuhan berikutnya adalah penambahan opsi body color yaitu Matte Mineral White, Portimao Blue, dan Sparkling Cupper Gray.

Desain Kokpit

Desain kokpit New GR Supra dirancang driver oriented. Terdapat pengaturan jok secara elektrik sehingga didapat kombinasi posisi duduk yang pas antara kebutuhan balap dan touring.

Tetap dengan nuansa balap yang kental, panel instrumen modern di balik kemudi dengan layar 8,8 inch terlihat sangat simpel dan mudah dipahami.

Kemudi New GR Supra dibuat lebih segar dengan sentuhan ornamen berwarna silver. Sistem audio ditingkatkan dengan menambah speaker dari 10 unit menjadi 12 unit besutan JBL.

Mesin dan Harga

New GR Supra dipersenjatai mesin 3.000 cc 6-silinder inline yang secara spartan sanggup menghasilkan tenaga 350 PS pada 5.000-6.500 rpm dan torsi 500 Nm pada 1.600-4.500 rpm. 

Twin-scroll Turbocharger memastikan engine sanggup menyalurkan power terbaik di setiap rentang putaran mesin ke transmisi 8-speed Sport Automatic dengan rasio gigi rapat supaya dapat mendistribusikan tenaga dengan gesit dan cekatan ketika dipacu, tapi masih luwes ketika cruising di jalan tol atau terkena stop and go di dalam kota.

New GR Supra juga di-support oleh fitur advance berbasis teknologi telematika, yaitu T Intouch yang menghadirkan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari. Fitur ini menghubungkan pengguna sportscar ini ke seluruh layanan Toyota, untuk mendapatkan solusi dan manfaat terintegrasi.

Terdapat 2 kategori layanan, pertama adalah Safety & Convenience yang terdiri atas Find My Car, Stolen Vehicle Tracking, Geofencing, dan Vehicle Info. Layanan kedua adalah Peace of Mind yang terdiri atas E-Care (Maintenance), Inquiry & Support Center, Trip Driving Update, dan Road Assistance.

Berstatus spot order, New GR Supra dijual Rp 2.188.400.000.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya