Tesla Terciduk Siapkan Model 3 Terbaru, Apa Saja Perubahannya?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 06 Des 2022, 08:17 WIB
Diperbarui 06 Des 2022, 08:17 WIB
Tesla Model 3 terbaru
Tesla Model 3 terbaru tertutup kamuflase di area depan dan belakang (motor.es)

Otosia.com, Jakarta Tesla menawarkan berbagai mobil listrik secara global. Salah satu yang paling terjangkau saat ini adalah Tesla Model 3.

Sedan ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 dan mendapatkan penyegaran di tahun 2021. Hal ini cukup berbeda dengan Tesla Model S yang banyak mendapatkan update varian, seperti P90D di tahun 2015 hingga model Plaid di tahun 2021.

Kendati demikian mobil ini tetap menjadi salah satu model terlaris Tesla. Berdasarkan data insideevs.com, total produksi Model 3 dan Model Y mencapai angka 879.346 unit secara global.

Video Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

Model baru

Tesla Model 3 terbaru
Tesla terciduk siapkan Model 3 terbaru (motor.es)

Setelah cukup lama mengaspal tanpa perubahan, Model 3 terbaru kemungkinan besar akan debut dalam waktu dekat.

Melansir motor.es, Senin (5/12/2022), sebuah mobil sedan misterius tertangkap kamera sedang diparkir dengan bagian depan dan belakang ditutupi kain kamuflase. Yang menarik area tengah mobil tidak ditutupi apapun.

Dengan demikian, boleh jadi mobil sedan yang tertangkap kamera ini adalah Tesla Model 3 facelift.

Prediksi perubahan

Sektor buritan Tesla Model 3 terbaru
Sektor buritan Tesla Model 3 terbaru (motor.es)

Lantaran beberapa bagian mobil tidak ditutupi kain penutup, ada kemungkinan Model 3 terbaru akan minim perubahan.

Berdasarkan foto-foto yang tersebar, perubahan mobil ini akan berfokus pada fascia depan dan sektor buritan. Lebih tepatnya penggunaan bentuk bumper dan kap depan baru, hingga beberapa rombakan “ringan” untuk pintu bagasi dan bumper belakangnya.

Sementara desas-desus yang beredar memprediksi bahwa berbagai tombol-tombol fisik di interior mobil ini akan digantikan dengan head unit besar di tengah dengan beragam fungsi. Lalu bagian setir digantikan dengan model “Yoke”, seperti yang digunakan pada Tesla Model S Plaid saat ini.

Namun demikian, informasi terkait mobil ini masih terbatas. Belum diketahui apakah Model 3 terbaru kelak mendapatkan penyegaran pada sektor performa.

Tesla Model 3 Indonesia

Tesla Model 3 di IIMS 2022
Tesla Model 3 di IIMS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Tesla Model 3 juga dijual di Indonesia. Mobil ini dijual langsung ke publik melalui Importir Umum (IU) Prestige Image Motorcars.

Model 3 yang dijual saat ini menawarkan berbagai fitur menarik, mulai dari head unit besar multifungsi, atap panoramic glass roof, kursi elektrik premium dan bahkan mempunyai fitur “Dog Mode” yang tetap menyalakan AC mobil, supaya hewan peliharaan anjing di dalamnya tetap nyaman di segala macam cuaca.

Meski dijual sebagai Tesla termurah, Model 3 tetap mendapatkan fitur andalan Tesla lainnya, yakni Autopilot. Fitur ini pada dasarnya adalah Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang lebih canggih dan kompleks.

Performa dan harga

Tesla Model 3 dijual dalam berbagai varian. Mobil ini bisa dipinang dengan penggerak roda belakang (RWD) atau penggerak empat roda (AWD).

Model 3 RWD diklaim bisa menempuh jarak tempuh sejauh 437 km dengan waktu akselerasi 0-100 km/jam di angka 5.8 detik. Lalu varian AWD Long Range bisa berjalan hingga 576 km dalam sekali pengecasan dan berakselerasi dari 0-100 km/jam mencapai 4.2 detik.

Tipe terakhir adalah Model 3 Performance yang mengutamakan performa mobil. Versi ini bisa melejit dari 0-100 km/jam dalam waktu 3.1 detik saja, namun konsekuensinya jarak tempuh mobil ini berkurang menjadi 506 km.

Tesla Model 3 bisa dipinang dari situs Presitige Image Motorcars dengan harga sekitar Rp 1.5 miliar, tergantung model yang dipilih.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya