Pilihan SUV Paling Cocok Buat Digenjot Selama Libur Natal Tahun Baru 2023

Oleh Arendra Pranayaditya pada 02 Des 2022, 18:08 WIB
Diperbarui 02 Des 2022, 18:08 WIB
Honda BR-V
All New Honda BR-V (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta Tahun 2022 dalam waktu dekat akan segera berakhir. Banyak masyarakat yang akan menikmati libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), dengan bertemu keluarga dan kerabat dekat atau mengunjungi tempat wisata.

Bagi yang hendak menjalani libur Nataru dengan menyetir kendaraan pribadi, memilih mobil yang ideal menjadi prioritas utama. Perlu dipastikan mobil nyaman dikendarai, praktis dan irit bahan bakar untuk perjalanan jarak jauh.

Dengan demikian, memilih mobil SUV bisa menjadi pilihan menarik. Selain bervariasi, mobil SUV juga mempunyai ground clearance tinggi, cocok untuk melintasi jalanan Indonesia yang dinamis.

Berikut pilihannya:

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

 

1.   Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross
Mitsubishi Xpander Cross (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Pertama adalah Mitsubishi Xpander Cross. LSUV andalan Mitsubishi ini beberapa waktu lalu mendapatkan penyegaran, mulai dari tampilan lebih gagah, speedometer dan setir dari Pejero Sport, hingga ada fitur Active Yaw Control (AYC).

Secara performa, Xpander Cross tidak memiliki perbedaan signifikan dibanding Mitsubishi Xpander. Artinya mobil ini dibenamkan mesin 1.500cc MIVEC serba irit, dengan semburan tenaga 104 hp dan torsi 141 Nm. Pilihan transmisinya adalah manual atau CVT.

Mitsubishi Xpander Cross dibanderol mulai dari Rp 309,95 juta hingga Rp 335,75 juta untuk tipe termahal Premium CVT.

2.   Honda BR-V

Honda BR-V GIIAS 2022
Honda BR-V (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Berikutnya adalah Honda BR-V. Keunggulan mobil ini terletak pada deretan fitur yang disematkan, terutama adanya Honda Sensing. Artinya BR-V sudah mempunyai fitur canggih seperti Lane Keep Assist dan Adaptive Cruise Control.

Honda BR-V mengandalkan mesin 1.500cc i-VTEC yang menghasilkan output 121 PS dan torsi 145 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 6 percepatan atau CVT.

Harga Honda BR-V di Indonesia berkisar dari angka Rp 281,1 juta sampai Rp 348,6 juta untuk varian termahal BR-V Prestige dengan Honda Sensing.

3.   Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid
Toyota Corolla Cross Hybrid (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Pilihan SUV selanjutnya adalah Toyota Corolla Cross Hybrid. SUV ini menjadi pilihan menarik bagi konsumen penggemar SUV, namun juga mengutamakan mobil dengan konsumsi bahan bakar yang serba irit.

Toyota Corolla Cross Hybrid memboyong mesin bensin 1.800cc 2ZR-FXE dengan semburan tenaga 98 PS dan torsi 142 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan motor listrik dengan daya pacu 72 PS dan torsi 162 Nm.

SUV ini dijual dengan harga Rp 540,9 juta.

4.   Wuling Almaz Hybrid

Wuling Almaz Hybrid
Wuling Almaz Hybrid (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Wuling Almaz Hybrid bisa menjadi pilihan alternatif dari Toyota Corolla Cross Hybrid. Mobil ini juga mempunyai berbagai fitur unggulan, seperti kapasitas 7 penumpang, panoramic sunroof, interior mewah dan sudah disematakan Advanced Driver Assistance System (ADAS).

SUV asal Tiongkok ini disematkan mesin bensin 2.000cc yang menghasilkan output 123 hp dan torsi 168 Nm. Mesin ini didukung oleh motor listrik yang menyemburkan tenaga 174 hp dan torsi 320 Nm. Almaz Hybrid juga mendapatkan baterai berkapasitas 1.8 kWh.

Almaz versi hybrid bisa dipinang dengan mahar sebesar Rp 470 juta.

5.   Hyundai Santa Fe

Hyundai Santa Fe
Hyundai Santa Fe (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Terakhir adalah Hyundai Santa Fe. SUV ini menawarkan kepraktisan optimal dengan ukuran bodi serba besar. Santa Fe juga tampil mewah dengan berbagai fitur unggulan, termasuk panoramic sunroof, kursi depan elektrik, dan adanya Hyundai SmartSense.

Santa Fe tersedia dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah jeroan 2.500cc bensin dengan tenaga 180 PS dan torsi 232 Nm. Opsi kedua adalah jantung pacu 2.200cc diesel yang menghasilkan output 202 PS dan torsi 441 Nm.

SUV ini dijual dengan harga mulai dari Rp 569 juta untuk tipe termurah bermesin bensin, hingga Rp 729 juta untuk varian termahal dengan mesin diesel.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya