Kaleidoskop 2022: Ada 65 Mobil Baru Meluncur di Indonesia Selama Tahun Ini

Oleh Arendra Pranayaditya pada 02 Des 2022, 14:03 WIB
Diperbarui 02 Des 2022, 14:03 WIB
Booth Wuling GIIAS 2022
Booth Wuling di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta Tahun 2022 diramaikan oleh beragam peluncuran mobil baru. Berbagai Agen Pemegang Merek (APM) memeperkenalkan model teranyarnya untuk bersaing dengan merek lain, sekaligus menarik perhatian konsumen.

Peluncuran mobil baru tahun ini terbilang beragam. Salah satunya adalah pengenalan beragam mobil berbasis elektrik, mulai dari tipe Hybrid hingga full electric. Hal ini berdampak positif dalam meningkatkan kualitas udara di Indonesia.

Sementara pengenalan fitur keselamatan aktif juga cukup populer tahun ini. Dengan demikian bisa diharapkan mengemudi di jalanan bisa lebih aman dan nyaman.

Berikut daftar lengkap mobil baru yang meluncur di tahun 2022:

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

 

Audi hingga Chery

BMW iX GIIAS 2022
BMW iX di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

1.     Audi Q7

Pertama adalah Audi Q7. SUV premium ini mendapatkan pembaruan model tahun ini dan diluncurkan ke publik pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mobil ini mendapatkan berbagai update seperti tampilan baru, ground clearance lebih tinggi dan mesin Mild Hybrid yang lebih efisien.

2.     BMW 220i Coupe

BMW Indonesia memperkenalkan beberapa produk baru di GIIAS 2022. Bagi konsumen pecinta performa dan mobil sedan, BMW menghadirkan 2 Series coupe terbaru yang tampil khas dengan desain lebih modern dan rasa berkendara lebih asyik dan dinamis.

3.     BMW i4

Lalu BMW juga menghadirkan dua Electric Vehicle (EV) di GIIAS 2022. Salah satunya adalah BMW i4 yang mempunyai motor listrik dengan daya 340 hp dan diklaim bisa menjelajah sejauh 580 km dalam sekali pengecasan.

4.     BMW iX

Sementara konsumen yang lebih menyukai SUV bisa melirik BMW iX. Mobil ini diluncurkan bersamaan dengan BMW i4, sebagai pilihan mobil SUV elektrik premium. iX mengusung motor listrik berdaya 326 hp dan mempunyai jarak tempuh 420 km.

5.     BMW 5 Series Touring

Tahun ini BMW juga menghadirkan 5 Series Touring terbaru untuk konsumen pecinta mobil station wagon. Mobil ini debut pada bulan Juni 2022, bersamaan dengan pembukaan BMW Group Training Center yang berlokasi di BSD, Tangerang, Jakarta Selatan.

6.     BMW 218i Gran Coupe

BMW Indonesia menghadirkan 218i pada bulan Februari 2022 silam, sebagai BMW termurah dan dirakit lokal dalam negeri. Sedan berpenggerak roda depan (FWD) ini menjadi pertama kali dipinang oleh Greysia Polii, atlet pebulu tangkis nasional.

7.     BMW X3 M

Pada bulan Juli 2022, BMW Indonesia memperkenalkan dua SUV berperforma beringas sekaligus. Salah satunya adalah BMW X3 M Competition yang mendapatkan update di sisi tampilan dan mesin dengan tenaga 510 hp dan torsi 650 Nm.

8.     BMW X4 M

SUV performa lainnya adalah BMW X4 M Competition yang debut bersamaan dengan X3 M. SUV bergaya coupe ini juga mendapatkan upgrade tampilan mobil “M” yang lebih agresif dan mesin beringas dengan catatan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3.7 detik saja.

9.     Citroen

Citroen resmi kembali ke Indonesia pada bulan Oktober 2022 kemarin. Merek asal Perancis ini dikabarkan akan menghadirkan beberapa produk baru pada awal bulan Desember mendatang. Prediksi mobil yang diluncurkan adalah Citroen C3, Citroen C5 Aircross dan mobil listrik Citroen e-C4.

10. Chery Tiggo 7 Pro

Setelah tampil diri di IIMS 2022, Chery resmi merilis Tiggo 7 Pro pada bulan November 2022. Keunggulan utama SUV ini terletak pada ukurannya yang cukup besar, namun dijual dengan harga cukup terjangkau. Tiggo 7 Pro dibanderol mulai dari Rp 368,5 juta hingga Rp 433,5 juta.

11. Chery Tiggo 8 Pro

Tidak sebatas Tiggo 7 Pro, Chery juga menghadirkan Tiggo 8 Pro di waktu yang sama. SUV bongsor ini ditargetkana sebagai pilihan yang lebih premium, lantaran mempunyai fitur seperti panoramic sunroof, sistem audio premium, desain interior mewah dan sudah dilengkapi sistem Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Daihatsu hingga Honda

Honda HR-V SE
Honda HR-V SE (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

12.  Daihatsu Sirion facelift

Daihatsu memperkenalkan Sirion facelift pada bulan Juni 2022. Mobil ini mendapatkan beberapa pembaruan, seperti desain speedometer baru, fascia depan berbeda dan transmisi otomatis berbasis CVT.

13.  Daihatsu Sigra facelift

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga merilis Daihatsu Sigra facelift sebulan setelah Sirion terbaru debut. LCGC 7 penumpang ini menerima berbagai penyegaran, mulai dari tampilan yang lebih menarik dan interior mewah dengan plafon atap berwarna hitam.

14.  Daihatsu Rocky facelift

Pada gelaran GIIAS 2022, ADM menghadirkan Rocky terbaru. SUV kompak ini disematkan upgrade ringan dari sisi tampilan, di mana aksen Astra Daihatsu Styling (ADS) kini beraksen hitam dan Rocky 1.2 juga mendapatkan pelek berwarna hitam.

15.  Daihatsu Gran Max facelift

Mobil terakhir yang dirilis Daihatsu Indonesia adalah Gran Max facelift. Mobil niaga andalan Daihatsu ini mendapatkan mesin baru yang lebih efisien, penyegaran pada area dasbor dan ukuran pelek yang lebih besar.

16.  Honda Brio RS Urbanite

PT Honda Prospect Motor (HPM) menyegarkan tampilan Brio RS Urbanite pada bulan April 2022. Tipe termahal dari Honda Brio ini mendapatkan pelek berwarna hitam, pilihan warna baru dan spoiler belakang yang lebih agresif.

17.  Honda City Hatchback RS Honda Sensing

Bersamaan dengan peluncuran Brio RS Urbanite, HPM juga menghadirkan Honda City hatchback RS dengan tambahan fitur Honda Sensing. Artinya mobil ini mendapatkan fitur keselamatan baru, mulai dari Lane Keep Assist hingga Adaptive Cruise Control.

18.  Honda HR-V

All New Honda HR-V debut secara online pada bulan Maret 2022. Crossover perkotaan ini berubah total, dengan desain baru serba minimalis dan modern, serta deretan fitur yang lebih lengkap. Bahkan setiap model sudah mendapatkan Honda Sensing.

19.  Honda WR-V

Honda WR-V diperkenalkan pada bulan Oktober 2022. SUV kompak ini hadir sebagai rival baru Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, sekaligus menjadi pilihan SUV termurah Honda saat ini. Kendati demikian WR-V tetap lengkap dengan fitur-fitur terkini, termasuk Honda Sensing di tipe RS termahal.

20.  Honda Accord

HPM juga memberi update ringan pada Honda Accord pada awal tahun 2022. Sedan premium ini menerima beberapa perubahan, di antaranya interior berwarna hitam, sunroof, power windows naik dan turun otomatis dan ambient lighting baru.

 

Hyundai hingga KIA

Hyundai Stargazer test drive
Hyundai Stargazer tipe prime digunakan pada acara test drive (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

21.  Hyundai Stargazer

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) merilis Hyundai Stargazer di GIIAS 2022. LMPV terbaru asal Korea Selatan ini hadir dengan beragam unggulan fitur, seperti interior premium, captain seat di baris kedua dan peranti keselamatan Hyundai SmartSense.

22.  Hyundai Ioniq 5

HMID memperkenalkan mobil listrik Ioniq 5 pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. SUV bergaya unik ini menjadi EV pertama yang dirakit lokal, sekaligus ikut memeriahkan acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

23.  Hyundai Palisade facelift

Merek asal Korea Selatan ini juga menghadirkan Palisade facelift terbaru pada bulan Juli 2022 silam. SUV bongsor ini mendapatkan sejumlah ubahan, termasuk tampilan lebih gagah, interior lebih mewah dan fitur Hyundai SmartSense yang lengkap.

24.  Jaguar i-Pace

Jaguar memboyong SUV elektrik i-Pace ke Indonesia pada bulan Oktober 2022. Mobil SUV bergaya sporti ini mengusung motor listrik dengan daya pacu 400 PS dan torsi 700 Nm. Jarak tempuhnya diklaim mencapai 470 km.

25.  KIA Carens

PT Kreta Indo Artha (KIA) menghadirkan beberapa produk baru di Indonesia. Salah satu yang paling utama adalah KIA Carens sebagai mobil keluarga 7 penumpang. Carens hadir dengan beragam fitur kenyaman menarik, seperti sistem audio buatan BOSE dan ventilated seat untuk penumpang baris pertama.

26.  KIA Sportage

KIA juga mulai menjual Sportage di GIIAS 2022. SUV sekelas Honda CR-V ini mempunyai tampilan unik, interior mewah dan bisa dibilang sebagai pilihan eksklusif, lantaran jumlah unitnya yang terbatas.

27.  KIA Sorento HEV

KIA Sorento HEV juga debut pada gelaran GIIAS 2022. Mobil yang 2022 ini menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang mencari SUV premium, namun membutuhkan mesin yang hemat bahan bakar dan efisien.

28. KIA EV6

Mobil terakhir yang diperkenalkan KIA adalah EV6. Kembaran dari Hyundai Ioniq 5 ini tampil publik di GIIAS 2022 dan resmi diluncurkan di Indonesia pada bulan Desember 2022. EV bergaya serba sleek ini dibanderol Rp 1.299 miliar on the road Jakarta.

 

 

Lexus hingga Mini

Mazda CX-5 Kuro Edition
Mazda CX-5 Kuro Edition di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

29.  Lexus NX

Lexus Indonesia meluncurkan All New NX pada acara otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2022. Crossover premium ini mempunyai tampilan eksterior dan interior baru yang lebih premium, serta tersedia dengan mesin hybrid.

30.  Lexus RX

Pada acara GIIAS 2022, Lexus merilis All New RX. Salah satu SUV premium andalan Lexus ini mendapatkan penyempurnaan dari segi styling dan interior, serta dibenamkan mesin Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

31.  Lexus LX

Lexus juga meluncurkan All New Lexus LX pada bulan Juni 2022. SUV berbodi besar ini mengambil basis dari Toyota Land Cruiser 300 terbaru, namun dengan tampilan dan kemewahan interior dari rancangan Lexus sendiri.

32.  Mazda 2 Sedan

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) memperkenalkan berbagai produk tahun ini. Salah satu yang paling terjangkau adalah Mazda 2 Sedan yang debut pada bulan Juli lalu. Versi sedan dari Mazda 2 ini mempertahankan setiap keunggulan dari versi hatchbacknya, dibalut dengan bodi sedan yang lebih mewah.

33.  Mazda CX-5 facelift

Mazda Indonesia memperkenalkan CX-5 facelift pada bulan April 2022. SUV ini diberikan penyegaran pada sisi tampilan dan interior, termasuk penambahan fitur i-Activesense yang lebih lengkap.

34.  Mazda CX-8 facelift

Bersamaan dengan debut Mazda 2 Sedan, Mazda Indonesia juga merilis CX-8 facelift. SUV premium ini disematkan berbagai update, di antaranya tampilan lebih mewah, sistem i-Activesense dan fitur G-Vectoring Control Plus (GVC) yang meningkatkan rasa berkendaranya.

35.  Mercedes-Benz C-Class

Mercedes-Benz Indonesia memperkenalkan All New C-Class ke publik pada bulan Juli 2022. Sedan ini mendapatkan rombakan total, terlihat dari desain baru yang lebih modern dan interior mewah, didominasi dengan head unit MBUX baru serba besar.

36.  Mercedes-Benz Maybach GLS

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) juga menghadirkan dua mobil baru untuk para “kaum tajir melintir” Indonesia. Yang pertama adalah Mercedes-Benz Maybach GLS yang debut pada bulan Oktober 2022 lalu.

37.  Mercedes-Benz Maybach S-Class

Bersamaan dengan GLS, MBDI juga menghadirkan varian Maybach untuk Mercedes-Benz S-Class. Kedua mobil ini mempunyai desain khas Maybach lebih mewah, berbeda dengan Mercy pada umumnya.

38.  MG 5 GT

Morris Garage (MG) resmi merilis MG 5 GT di IIMS 2022. Sedan bergaya sporti ini mempunyai ukuran bodi cukup besar, namun dijual dengan harga segmen sedan entry level. Selain tampilannya yang unik, MG 5 GT juga mempunyai interior mewah.

39.  Mini Electric

BMW Indonesia memperkenalkan Mini Elektrik pada bulan Juni 2022. Hatchback ini menjadi pilihan menarik bagi pecinta mobil Mini, namun juga menginginkan mobil elektrik murni yang bebas emisi.

Mitsubishi hingga Suzuki

Mitsubishi Xpander Cross
Mitsubishi Xpander Cross di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

40.  Mitsubishi Xpander Cross

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan Xpander Cross facelift di GIIAS 2022. LSUV ini mengusung tampilan baru yang lebih gagah, setir dan speedometer dari Pajero Sport dan mendapatkan fitur Active Yaw Control (AYC).

41.  Mitsubishi L300

MMKSI juga menghadirkan model baru untuk Mitusbishi L300. Mobil niaga andalan Mitsubishi ini kini dibenamkan mesin Euro 4 yang lebih efisien dan ramah lingkungan, dan disematkan beberapa fitur baru di interiornya.

42.  Peugeot 2008

Peugeot Indonesia memperkenalkan compact SUV premiumnya pada bulan Maret 2022. Mobil ini memberikan pengalaman berkendara mewah seperti Peugeot 3008, namun menggunakan bodi yang lebih kompak.

43.  Rolls Royce Black Badge Ghost

Rolls Royce Black Badge Ghost debut sebagai “mainan” baru para Sultan Indonesia pada bulan Mei 2022. Sedan super mewah ini hadir dengan tampilan serba hitam, menunjukkan nuansa premium paling optimal.

44.  Porsche Cayenne E-Hybrid

Porsche Indonesia mmeboyong Cayenne E-Hybrid terbaru pada bulan Mei 2022. SUV premium asal Jerman ini mendapatkan mesin hybrid yang lebih ramah lingkungan dan bertenaga, sekaligus tetap mempertahankan rasa berkendara premiumnya.

45.  Porsche Panamera E-Hybrid

Porsche juga menghadirkan Panamera E-Hybrid terbaru di Indonesia. Debut mobil ini dilakukan bersamaan dengan Cayenne E-Hybrid, di mana mobil ini pada dasarnya adalah versi sedan yang lebih nyaman dan lincah dari Cayenne tersebut.

46.  Porsche 911 Chili Edition

Mobil terakhir yang diperkenalkan merek mobil sports asal Jerman ini adalah Porsche 911 Chili Edition. Versi cabai ekslusif hadir di Indonesia dengan pilihan warna menarik, mulai dari putih dengan aksen merah, silver dengan aksen merah atau hitam dengan aksen hijau.

47.  Suzuki Ertiga Hybrid

Suzuki Indonesia secara resmi merilis Ertiga Hybrid pada bulan Juni 2022. LMPV ini mendapatkan mesin baru berteknologi mild hybrid yang diklaim meningkatkan efisiensi mesin dan lebih hemat bahan bakar.

48.  Suzuki Baleno facelift

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan Baleno facelift di gelaran GIIAS 2022. Hatchback perkotaan ini disematkan beragam perubahan baru, mulai dari tampilan berbeda, interior modern dan bahkan mesin baru yang lebih bertenaga.

49.  Suzuki S-Presso

Bersamaan dengan Baleno, SIS juga merilis S-Presso sebagai mobil termurahnya di Indonesia. S-Presso menjadi city car mungil nan sederhana bergaya SUV, dengan harga setara mobil kelas LCGC.

Subaru hingga Toyota

Toyota Innova Zenix Hybrid (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)
Meski resmi diproduksi, All New Toyota Innova Zenix belum resmi diluncurkan ke publik.

50.  Subaru Forester

Subaru Indonesia meluncurkan Forester sebagai mobil pertamanya saat kembali ke Indonesia. SUV yang diperkenalkan pada bulan Mei 2022 ini hadir dengan spesifikasi lengkap dan mempunyai penggerak empat roda (4WD).

51.  Subaru XV

Pada acara otomotif GIIAS 2022, Subaru juga merilis dua produk barunya. Pertama adalah Subaru XV yang diposisikan sebagai compact SUV sekelas Toyota C-HR dan Honda HR-V. Layaknya mobil Subaru, New XV juga mempunyai 4WD.

52.  Subaru BRZ

Mobil Subaru berikutnya yang diperkenalkan pada GIIAS 2022 adalah All New BRZ. Kembaran Toyota GR86 ini mengusung mesin 2.400cc yang lebih bertenaga dibanding model sebelumnya dan bisa dipinang dengan girboks manual atau otomatis.

53.  Toyota Calya facelift

Toyota Calya facelift debut bersamaan dengan Sigra facelift. LCGC 7 penumpang ini mendapatkan update dari segi tampilan dan interiornya, termasuk plafon warna hitam yang membuat kabin mobil ini terasa lebih premium.

54.  Toyota Kijang Innova Zenix

PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan Kijang Innova Zenix terbaru di bulan November 2022. Salah satu MPV terlaris Toyota ini berubah total menjadi penggerak roda depan, tersedia dengan mesin bensin hybrid dan sudah tidak lagi dijual dengan mesin diesel maupun opsi transmisi manual.

55.  Toyota bZ4X

Sebelum Innova Zenix debut, Toyota meluncurkan bZ4X di Indonesia. Mobil ini menjadi EV pertama Toyota di tanah air, mengingat Toyota sebelumnya lebih banyak menjual mobil hybrid.

56.  Toyota C-HR Hybrid

TAM memberikan update pada C-HR hybrid di bulan Mei 2022. Crossover bergaya unik ini mempunyai tampilan baru dan kini tersedia dengan peranti keselamatan Toyota Safety Sense (TSS).

57.  Toyota Fortuner 2.8

Pada bulan Januari 2022, TAM memperkenalkan Fortuner baru dengan mesin 1GD-FTV 2.800cc diesel. Mesin tersebut meningkatkan performa Fortuner, terutama dengan catatan torsi sebesar 500 Nm.

58.  Toyota Land Cruiser 300

Bersamaan dengan debut Fortuner 2.8, Toyota juga menghadirkan All New Land Cruiser 300. SUV bongsor ini bisa dipinang dengan trim mewah VX-R atau tipe GR-S yang lebih tangguh untuk para pecinta off-road.

59.  Toyota Vios

Toyota juga meluncurkan All New Vios pada bulan Oktober 2022. Sedan entry level ini mendapatkan tampilan yang lebih modern dan sporti, interior mewah, serta lebih lengkap dengan adanya firut TSS.

60.  Toyota GR86

Toyota GR86 debut pada acara GIIAS 2022. Sports car ini menyandang mesin baru yang lebih bertenaga, ukuran bodi yang lebih besar, interior baru dan beberapa penyempurnaan pada sektor kaki-kakinya.

61.  Toyota Voxy

Mobil terakhir yang diperkenalkan Toyota adalah Voxy yang dirilis di bulan Januari 2022. MPV boxy ini tampil lebih modern dan mewah, sekaligus disematkan fitur TSS. Namun Voxy terbaru tidak mendapatkan panoramic sunroof seperti model sebelumnya.

VW hingga Wuling

Wuling Almaz Hybrid
Wuling Almaz Hybrid (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

62.  VW T-Cross

Volkswagen (VW) menjadi merek Eropa pertama yang terjun dalam segmen SUV kompak premium. Pada bulan Februari 2022, VW menghadirkan T-Cross sebagai produk terabarunya. Beberapa keunggulan mobil ini termasuk inteirior modern, sunroof dan adanya pendingin kursi depan.

63.  Wuling Cortez

Wuling meluncurkan Cortez terbaru pada bulan Maret 2022. MPV asal Tiongkok ini menerima pembaruan di sisi interiornya, di mana panel-panel mendapatkan aksen warna hitam baru, tersedia meja lipat di baris kedua dan head unit baru.

64.  Wuling Almaz Hybrid

Wuling resmi merilis Almaz Hybrid pada bulan November 2022. SUV ini menjadi lebih irit dengan adanya mesin hybrid baru. Sementara ubahan lainnya mencakup aksen-aksen biru di eksterior, speedometer digital, tuas transmisi baru dan interior kini berwarna coklat.

65.  Wuling Air ev

Wuling juga menghadirkan mobil listrik pertamanya di Indonesia melalui Air ev. Mobil mungil yang debut di GIIAS 2022 ini menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang mencari EV dengan harga terjangkau, lantaran Air ev dijual kurang dari Rp 300 juta.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya