Wuling Punya SUV yang Jadi Rival Suzuki Jimny, Tapi Mesinnya Full Listrik

Oleh Arendra Pranayaditya pada 02 Des 2022, 09:03 WIB
Diperbarui 02 Des 2022, 09:03 WIB
Baojun SUV 4x4
Spyshot Baojun (sub-brand Wuling) SUV listrik baru sedang tes jalan (xcar.com)

Otosia.com, Jakarta Wuling akan memperkenalkan lebih banyak lagi model listrik. Di Indonesia, merek ini sudah meluncurkan Battery Electric Vehicle (BEV) Wuling Air ev dan versi hybrid untuk Wuling Almaz.

Sedangkan di Tiongkok, mereka lebih condong untuk memperoduksi mobil ramah lingkungan, mulai dari Baojun RS-5 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) hingga Wuling Mini EV, mengikuti regulasi di negaranya.

Kini Wuling segera akan menghadirkan produk baru lagi dalam bentuk BEV. Melansir carnewschina.com, Rabu (30/11/2022), SUV elektrik tak bernama ini digadang-gadang menjadi rival Suzuki Jimny.

Video Paling Dicari saat Ini

 

 

 

Sedang Tes Jalan

Baojun SUV 4x4
Mobil listrik mungil Baojun SUV 4x4 baru, digadang-gadang jadi rival Suzuki Jimny (xcar.com)

SUV mungil elektrik ini terciduk sedang tes jalan di suatu tempat di Tiongkok. Lantaran masih dalam tahap pengetesan, mobil ini masih tertutup selubung kamuflase.

Meski demikian, spyshot tersebut menunjukkan beberapa detail menarik. Sebagai contoh DRL LED depan berupa sepasang garis kecil. Sedangkan lampu belakang mempunyai desain mirip dengan teaser yang disebarkan beberapa waktu lalu.

Begitu juga dengan bentuk bodi dan atap serba mengotak dan ada rear upper spoiler di bagian belakang. Yang menarik, over fender roda terlihat lebih besar dan menonjol keluar.

 

Spesifikasi

SUV listrik terbaru Baojun
SUV listrik terbaru Baojun (carnewschina.com)

SUV tersebut dikabarkan akan menggunakan nama ‘Kiwi’ ketimbang Wuling atau Baojun. Hal ini boleh jadi menandakan Wuling akan membuat nama 'Kiwi' sebagai brand tersendiri.

Soal performa, SUV ini mempunyai spesifikasi yang lebih mumpuni dibanding mobil listrik mungil  Wuling atau Baojun lainnya. Pasalnya, mobil ini memiliki sepasang motor listrik yang menghasilkan output 50 PS.

Dapur pacu listrik tersebut juga digunakan untuk mengoperasikan setiap roda, membuat mobil ini berpenggerak empat roda (4WD) dan bebas emisi.

 

Suzuki Jimny

Suzuki Jimny IIMS 2019
Suzuki Jimny tampil publik di ajang otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Sementara itu, Suzuki Jimny sendiri mempunyai bodi serba mengotak, namun ukuran bodi yang lebih besar membuat mobil ini terlihat lebih tangguh.

Suzuki Jimny mempunyai panjang 3.625 mm, lebar 1.645 mm dan tinggi 1.720 mm, membuatnya sebagai salah satu model offroad paling kompak. Sedangkan jarak antar sumbu roda 2.250 mm membuat Jimny lebih handal untuk melintasi tanjakan dan turunan terjal.

Beberapa deretan fitur Suzuki Jimny termasuk lampu-lampu LED, cruise control, AC digital otomatis dengan pemanas, head unit multifungsi, audio steering switch, Traction Control, Hill Start Assist, Hill Descent Control dan sepasang airbags di dasbor.

Performa dan Harga Suzuki Jimny

Interior Suzuki Jimny
Interior Suzuki Jimny (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Suzuki Jimny mengandalkan mesin 1.500cc K15B naturally aspirated dengan semburan tenaga 102 PS dan torsi 130 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke setiap roda (4WD) melalui transmisi manual 5 percepatan atau girboks otomatis 4 percepatan.

Berikut daftar harga Suzuki Jimny di Indonesia:

• Suzuki Jimny MT Single Tone Rp 429.500.000

• Suzuki Jimny AT Single Tone Rp 442.100.000

• Suzuki Jimny MT Two Tone Rp 432.500.000

• Suzuki Jimny AT Two Tone Rp 445.100.000

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya