Pekan Depan Citroen Luncurkan 3 Mobil Sekaligus, Ada Penantang Toyota Raize dan Kendaraan Listrik

Oleh Nazarudin Ray pada 30 Nov 2022, 14:02 WIB
Diperbarui 30 Nov 2022, 14:02 WIB
Pekan Depan Citroen Luncurkan 3 Mobil Sekaligus, Ada Penantang Toyota Raize dan Kendaraan Listrik
Citroen C3 pernah diperlihatkan ke awak media beberapa waktu lalu (Otosia/com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta PT Indomobil Wahana Trada anak perusahaan Indomobil Group dipastikan meluncurkan tiga model Citroen pada pekan depan, satu di antaranya merupakan mobil listrik.

Berdasarkan undangan yang diterima redaksi Otosia.com. Rabu (30/11/2022), ketiga mobil yang diluncurkan pada Rabu, 7 Desember mendatang di salah satu mall di Jakarta Selatan tersebut adalah Citroen C3, C5, dan e-C4.

Khusus Citroen C3, mobil bergaya funky ini diposisikan sebagai entry level SUV sebagai rival dari Renault Kiger dan Nissan Magnite di negeri Bollywood. Nantinya Citroen C3 bakal bersaing dengan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize di tanah air.

Video Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

 

Kembali ke Indonesia

Pekan Depan Citroen Luncurkan 3 Mobil Sekaligus, Ada Penantang Toyota Raize dan Kendaraan Listrik
Tampilan kabin Citroen C3 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Sebelumnya diberitakan, Citroen telah resmi kembali ke Indonesia dan opetrasionalnya berada di bawah bendera Indomobil Group. Saat jumpa pers beberapa waktu lalu Citroen menampilkan tiga produk unggulan, yakni Citroen C3, Citroen C5 Aircross dan Citroen e-C4 sebagai mobil listrik.

Dari deretan mobil tersebut, Citroen C3 menjadi tawaran mobil termurah brand asal Perancis ini. Kedatangannya hanya tinggal menunggu waktu.

Selain C3, Citroen juga mengungkapkan bahwa mereka akan menghadirkan dua mobil lagi di Indonesia. Kedua mobil yang bakal diboyong tersebut kelak akan dijual dengan harga bersahabat.

Lebih tepatnya pada angka di bawah Rp 300 juta. Hal ini terbilang sebagai salah satu cara Citroen untuk menarik perhatian masyarakat Indonesia yang cenderung lebih mengarah ke kelas menengah ataupun ke bawah.

Dua Model di bawah Rp 300 Juta

Sementara Citroen C5 dan mobil listrik Citroen e-C4 akan diperkenalkan sebagai top of the line model untuk segmen menengah ke atas. “Kalau kita bicara produk, C5 dan e-C4 itu merupakan halo car,” jelas Vincent Cobee, Chief Executive Officer (CEO) of Citroen beberapa waktu lalu.

Yang menarik, Citroen C3 bukan satu-satunya produk yang akan dijual dengan harga di bawah Rp 300 juta. Vincent menjelaskan bahwa Citroen akan menyiapkan dua model lagi, yang nantinya akan dijual pada rentang harga yang sama di Indonesia.

Namun saat ditanya lebih spesifik terkait model apa yang akan diperkenalkan, Vincent enggan menjawab lebih banyak.

Dengan demikian belum diketahui apakah Citroen akan memboyong mobil tipe hatchback, sedan, SUV atau bahkan mobil sekelas LMPV, mengingat segmen ini paling gemuk di Indonesia.

“C3 dan dua produk lainnya itu yang nanti akan diposisikan di harga di bawah Rp 300 juta. Untuk model kedua, mobil itu masih rahasia,” tukas Vincent.

Spesifikasi Citroen C3

Citroen C3 terbilang mobil bergaya funky, diposisikan sebagai entry level SUV rival Renault Kiger dan Nissan Magnite di negeri Bollywood. Dengan demikian, Citroen C3 bakal bersaing dengan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize di tanah air.

Citroen C3 pertama kali diperkenalkan di India pada bulan Juli 2022 kemarin. Mobil ini menyodorkan tampilan serba modern dan unik, dengan banyak campuran warna. Sebagai contoh adalah atap berwarna oranye, bodi berwarna putih dan body cladding hitam.

Secara kelengkapan, mobil ini dibekali head unit berukuran 10.25 inci, dasbor berdesain unik, DRL LED, ground clearance 180 mm, radius putar balik 4.98 m.

Performa dan Harga

Paket keselamatan Citroen C3 cukup sederhana. Mobil ini sudah dilengkapi sepasang airbags di dasbor, ISOFIX, ABS, EBD, serta sensor parkir belakang. Namun fitur seperti Vehicle Stability Control masih absen di mobil ini.

Citroen C3 tersedia dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah jantung pacu 1.200cc naturally aspirated dengan semburan tenaga 82 PS dan torsi 115 Nm. Sedangkan opsi lainnya adalah mesin 1.200cc turbo dengan output 110 PS dan torsi 190 Nm.

Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual 5 percepatan untuk mesin 1.200cc naturally aspirated atau girbokas manual 6 percepatan untuk mesin 1.200cc turbo. Belum diketahui apakah C3 tersedia dengan transmisi otomatis atau tidak.

SUV perkotaan ini dibanderol mulai dari 571.000 Rupee atau Rp 106,8 juta (dengan kurs 1 Rupee = Rp 187,09) hingga 815.000 Rupee atau Rp 152,4 juta.

Citroen C5

Selain C3, mobil berikutnya adalah Citroen C5 Aircross. SUV bongsor ini diposisikan sebagai rival dari Hyundai Tucson, Jeep Compass dan VW Tiguan di India. Citroen C5 Aircross akan bersaing dengan Mazda CX-5, Subaru Forester, MG HS dan Wuling Almaz, jika dijual di Indonesia.

Berbeda dengan Citroen C3, C5 Aircross dijual sebagai SUV premium serba nyaman. Dengan demikian tampilan mobil ini lebih elegan dan mewah, namun mempertahankan unsur desain khas Citroen.

Mobil ini disematkan berbagai fitur, di antaranya keyless entry, speedometer digital, head unit berukuran 25.4 cm, kamera mundur, grip control, lampu pencahayaan LED, park assist, blind spot monitoring, wireless charger dan panoramic sunroof.

Citroen C5 Aircross hanya ditawarkan dengan mesin diesel di India. Lebih tepatnya jantung pacu 2.000cc yang sanggup menyemburkan tenaga 177 PS dan torsi 400 Nm. SUV ini dijual dengan harga 3.667.000 Rupee atau Rp 686 juta.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya