Andalkan Triton, Mitsubishi Ralliart Finish di Posisi Pertama AXCR 2022

Oleh Nazarudin Ray pada 28 Nov 2022, 21:27 WIB
Diperbarui 28 Nov 2022, 21:28 WIB
Mengandalkan Triton, Mitsubishi Ralliart Finish di Posisi Pertama AXCR 2022
Triton melibas medan berat Thailand dan Kamboja di AXCR 2022 (ist)

Otosia.com, Jakarta Tim Mitsubishi Ralliart berhasil finishh di posisi pertama secara keseluruhan pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022. Pada kejuaraan ini tim menerima dukungan teknis dari Mitsubishi Motors,

Dengan jarak total 1.524 kilometer, termasuk 637 km special stages (SS), pembalap Chayapon Yotha (Thailand) yang membesut Mitsubishi Triton finishh di posisi pertama secara keseluruhan, dengan total waktu 8 jam, 22 menit, dan 42 detik.

Sementara pembalap Rifat Sungkar dari Indonesia finishh di posisi kelima, tertinggal 17 menit 14 detik dari pemimpin klasemen.

Video Paling Dicari saat Ini

 

Mempertahankan Keunggulan

Mengandalkan Triton, Mitsubishi Ralliart Finish di Posisi Pertama AXCR 2022
Tim Mitsubishi Ralliart 2022 mendapat dukungan penuh dari Mitsubishi Motors Jepang (ist)

Chayapon Yotha, mengendarai mobil Triton #105, finish kelima di SS1 pada hari pertama. Pada hari kedua, ia mencatat waktu tercepat di SS2, SS terpanjang AXCR tahun ini dengan lintasan 203 km, dan naik ke posisi keseluruhan teratas.

Setelah itu, kinerja mengemudi yang kuat dan handling Triton yang gesit membantunya menyelesaikan SS3 di urutan ketujuh, SS4 di urutan keenam, SS5 di urutan kelima, dan SS6 di urutan kelima.

Dia dia mempertahankan keunggulan yang telah dia bangun di SS2 untuk mengambil kemenangan keseluruhan.

 

Terkendala Ban

Mengandalkan Triton, Mitsubishi Ralliart Finish di Posisi Pertama AXCR 2022
Triton memberikan tenaga berkendara yang kuat saat digunakan pada AXCR 2022 (ist)

Sedangkan Rifat Sungkar di mobil #118 finish SS1 di posisi keenam setelah rekan setimnya. Dia mengincar posisi yang lebih tinggi, tetapi setelah menderita ban kempes dan kerusakan sasis berikutnya di SS2, dia turun ke posisi kedelapan.

Pekerjaan perbaikan tim memungkinkannya untuk melanjutkan reli keesokan harinya. Rifat akhirnya finish keempat di SS3, kelima di SS4, keempat di SS5, dan ketujuh di SS6.

Rifat kemudian menyelesaikan reli di urutan kelima secara keseluruhan sambil membuktikan ketangguhan Triton. "Yang saya tanggapi adalah saya merasa beruntung sekali dan sangat bisa dibilang tersanjung menjadi bagian tim ini. Sejujurnya saya tidak punya pengalaman sama sekali. Cuma saya yakin Mitsubishi punya mobil hebat dan tim yang kuat," tukas Rifat.

Sakchai Hantrakul di mobil #119 dinyatakan positif COVID-19 setelah SS1 dan sayangnya harus menghentikan reli.

 

Spesifikasi Mendekati Mobil Produksi

Sementara itu Hiroshi Masuoka, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart mengatakan, untuk AXCR tahun ini, Mitsubishi membangun reliabilitas dan durabilitas Triton yang tinggi dengan menyetel mesin dan sasis, serta memasuki reli dengan spesifikasi yang relatif mendekati mobil produksi.

“Meski begitu, kedua mobil reli Triton memberikan tenaga berkendara yang kuat, dan saya sangat bangga dengan hasil akhir kami yang tinggi. Performa luar biasa datang dari para pembalap, yang mampu mengekstraksi performa Triton dan menunjukkan kepada kami beberapa pengendaraan yang hebat, para insinyur yang bekerja setiap hari untuk melakukan penyetelan kendaraan dengan sempurna, semua staf yang memberikan dukungan, dan pengetahuan yang telah dikumpulkan Mitsubishi Motors selama bertahun-tahun,” ungkap Masuoka

Menurut dia Kunci dari semua itu adalah dukungan luar biasa dari sponsor dan pesan dukungan penuh semangat yang diterima dari para penggemar di seluruh dunia. “Kami ingin menambah pengetahuan yang kami peroleh melalui partisipasi kami di AXCR kembali ke pengembangan kendaraan produksi, dan membangun kendaraan Mitsubishi yang lebih tangguh, lebih bertenaga, dan lebih andal," paparnya.

 

Reli AXCR 2022

Setelah absen selama tiga tahun, AXCR dimulai pada tanggal 21 November di Buriram, di bagian timur laut Thailand, di mana SS pertama dari reli dan seremonial start diadakan. Babak 1 pada tanggal 22 November hingga Babak 3 pada tanggal 24 November termasuk SS yang berlokasi di area sekitar Buriram.

Babak 4 pada tanggal 25 November menampilkan reli melintasi perbatasan ke Kamboja setelah menyelesaikan SS di sekitar Buriram. Ssedangkan babak 5 pada tanggal 26 November berakhir di tujuan seremonial yang spektakuler di dekat Angkor Wat, objek wisata terkenal di Siem Reap, Kamboja.

Paruh pertama reli di Thailand sebagian besar terdiri dari etape berkecepatan tinggi di jalan beraspal yang kasar dan kering, sedangkan babak kedua lebih menantang dengan genangan air yang besar dan dalam yang tersebar di jalan berlumpur yang disebabkan oleh hujan lebat, dan jalur yang lebih sulit dibandingkan dengan lima tahapan sebelumnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya