Sebelum Resmi Dirilis, Ternyata Kehadiran Toyota Innova Zenix Sempat Bikin Ketar-ketir

Oleh Ahmad Muzaki pada 25 Nov 2022, 19:30 WIB
Diperbarui 25 Nov 2022, 19:48 WIB
Toyota Innova Zenix (Otosia/Ahmad Muzaki)
Toyota Innova Zenix (Otosia/Ahmad Muzaki)

Otosia.com, Jakarta PT Toyota Astra Motor (TAM) telah meluncurkan All New Toyota Innova Zenix pada Senin (21/11/2022) lalu. Namun siapa sangka, kehadiran mobil terbaru ini sempat bikin ketar-ketir, terutama soal efisiensi bahan bakar dan performanya.

Kekhawatiran akan hal ini disampaikan oleh Branch Manager Auto 2000 Kertajaya Faris Hengky Irawan dalam Media Gathering Launching All New Kijang Innova Zenix di Coffee Cafe - Grand Mercure Hotel, Malang pada Jumat (25/11/2022).

"Khusus di Jawa Timur, masyarakat kita kan sukanya diesel kemarin sempat ada kekhawatiran, terus gimana efisiensi penggunaan bahan bakar gasoline," terangnya.

Video Terpopuler saat Ini

Tenaga Sempat Diragukan

Namun ia memastikan bahwa penggunaan mesin bensin pada Innova Zenix akan lebih efisien. Apalagi perbedaan harga Pertamina Dex dan bensin tak terlalu jauh.

"Lebih efisian penggunaan gasoline, jarak penggunaannya pun gak beda jauh dengan diesel saat ini. Apalagi kini harga Pertamina Dex dengan gasoline tak terlalu jauh," imbuhnya.

Ternyata tak hanya itu saja, terkait performa pun sempat diragukan juga. Sekali lagi Faris Hengky Irawan memastikan bahwa Innova Zenix tak akan mengecewakan.

"Muncul keraguan terkait tenaga, tenaga itu gak ada problem sama sekali. Tidak ada keraguan sama sekali menggunakan gasoline, apalagi ini (Zenix) sangat lega dalamnya, lebih kedap suara, dan nyaman," katanya.

Eksterior

Toyota Innova Zenix mempunyai desain serba tangguh. Fascia depan mengusung desain mirip SUV melalui desain grille trapezoidal mewah dan lampu LED tipis yang memberikan kesan dinamis dan modern. Profil desain yang kokoh dan solid dengan lekukan tegas disertai pilar A yang lebih tegak, menyiratkan penampilan sebuah crossover yang maskulin dan berkelas.

Panjang Innova Zenix mencapai 4.755 mm dan wheelbase hingga 2.850 mm. Posisi velg lebih dekat ke sudut bumper dan profil bodi terlihat kokoh dengan side body moulding dan rocker body moulding serta velg yang berukuran besar. Tipe Q HV menggunakan velg alloy 18 inch, tipe V memakai velg alloy 17 inch, dan tipe G beralaskan velg alloy 16 inch.

Sektor buritan tampil khas crossover terlihat dari desain bodi yang kokoh dan modern, sudut pilar D lebih landai, serta diperkuat oleh diffuser dan rear spoiler yang menimbulkan kesan powerful dan modern. Lalu aksen lebar dan stabil juga terlihat nyata sehingga menguatkan profil sebuah crossover multiguna dengan tampilan eksklusif.

Interior

Interior Toyota Kijang Innova Zenix kini terlihat lebih mewah dan premium disbanding model sebelumnya. Banyaknya perubahan pada mobil ini juga berkontribusi pada konsep desain yang digunakan dan posisi berkendara yang ideal.

Tinggi panel instrumen dibuat sejajar dengan tinggi panel pintu untuk memberikan nuansa berkendara yang luas. Posisi duduk driver yang pas meningkatkan rasa percaya diri di jalan dan memudahkan interaksi dengan penumpang.

Ditambah dimensi kabin yang ekstra lapang, kenyamanan berkendara sangat dirasakan di dalam. Atmosfer berkelas disajikan oleh panoramic roof disertai light illumination yang memberikan kesan teduh dan tenang pada tipe Q HV dan V HV.

All New Toyota Innova Zenix juga dilengkapi banyak panel soft touch berbahan kulit ditambah beragam aksen interior yang meningkatkan kesan premiumnya. Fitur lain termasuk MID 7 inci, head unit 10 inci untuk tipe Q dan V atau 9 inci untuk tipe G, serta 10 inch Dual Rear Seat Entertainment with Internet Connection.

Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB+BH) menjadi fitur standar di semua model, termasuk pula Start Stop Button + Smart Entry dan AC dual zone. Khusus seluruh model Q HV, penumpang mendapatkan wireless charger, 4 USB C slot, serta kursi captain seat dengan senderan paha ottoman.

Pilihan mesin

All New Kijang Innova Zenix menggunakan mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine yang efisien dan powerful. Dapur pacu 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i ini menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 rpm.

Sementara opsi lainnya mengandalkan jeroan TNGA 2.0L berkode M20A-FXS pada All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm. Menariknya, ketika melaju kinerja mesin 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i ini akan diperkuat oleh motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 Kgm sehingga menghasilkan tenaga gabungan 186 PS pada sistem.

Motor listrik yang compact juga dikembangkan komponen di dalamnya untuk meningkatkan power output. Sedangkan baterai hybrid Ni-MH kini dikemas dalam paket yang kompak dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin.

Setiap model Toyota Kijang Innova Zenix sudah berpenggerak roda depan (FWD) dengan transmisi CVT 10 percepatan direct shift.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya