Daihatsu Terciduk Patenkan Mobil Mungil di Indonesia, Bentuknya 'Cantik'

Oleh Arendra Pranayaditya pada 25 Nov 2022, 14:02 WIB
Diperbarui 25 Nov 2022, 14:02 WIB
Daihatsu Move Canbus
Daihatsu Move Canbus (DJKI Kemenkumham, Daihatsu)

Otosia.com, Jakarta Daihatsu sebelumnya sempat mendaftarkan beberapa paten mobil kei car di Indonesia. Kumpulan paten ini terdaftar pada Berita Resmi Desain Industri No. 08/DI/2022 di situs Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham.

Ada tiga paten yang didaftarkan. Pertama tercatat pada nomor permohonan A00202200558 dan A00202200559 yang diduga kuat sebagai Daihatsu Hijet di Jepang.

Kemudian pada nomor permohonan A00202200556 adalah Daihatsu Hijet Cargo dan nomor permohonan A00202200557 kemungkinan besar adalah Daihatsu Atrai Deck.

Kini merek yang sama ditemukan mendaftarkan paten mobil kei car lagi di Indonesia. 

 

Video Terpopuler saat Ini

Kei car misterius

Paten Daihatsu Move Canbus
Paten Daihatsu Move Canbus (DJKI Kemenkumham)

Dalam Berita Resmi Desain Industri No. 36/DI/2021 dengan tanggal terbit 22 November 2022, terdaftar sebuah paten mobil kei car misterius dari Daihatsu. Nomor permohonannya adalah A00202203851, yang diajukan oleh Daihatsu Motor Co., Ltd.

Meski didaftarkan tanpa informasi terkait model dan spesifikasi, mobil ini diduga kuat sebagai kei car berbodi imut bernama Daihatsu Move Canbus.

Seluruh informasi terkait kei car ini bisa diakses pada situs resmi daihatsu.co.jp.

 

Daihatsu Move Canbus

Daihatsu Move Canbus
Daihatsu Move Canbus Theory (Daihatsu)

Sama seperti kei car keluarga pada umumnya, Daihatsu Move Canbus mempunyai desain boxy, namun digabungkan dengan elemen-elemen membulat.

Mobil ini tampil unik di mana beberapa model bisa dipinang dengan warna atap, kap mesin hingga grill depan dibuat berwarna putih, sekilas terlihat seperti warna two tone VW Bus lawas tahun 1960-1970an.

Sementara pintu samping model sliding doors untuk memudahkan akses keluar masuk penumpang belakang, terutama di tempat parkir yang sempit. Bodi serba mengotak ini juga memberikan tingkat kepraktisan yang baik.

Interior nyaman

Interior Daihatsu Move Canbus
Interior Daihatsu Move Canbus (Daihatsu)

Interior Daihatsu Move Canbus terlihat retro dan unik. Bagian dasbor terlihat sederhana dengan head unit floating, konsol tengah untuk tuas transmisi dan panel AC, serta adanya tempat landai yang bisa digunakan untuk menaruh berbagai barang kecil.

Desain interior mobil ini disesuaikan dengan bodi luar, lantaran bagian kursi, panel pintu dan dasbor bisa dibedakan satu dengan lainnya.

Fitur-fitur lainnya mencakup tempat penyimpanan kecil, wireless charger di dasbor, AC digital otomatis, armrest untuk penumpang baris pertama, head unit multifungsi, MID TFT digital, serta kursi depan yang bisa dilipat datar untuk membuat tempat tidur.

Keselamatan

Fitur keselamatan Daihatsu Move Canbus
Ilustrasi fitur keselamatan Daihatsu Move Canbus (Daihatsu)

Daihatsu Move Canbus juga lengkap dari segi keselamatan. Mobil ini sudah disematkan peranti keselamatan aktif Smart Assist yang mencakup Adaptive Cruise Control, Auto Emergency Braking, Sign Recognition, dan masih banyak lagi.

Kendaraan ini juga mendapatkan fitur keselamatan lainnya, seperti 6 airbags, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, kamera 360 dan Emergency Stop Signal.

Performa dan harga

Daihatsu Move Canbus
Daihatsu Move Canbus Stripes (Daihatsu)

Kei car mungil tersebut tersedia dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah jeroan 660cc KF-VE tiga silinder naturally aspirated dengan tenaga 52 PS dan torsi 60 Nm. Opsi mesin lainnya adalah 660cc turbo KF-DET yang menghasilkan output 64 PS dengan torsi 100 Nm.

Setiap model bisa dipinang dengan penggerak roda depan (FWD) atau penggerak empat roda (4WD) dan pilihan transmisi yang tersedia sebatas CVT.

Daihatsu Move Canbus dibanderol mulai dari 1.496.000 Yen atau Rp 168,7 juta (dengan kurs 1 Yen = Rp 112,80) untuk tipe X, dan 1.793.000 Yen atau Rp 202,4 juta untuk varian termahal G Turbo.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya