Bidik Segmen Premium, Chery Belum Tertarik Pasarkan SUV Kecil

Oleh Nazarudin Ray pada 25 Nov 2022, 17:05 WIB
Diperbarui 25 Nov 2022, 17:05 WIB
Bidik Segmen Premium, Chery Belum Tertarik Pasarkan SUV Kecil
Prosesi peluncuran Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro di Jakarta (Otosia.com/Nazar Ray)

Otosia.com, Jakarta Cerita soal merek mobil Chery yang kembali masuk ke Indonesia menjadi sesuatu yang baru. Publik seolah diingatkan bahwa perubahan dan penyegaran citra dimungkinkan, dan mereka coba membuktikan dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi.

Salah satu faktornya adalah karena kompetitor mereka sendiri sudah membuktikan bagaimana pasar di Indonesia cocok dengan langkah mereka.

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

Percaya Diri di Indonesia

Bidik Segmen Premium, Chery Belum Tertarik Pasarkan SUV Kecil
Chery Tiggo 7 Pro sasar konsumen muda (Otosia.com/Nazar Ray)

"Kami Chery tetap percaya diri memasuki pasar Indonesia. Kami belajar dari kompetitor. Dalam dua tahun, penjualan global kami naik atau tumbuh. Dari 100 ribu unit, sekarang mencapai 200-270 ribu unit secara global," kata Shawn Xu, President Director PT Chery Motor Indonesia.

Dari sederet mobil yang diperlihatkan oleh Chery ke publik, mereka selazimnya memberikan kode angka untuk menandakan ukuran kendaraan.

Yang kecil adalah sebuah SUV bernama Tiggo 2 Pro dan Tiggo 4 Pro. Namun mereka justru tidak membawanya masuk ke Indonesia, dan justru membawa tipe-tipe teratas.

Bidik Pasar SUV Premium

Bidik Segmen Premium, Chery Belum Tertarik Pasarkan SUV Kecil
Tiggo 8 Pro menawarkan kenyamanan dan kemewahan SUV keluarga (Otosia.com/Nazar Ray)

Pengembangan mobil mereka pun bukan pula membidik kendaraan-kendaraan sekelas Ertiga, Avanza-Xenia sebagai perwakilan dari MPV atau mungkin kelas Brio atau bahkan Hyundai i10 sebagai pilihan city car.

Membidik pasar premium, mereka pun menggelontorkan model-model SUV atas. Sebut saja Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro yang juga sedang dibahas. Kehadiran SUV premium di awal terkait dengan daya dongkrak akan citra mereka sebelumnya.

"Kami entry market dengan produk premium. Kami butuh untuk membangun image. Itulah kenapa kami membawa masuk SUV Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro ke sini, bukan Tiggo 2, dan lainnya," ujarnya.

 

Peluncuran Chery Tiggo 7 dan 8 Pro

PT Chery Sales Indonesia akhirnya resmi meluncurkan Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro, Rabu kemarin (23/11/2022) di Jakarta. 

Pada acara peluncuran ini, Chery mengangkat tema “Meet Tiggo Meet Tech” yang membawa pesan bahwa Tiggo Pro Series hadir untuk pasar Indonesia dengan fitur-fitur teknologi terkini, yang menjadikannya sebagai acuan baru untuk tren SUV premium. 

“Keyakinan kami kuat karena keduanya merupakan produk yang kami bangun melalui penelitian panjang serta pengembangan teknologi dan desain yang menyeluruh. Kami juga telah mempelajari pasar SUV premium dan melihat apa yang harus ditawarkan kepada konsumen, yaitu keunggulan teknologi yang diterapkan di semua fitur, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara yang maksimal, serta mendukung gaya hidup mereka yang aktif, dinamis, dan fashionable,” kata Shawn Xu

Memperkenalkan tipe SUV premium kepada pasar Indonesia merupakan salah satu strategi Chery memasuki industri otomotif Indonesia untuk memberikan pilihan mobil unggulan berkualitas yang dapat memenuhi gaya hidup masyarakat urban yang menginginkan kendaraan yang tidak hanya mewah tetapi juga fungsional.

Sasar Konsumen Muda

Menargetkan masyarakat elit urban, Tiggo 7 Pro akan mengisi pasar kelas SUV premium, dengan konfigurasi teknologi yang mumpuni, eksterior dan interior yang fashionable, serta fitur-fitur keamanan yang memberikan kenyamanan saat berkendara.

Tiggo 7 Pro mengimplementasikan skema desain Tiggo family secara menyeluruh, yang terlihat mulai dari tampilan grille depannya yang berkonsep "Angle Wing Star" yang berpadu dengan matrix LED intelligent headlamp, sehingga terlihat modis dan dinamis.

Bodi kendaraan pun dibalut oleh paduan dua warna dan suspended roof yang dirancang untuk memenangkan hati konsumen muda. Selain itu, Tiggo 7 Pro juga dilengkapi dengan instrumen multi-functional full-screen LCD berukuran 7 inci, central control screen berukuran 10,25 inci, layar sentuh LCD untuk intelligent smart conditioner berukuran 8 inci, serta bird's-eye view panoramic rearview camera yang sepenuhnya transparan.

Selain itu terdapat juga inductive electric pada pintu belakang, pengisian nirkabel untuk ponsel, serta konfigurasi teknologi lainnya, sehingga mampu memberikan kelengkapan yang menyeluruh. 

Untuk keselamatan berkendara, Tiggo 7 Pro memiliki kelengkapan Advance Driver-Assistance System (ADAS) dari generasi terbaru Chery, yang di antaranya terdapat kontrol jelajah adaptif dan pengereman darurat, juga kemampuan untuk memprediksi dan menghindari bahaya.

SUV Mewah Keluarga

Sementara Tiggo 8 Pro adalah SUV bongsor dengan tujuh tempat duduk yang mewah yang berorientasi kepada masyarakat urban kalangan atas. Mengusung konsep desain global Chery 3.0 "Aesthetic Content and Form", Tiggo 8 Pro mengadaptasi gaya high-end, dengan fitur-fitur elegan dan konfigurasi teknologi cerdas dan kuat,

SUV Premium ini menerapkan intelligent technology, yaitu dengan kabin cerdas dan ramah lingkungan yang dilengkapi LCD berukuran 12,3 inci, layar kontrol pusat 12,5 inci, layar sentuh LCD Air Conditioner 8 inci, serta kombinasi 360° panoramic image, intelligent voice control, dan beragam fungsi lainnya. Sepuluh fungsi ADAS juga semakin melengkapi keamanan dalam perjalanan bersama mobil ini.  

Tiggo 8 Proi dipersenjatai mesin 2.0TGDI yang sanggup meletupkan tenaga maksimum 187 kW dan torsi puncak 390 Nm, serta akselerasi 0-100 km hanya dalam hitungan 7,3 detik.

Kemewahan mobil ini bisa dilihat dari  kursi kulit dengan memory function, rendering mode surround sound 8-speaker merek Sony, serta lampu atmosfer multi-warna dan skylight panorama yang lebar. Selain itu, Chery Tiggo 8 pro juga menyediakan C-PURE clean cubic green cabin, yang tidak hanya menawarkan filter udara kabin anti bakteri "CN95", tetapi juga memiliki fungsi pembersihan kabin secara otomatis dari aktif jarak jauh.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya