Tips Pilih Car Seat untuk Bayi, Jangan Lupa Kenali Dulu Fungsi dan Jenisnya

Oleh Ahmad Muzaki pada 26 Nov 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 26 Nov 2022, 11:00 WIB
Tips Memilih Car Seat untuk Bayi (Istimewa)
Tips Memilih Car Seat untuk Bayi (Istimewa)

Otosia.com, Jakarta Bagi setiap orang tua sangat dianjurkan untuk memahami tips memilih car seat untuk bayi. Apalagi car seat tidak dimiliki oleh kebanyakan mobil di Indonesia. Tujuannya agar bayi atau si buah hati nyaman dan aman selama dalam perjalanan.

Car seat untuk bayi berfungsi untuk menempatkan buah hati di tempat yang aman. Hal ini tentunya akan sangat membantu orang tua, apalagi bila kamu harus menyetir sendirian sehingga tidak dapat memperhatikan gerak-gerik Si Kecil.

Tips memilih car seat untuk bayi harus memperhatikan fitur, bahan, dan kondisi bayi. Selain itu, kamu juga tidak boleh salah dalam memilih car seat karena ada beberapa jenis. Setiap jenisnya tentunya memiliki fungsi yang berbeda.

Nah, berikut ini rangkuman tips memilih car seat untuk bayi yang dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (24/11/2022).

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Jenis Car Seat

Sebelum mengenali tips memilih car seat untuk bayi, kamu perlu mengetahui jenis-jenis car seat terlebih dahulu. Mengutip Suzuki, jenis-jenis car seat adalah sebagai berikut:

Infant Car Seat

Infant car seat biasanya digunakan untuk bayi yang memiliki berat maksimal 27 kilogram. Car seat ini biasanya digunakan untuk anak usia hingga 2 tahun dengan berat badan minimal 13 kg. Penempatan dari kursi ini adalah menghadap ke belakang yang akan memberikan keamanan lebih pada bayi. Kelebihan dari kursi ini adalah bisa dipindahkan dengan berbagai posisi tanpa perlu membuka sabuk pengaman bayi.

Convertible Car Seat

Car seat untuk bayi ini bisa digunakan untuk anak dengan berat 27 hingga 45 kg, khususnya untuk anak yang berusia 2 sampai 3 tahun. Convertible car seat diletakkan dengan posisi menghadap ke depan dan ukurannya lebih besar daripada tipe infant. Tidak seperti infant car seat, kursi ini sulit untuk dipindahkan dengan leluasa mengingat ukurannya yang cukup besar.

Booster Seat

Jika memiliki anak usia 3 tahun ke atas dengan maksimal berat badan 40 kg, maka sebaiknya pilih kursi ini. Booster seat dapat digunakan untuk anak hingga usia 13 tahun. Posisinya juga menghadap ke depan dan juga perlu dikaitkan pada ISOFIX mobil. Hanya saja booster seat ini perlu ditambahkan pengaman yaitu sabuk pengaman dari mobil.

All in One Car Seat

Apabila ingin car seat bayi yang praktis, sebaiknya beli tipe ini karena ukurannya dapat diatur. Fleksibilitas pengaturannya membuat kursi ini dapat digunakan untuk anak usia masih di bawah 2 tahun hingga 13 tahun. Sesuai dengan fungsinya, harga dari kursi ini lebih mahal dibandingkan tiga jenis lainnya.

Pahami Fungsi Car Seat

Tips memilih car seat untuk bayi tentunya sangat penting diperhatikan, karena fungsinya begitu penting. Car seat merupakan tempat duduk yang didesain khusus untuk bayi, mulai dari bahan yang empuk hingga pengait yang membuat bayi merasa nyaman. Selain itu, model dan desainnya sangat beragam sesuai jenisnya.

Fungsi car seat dapat melindungi bayi dari kecelakaan atau hal yang mengancam keselamatan bayi. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi memangku bayi di kursi bagian depan, karena sangat berisiko untuk sang buah hati. Apalagi, ketika terjadi rem mendadak penggunaan car seat bayi sangat tepat untuk mencegah Si Kecil terjatuh, karena car seat sudah dilindungi dengan sabuk pengaman yang membuat badan bayi tertahan sehingga risiko jatuh terhindar.

Tips Memilih Car Seat untuk Bayi

Melansir Suzuki, tips memilih car seat untuk bayi adalah sebagai berikut:

Pilih Merk Terpercaya

Tips memilih car seat untuk bayi yang pertama yaitu memilih merk yang terpercaya. Sebaiknya pilih car seat dengan merk ternama dan berkualitas, agar kamu tahu penilaian dari orang-orang yang sudah pernah memakainya. Biasanya, merk yang terpercaya menjanjikan produk dengan bahan yang lembut cocok untuk kulit bayi. Selain itu tingkat keempukan kursi juga jadi aspek yang dipengaruhi oleh brand.

Membeli Car Seat dengan Bahan yang Nyaman

Membeli car seat dengan bahan yang nyaman sangat penting diperhatikan. Pasalnya, bayi sangat sensitif terhadap panas, oleh karena itu bahan yang digunakan wajib diperhatikan. Pastikan bahwa bahan kursi tidak panas dan terlalu tebal. Bahan yang terlalu tebal hanya menjadi sumber biang keringat karena akan menimbulkan kelembaban pada punggung bayi.

Menyesuaikan dengan Berat Badan Bayi

Masing-masing jenis car seat bayi diciptakan untuk bisa menanggung berat tertentu. Oleh karena itu kamu harus tahu berapa berat bayi dan anak kemudian menyesuaikan dengan kemampuan car seat. Hindari membeli kursi yang tidak mampu menampung beban anak karena bisa membahayakan. Anak pun menjadi tidak nyaman karena kursi terasa sempit.

Memiliki Fitur Tambahan Lainnya

Perhatikan juga fitur tambahan yang ada dalam car seat. Sebab ada beragam fiturnya, seperti fitur untuk mengubah posisi bayi secara fleksibel dalam car seat.

Lalu ada juga fitur carry handle yang memudahkan orang tua untuk menggendong bayi setiap dua jam sekali. Hal ini karena bayi perlu diangkat dan digendong supaya tidak terganggu pertumbuhan tulang belakangnya.

Penulis: Husnul Abdi

Sumber: Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya