Penjualan SUV Kompak Oktober 2022, Mobil Apa Paling Laris?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 25 Nov 2022, 13:03 WIB
Diperbarui 25 Nov 2022, 13:03 WIB
Honda HR-V SE tes Bali
Honda HR-V SE menjelang media test drive di Bali (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta Segmen mobil SUV dibagi menjadi beberapa kategori. Khusus compact SUV, mobil cenderung mempunyai ukuran bodi tidak terlalu besar dan ditujukan untuk jalanan perkotaan.

Tercatat ada 9 merek yang bersaing di kelas compact SUV, mulai dari Honda, Hyundai, Mazda, Nissan, Morris Garage (MG), KIA, Suzuki, Peugeot hingga Volkswagen (VW).

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan Oktober 2022, penjualan compact SUV mencapai angka 4.476 unit. Angka tersebut lebih rendah dibanding bulan September sebanyak 5.593 unit.

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

 

 

Posisi Penjualan

Hyundai Creta
Hyundai Creta tes perdana di area pabrik Hyundai (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Dari data tersebut, Honda HR-V menjadi compact SUV paling laris dengan total penjualan 2.977 unit. Tipe paling banyak terjual adalah HR-V SE yang mencatat angka 2.049 unit.

Posisi kedua ditempati oleh Hyundai Creta. Compact SUV asal Korea Selatan ini sanggup melepas sebanyak 1.308 unit bulan lalu. Model terlaris adalah Creta termahal Prime IVT Two Tone dengan total penjualan 534 unit.

Di posisi ketiga ada Suzuki SX4 S-Cross. SUV perkotaan andalan Suzuki ini terjual sebanyak 85 unit, seluruhnya merupakan model dengan transmisi otomatis.

Setelah SX4 S-Cross, ada Mazda CX-3 yang berada di posisi keempat. Mobil SUV paling terjangkau dari Mazda ini mencatat angka wholesales sebesar 48 unit, semuanya datang dari tipe Sport.

Posisi Kelima dan Terakhir

KIA Seltos
KIA Seltos (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Kemudian KIA Seltos ditemukan pada posisi kelima. Jumlah Seltos yang terjual mencapai 39 unit, di mana setiap model yang laku adalah varian bermesin bensin.

Lalu di posisi keenam ada Compact SUV premium Peugeot 2008 dengan total penjualan 12 unit, posisi ketujuh diisi mobil hybrid Nissan Kicks e-Power yang terjual sebanyak 4 unit dan posisi kedelapan ditempati VW T-Cross yakni sebanyak 3 unit.

Terakhir adalah MG ZS. Mobil asal Tiongkok ini tidak mencatat adanya wholesales di bulan Oktober 2022 kemarin, sama seperti bulan September sebelumnya.

 

Komparasi

Sebagai komparasi, penjualan compact SUV di bulan September mencapai 5.593 unit.

Dari jumlah tersebut, Honda HR-V paling laris dengan angka penjualan 3.637 unit. Model paling laku adalah HR-V tipe SE yang terjual sebanyak 2.140 unit.

Di posisi kedua ada Hyundai Creta. Crossover asal Korea Selatan ini mencatat angka penjualan 1.732 unit, di mana Creta termahal tipe 1.5 IVT Two Tone terjual 1.094 unit.

Posisi ketiga diperoleh Nissan Kicks. Mobil ramah lingkungan ini laku 89 unit. Seluruh penjualan Kicks merupakan varian e-Power, mengingat Nissan Indonesia hanya memboyong satu model saja.

Lalu di posisi keempat ada Mazda CX-3 dengan total penjualan mencapai 45 unit. Mazda CX-3 Tipe Sport merupakan model terlaris, dengan angka 44 unit.

MG ZS Tidak Terjual

Suzuki SX4 S-Cross menempati posisi kelima dengan penjualan sebanyak 40 unit. Seluruh penjualan SX4 S-Cross di bulan September kemarin datang dari varian bertransmisi otomatis.

Pada posisi keenam, ada KIA Seltos yang terjual sebanyak 33 unit. Seluruh wholesales Seltos merupakan tipe bermesin bensin.

Kemudian Peugeot 2008 menduduki posisi ketujuh dengan penjualan mencapai 12 unit dan Volkswagen T-Cross menjadi compact SUV terakhir yang terjual sebanyak 5 unit.

Posisi terakhir ditempati Morris Garage (MG) ZS tanpa adanya penjualan sama sekali.

 
Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya